. BUPATI SIMALUNGUN JR SARAGIH TELUSURI DESA TERPENCIL Di KECAMATAN DOLOKSILAU DENGAN SEPEDA MOTOR TREL | BeritaSimalungun
Home » » BUPATI SIMALUNGUN JR SARAGIH TELUSURI DESA TERPENCIL Di KECAMATAN DOLOKSILAU DENGAN SEPEDA MOTOR TREL

BUPATI SIMALUNGUN JR SARAGIH TELUSURI DESA TERPENCIL Di KECAMATAN DOLOKSILAU DENGAN SEPEDA MOTOR TREL

Written By GKPS JAMBI on Wednesday, 13 June 2012 | 11:36

BUPATI SIMALUNGUN JR SARAGIH TELUSURI DESA TERPENCIL Di KECAMATAN DOLOKSILAU DENGAN SEPEDA MOTOR TREL Senin 11 Juni 2012.

DOLOKSILAU- Bupati Simalungun JR Saragih, Senin (11/6) melakukan kunjungan ke Dolok Silau. Sekitar pukul 09.30, bupati didampingi Plt Sekda Gideon Purba dan beberapa pimpinan SKPD lainnya, tiba di kantor Camat Dolok Silau, disambut Camat Dolok Silau Drs Malem Ukur Barus, Kapolsek Doloksilau AKP J Hutasoit, Danramil Saranpadang Kapten Inf. Sutarman,  Ketua PK-KNPI Doloksilau, Elias Barus, serta pimpinan dinas jawatan dan para pangulu se-Dolok Silau.

Selang beberapa lama, rombongan Rindam I/BB, yakni Danrindam I/BB, Danbrigif, Dandim, Kasi Ops Korem, Pasi Ops Korem serta Danyon Armed dan Danyon Kavaleri juga hadir di kantor Camat Dolok Silau. Sekitar pukul 10.00 WIB, JR Saragih dan rombongan bergerak menggunakan sepedamotor cross spesial engine menuju Nagori Togur, tepatnya ke Dusun Batuholing untuk meninjau calon lokasi yang akan dicanangkan sebagai Area Latihan Perang TNI.

Jalan provinsi Saran Padang-Deliserdang yang kupak-kapik dan ekstreme, bukan menjadi kendala bagi Bupati dan rombongan menuju lokasi yang dimaksud. Jalan tanah serta tanjakan menikung  menuju dusun Batuholing, dibabat habis oleh “croser Pemkab-TNI “ ini tanpa ada yang terjatuh. Sekitar pukul 12.00, rombongan berisitrahat di sebuah sungai kecil nan jernih.

Ditempat itu, Bupati serta petinggi TNI dari Rindam I/BB, menyempatkan diri untuk berdiskusi dan melihat peta yang ditunjukkan Kadis Kehutanan Simalungun Ir Ruslan Sitepu, beserta stafnya yang menggunakan GPS, untuk mengetahui titik koordinat dan batas-batas kawasan hutan. “Mengingat daerah Dusun Batuholing, daerah pinggir hutan, kita perlu memahami mana kawasan register dan mana kawasan masyarakat,” kata Bupati.

Sekitar 30 menit rehat, rombongan melanjutkan rute adventure menuju lahan Urung Dolog. Lahan ini merupakan calon lokasi area pelatihan tempur bagi TNI. Dengan terlaksananya program tersebut, Bupati mengharapkan, agar kiranya nanti dapat mendongkrak perkembangan di daerah itu unutk lebih maju. Warga Dusun Batuholing yang menyempatkan diri untuk ikuti rombongan sangat berharap, semoga program pemrintah dengan TNI itu dapat terlaksana.

Seperti diungkapkan Bupati dan Danrindam, pembangunan akses jalan adalah tahap awal yang akan dilakukan. Meski terik panas matahari tepat di atas kepala, Bupati memotivasi rombongan untuk tetap semangat. “Kita perlu adakan pelatihan fisik serta mental militer bagi para camat dan pimpinan SKPD di Rindam. Siapa yang tidak dapat bertahan, artinya non job,” gurau JR. Saragih, disambut tawa oleh rombongan.

Meski jarum jam menunjukkan pukul 13.30 WIB, tidak ada tanda-tanda rombongan akan makan siang. Pihak yang seharusnya bertanggung jawab atas akomodasi, satu dengan lainnya, sepertinya kurang komunikasi. 

Barulah sekitar pukul 14.30, sepulang dari Urung Dolog kembali ke Nagori Togur tepat di sebuah simpang, Bupati dan rombongan menikmati makan siang. “Sebetulnya, Pak Bupati sudah kita tawari makan siang pukul 12.00 WIB. Beliau tidak biasa makan telat. Tapi karena rombongan juga belum makan, maka bupati menolaknya,” ungkap ajudan Bupati JR saragih. JR Saragih, tampak menikmati makan siangnya saat itu, di sebuah warung kecil bersama warga.

Warga yang ikut nimbrung di warung itu juga disuguhi makanan oleh JR Saragih. Usai makan, rombongan menyempatkan diri berfoto bersama, sebelum bergerak pulang ke Kantor camat Dolok Silau. Namun, atas undangan Pangulu Dolokmarih Marlianton Purba, Bupati bersedia mengunjungi nagori yang dikategorikan terpencil itu. sekitar pukul 16.00 WIB, rombongan tiba di Nagori Dolokmariah yang disambut ramai warga.

Di sana, JR Saragih berkomunikasi dengan pangulu dan warga Dolokmariah tentang wilayah nagori mereka.
Saat meninjau Pukesmas Pembantu (Pustu) Nagorui Dolokmarih, Bupati didampingi Ka Puskesmas Saranpadang Dr Laila, sangat perihatin melihat kondisi bangunan Pustu tersebut sangat memperihatinkan. Di hadapan Bidan Sri M Sipayung yang bertugas di Pustu itu, Bupati  berjanji akan membangun Poskesdes di sana.

Namun JR Saragih meminta kepada Pangulu Dolokmariah, menyediakan lokasi dan mengajukan pemohonan ke Dinas Kesehatan. Dia juga meminta agar Bidan yang mengaku sudah 5 tahun sebagi Bidan PTT, untuk bersabar dalam bertugas. Usai meninjau Pustu, bupati meninjau kondisi SD Negeri 091392 Dolokmariah. Didampingi Kadis Pendidikan Resman Saragih, Bupati menginstruksikan agar pembangunan sekolah tersebut diperioritaskan.

Sekitar pukul 17.15, Bupati serta rombongan meninggalkan Nagori Dolok Mariah menuju Saranpadang dengan menggunakan motor cross, yang diarak oleh warga. Dia dan rombongan singgah di Puskesmas Saranpadang sekitar pukul 18.05 untuk istirahat dan mandi.

Sebelum meninggalkan Doloksilau, Bupati disandera untuk berfoto bersama oleh Pegawai Puskesmas Saranpadang, Camat Doloksilau, beberapa pangulu nagori yang masih setia menemani.“Bupati Simalungun DR JR Saragih, kami warga Dolok Silau akan selalu siap memyambut kehadiranmu,” ujar warga. (metrosiantar.com)

BERIKUT FOTO-FOTO PENELUSURAN TERSEBUT DIREKAM KAMERA Victor Perangin Angin


Butapi JR Saragih sebelum start dari Kantor Camat Doloksilau, JR Saragih pasang safety dulu...... kren juga pak Bupati ini.



 (Dari kiri kekanan) Bupati Simalungun, Dandim I-BB dan Sekda Gideon Purba.

Bupati Simalungun, Kadis Kehutanan Ir. Ruslan Sitepu serta Ketua PK KNPI Doloksilau, Elias Barus mengambil start awal.


 
Bupati Simalungun menelusuri jalan dan bentangan kayu yang melintang dijalan, akhirnya bisa diatasi.




 
Siang itu, terik matahari sangat puanas. tokoh masyarakat desa Togur, Mansen Purba Tambak, menuturkan profil lokasi latihan tempur TNI dihadapan Bupati dan beberapa pimpinan SKPD.

 

Mekanik motor trail sedang memeriksa kondisi semua motor. tanki kosong, di isi pake pertamak ya mas.




Bupati Simalungun JR Saragih saat meninjau kondisi bangunan Puskesmas Pembantu Nagori Dolokmariah.

Bupati JR Saragih dan beberapa pimpinan SKPD berdialog dengan pangulu nagori Marlianton Purba tentang kondisi desa tsb.

Nggak puas rasanya kalau tidak salaman dengan Bapak Bupati, pak Purba ini memberanikan diri untuk menyapa JR Saragih yang tengah berada di dalam warkop milik Marlianton Purba. (maklum, semenjak NKRI berdiri, baru kali ini seorang bupati mengunjungi desa terpencil itu. ) # camatnya aja jarang kali ya??



Bupati Simalungun setiba di Dusun Batuholing, Desa Togur, Bupati beserta rombongan rehat sejenak di pinggiran sungai kecil nan bening, gelar tikar.


 

Ketua PK Knpi Doloksilau, Elias Barus yang turut mengawal Bupati Simalungun JR Saragih ke lokasi mencoba menjelaskan peta.
Share this article :

Post a comment

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

Mengucapkan

Mengucapkan
Selamat Natal 25 Desember 2020

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.