}); Warga Minta Limbah Babi Dihentikan | BeritaSimalungun
Home » » Warga Minta Limbah Babi Dihentikan

Warga Minta Limbah Babi Dihentikan

Written By GKPS JAMBI on Monday, 24 September 2012 | 09:25


Puluhan warga di kawasan Danau Toba yang mengatasnamakan Advokasi Jaringan Lembaga (Aksi Jaga) Sumatera Utara (Sumut) menuntut PT Allegrindo segera menghentikan pencemaran limbah babi di Danau Toba-Sumut.

Selama ini perusahaan yang berkantor di Desa Ujung Serdang No 60, Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang memang menggeluti ternak babi. Sementara lahan peternakannya berada di Simalungun. Warga merasa resah dengan limbah ternak babi yang mengotori Danau Toba. 

“Jadi kami minta PT Allegrindo segera hentikan limbah hewan ternak babi yang telah mencemari kawasan Danau Toba.Hargai warga muslim yang berada di sekitar kawasan Danau Toba, jangan asal membuang limbah babi ke danau,” kata koordinator aksi, Nanang Ardiansyah Lubis saat melakukan aksi di depann kantor PT Allegrindo, kemarin.

Sejak beroperasi 1996, perusahaan tersebut membuang limbah ke aliran Danau Toba itu. Selain masalah kerusakan lingkungan,akibat pembuangan limbah padat dan cair juga mengganggu kenyamanan beribadah. Dampak lainnya yakni menggangu kesehatan warga pengguna air Danau Toba. “Kami juga telah meminta kepada Pemprov Sumut, BLH Sumut, Pemkab Simalungun, MUI Sumut untuk menindaklanjutinya,” ujarnya.

Sementara itu, Humas PT Duta Multi Inti Optik Pratama (Grup Domba Mas,Domas), P Saragi mengatakan tidak mengetahui adanya PT Allegrindo di lokasi perusahaannya.Tetapi diakuinya PT Allegrindo satu grup bersama Grup Domas.

“Mereka berkantor ada di Singapura dan di Jakarta. Memang satu grup dengan Domas, tapi tidak ada orang pihak PT Allegrindo punya manajemen di sini,”ujarnya.

Sementara hasil investigasi dilapangan Amilly dan Ferry warga kompleks Cemara Asri ddi jalan Sikas no 23 memang benar berkantor ddijalan Desa Ujung Serdang no 60 Tanjung Morawa dan semua kegiatan PT Allegrindo bermarkas disana, sedangkan trillioner sugiharto berdomisili di grisendra Pantai Indah Kapok Jakarta yang setiap bulan mengunjungi PT AN di Tigarunggu, Simalungun. 

Merasa dibohongi dan tidak dihargai aksi JAGA Sumut akan melibatkan masa ribuan orang untuk menuntut kebenaran. Informasi yang didapat dari koordinator aksi jaga sumut nanang herdiansyah lubis akan melibatkan mapala dan mahasiswa sesumatera utara untuk berdemo besar2an minggu depan. (Lee)
Share this article :

Post a comment