Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sambut HUT ke-141 Pematangsiantar, Wawako Siantar Ziarah Ke Makam Raja Sangnaualuh Damanik


Makam Raja Sangnaualuh Diziarahi
ZIARAH- Koni Ismail Siregar bersama istri  meletakkan bunga di makam Raja Sangnawaluh di Bengkalis. (Foto Hermanto Sipayung)ZIARAH- Koni Ismail Siregar bersama istri meletakkan bunga di makam Raja Sangnawaluh di Bengkalis. (Foto Hermanto Sipayung) BENGKALIS-Rombongan Pemko Pematangsiantar yang dipimpin Wakil Walikota Drs Koni Ismail Siregar dan Ketua DPRD Marulitua Hutapea SE ziarah ke Makam Raja Sangnaualuh Damanik, pendiri dan Raja Kota Pematangsiantar di Bengkalis, Rabu (18/4).

Pantauan METRO, prosesi ziarah diawali acara tahlilan yang dipimpin Ustad A Hasibuan dilanjutkan dengan pemberian demban ruttas talun dan demban horbangan (sirih permisi mendatangi daerah) kepada pemuda dan pemerintah setempat yang diterima Penghulu Desa Sengudad. 

Arti dari pemberian sirih itu merupakan simbol minta izin rombongan dari Pematangsiantar yang mendatangi daerah Bengkalis.

Acara ritual dilanjutkan dengan mambere demban hombaran kepada Anak Boru Jabu Damanik yang berada di Bengkalis, bertujuan agar Anak Boru Jabu menemani rombongan berziarah. Lalu dilanjutkan dengan mambere demban panukkunan kepada ahli waris Raja Sangnaualuh Damanik agar acara ziarah bisa dilakukan. 

Kemudian ziarah dipimpin ahli waris diikuti Wakil Walikota Siantar Drs Koni Ismail Siregar, Ketua DPRD Marulitua Hutapea diawali dengan maranggir (kepala dibasuh dengan air putih yang dicampur jeruk purut, red) dan airnya diminum, lalu wajah peserta ziarah dibasuh.

Ketika acara maranggir, tampak suasana sakral dan mistis terasa di lokasi makam. Peserta satu per satu maranggir dan melettakan sirih ke makam raja. Usai meletakkan bunga dan sirih, peserta dipasang rudang (pengikat, red) di kepala pertanda sukacita. 

Wakil Walikota Drs Koni Ismail Siregar didampingi Ketua DPRD mengatakan, ziarah yang dilakukan merupakan wujud penghargaan terbesar kepada Raja Sangnaualuh Damanik, pendiri Siantar, yang memberikan peninggalan berharga kepada warga Siantar.

Dia menuturkan, dengan dilakukannya ziarah, diharapkan petuah-petuah atau ajaran Sangnaualuh Damanik dapat diterapkan di Siantar demi terwujudnya pembangunan yang baik demi kesejahteraan warga. 

Dia menambahkan, ziarah juga merupakan kegiatan silaturahmi dengan Pemkab Bengkalis yang telah menjaga dan merawat makam Raja Sangnaualuh Damanik. Usai ziarah, rombongan Pemko Siantar dijamu makan siang oleh Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Herlian Saleh-Suarietno di wisma daerah yang juga Rumah Dinas Bupati Bengkalis.

Acara jamu makan siang dirangkai pemberian pakaian Adat Simalungun kepada Bupati dan Wakil bupati Bengkalis oleh Wakil Walikota Siantar didampingi Ketua PMS Kota Pematangsiantar DR (HC) Minten Saragih. Bupati Bengkalis, Herlian Saleh dalam sambutannya mengatakan, sangat berterimakasih atas kunjungan Pemko Siantar dalam rangka berziarah yang bertujuan mempererat silaturahmi antara kedua daerah. (spy/mer)(metrosiantar.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments