Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Diklaim Pesta Rakyat, Pesta Danau Toba Dihadiri Ribuan PNS

Dihadiri Ribuan PNS Pemkab Simalungun. Foto Roma Damanik

BERITASIMALUNGUN.COM, Parapat-Ribuan pegawai negeri sipil (PNS) memadati areal open stage Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, saat proses pembukaan Pesta Danau Toba (PDT) 2014 oleh Bupati Simalungun JR Saragih, Kamis (18/9/2014) sore.

Para PNS yang masih mengenakan pakaian dinas lengkap khas Kabupaten Simalungun, Hio, itu nyaris mengisi seluruh kursi yang disiapkan pihak panitia PDT 2014. Sementara warga yang hadir tampak hanya segelintir. Pesta itu sendiri diklaim JR Saragih sebagai pesta rakyat Simalungun. 

“Ini adalah pesta rakyat. Tujuannya untuk meningkatkan arus kunjungan wisata di Kota Parapat dan Kabupaten Simalungun secara umum. Pesta ini juga untuk melestarikan budaya,” katanya saat memberikan sambutan. 

Dalam kesempatan itu, Saragih mengklarifikasi tuduhan bahwa PDT 2014 merupakan tandingan dari Festival Danau Toba (FDT) 2014 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata di Balige, Kabupaten Toba Samosir yang jadwal pelaksanaannya bersamaan, yakni dari 17 hingga 21 September 2014. 

“Ini bukan tandingan Festival Danau Toba yang sedang berlangsung. Sebaliknya mendukung,” tandasnya. 

Dia mengingatkan, Parapat merupakan penggagas lahirnya Pesta Danau Toba, yakni sejak 1986 dan digelar setiap tahun di Parapat. Namun dalam perjalanan waktu yakni sejak 2013, pesta ini berubah nama menjadi Festival Danau Toba yang digelar di Kabupaten Samosir dan tahun ini digelar di Kabupaten Toba Samosir. 

Butar-butar, salah seorang warga Parapat mengatakan, PDT 2014 ini jauh dari kesan pesta budaya dan pesta rakyat. Pria yang ditemui di lokasi acara mengaku kecewa dengan Pemkab Simalungun yang menggelar pesta tanpa melibatkan masyarakat. 

“Pesta ini terkesan hanya menghamburkan uang saja. Apalagi digelar tanpa melibatkan kami warga Parapat,” katanya. 

Sementara itu, Ketua Panitia PDT 2014 Rizal Saragih menyebut, PDT 2014 digelar selama tiga hari sejak 18 September hingga 20 September 2014. Sejumlah kegiatan digelar, mulai dari olahraga air, paduan suara, lomba menari hingga lomba fotografi. Dalam acara pembukaan, digelar tortor Sombah, tarian Huda-huda dan Holi-holi yang berkisah kesedihan seorang raja kehilangan putra kesayangannya. 

Selain para PNS, tampak juga hadir sejumlah pejabat teras di Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Batubara. (Sumber: Kompas.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments