Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dolok Singgalang Target Pembalakan Liar

'http://mediasimalungun.com/penelusuran-barajp-hutan-dolok-singgalang-mungkin-target-mafia-kayu/'
PENELUSURAN GUNUNG SINGGAGANG, SIMALUNGUN.FT IST

BERITASIMALUNGUN.COM-Penelusuran BaraJP, hutan Dolok Singgalang mungkin target mafia kayu
Berdasarkan info dari masyarakat, baik yang tinggal di sekitar Seribudolok maupun yang di perantauan, dan situasi pasca penetapan SK Menhut No.579 Tahun 2014 tentang kawasan hutan di Sumatera Utara sebagai pengganti SK Menhut No 44 Tahun 2005, informasi di dunia maya dihebohkan dengan rencana pembabatan hutan di Gunung Singgalang, Silimakuta – Simalungun. 

Tim BaraJP Sumut yang di Ketuai Hanson Munthe, langsung melakukan peninjauan ke lokasi di desa Nanggaraja. Turut hadir, Ketua BaraJP Kab Simalungun, Sarmedi Sipayung, SH. Dari LSM TOPPAN RI, Bastanta Putra, dari Forum Hijau Elfrida Sinaga.

Berdasarkan penuturan Ketua RT Dusun Nanggaraja, Dison Sinurat, awalnya mereka mengajukan permohonan pembebasan lahan dari dinas kehutanan seluas 25 x 30 meter untuk pembangunan gereja. “Gereja disini jauh pak, kami harus bergereja di Huta Baru, jaraknya lebih kurang 2 km, kasihan kan anak anak dan mereka yang sudah tua” paparnya. Berdasarkan kesepakatan warga, kemudian mereka mengumpulkan tandatangan warga untuk mengajukan permohonan ke kecamatan. Tapi hingga kini belum di proses.

Berkunjung ke Camat Silimakuta, Lamat Ludin Purba menuturkan juga tidak mengetahui kebenaran isu penebangan hutan tersebut, “hingga kini kita belum tau kebenarannya”paparnya. 

“Dilain pihak kita bisa menilai, jangan jangan ini hanya dipakai dalih agar mereka beroleh ijin” Ujar Bastanta. “Bukti pembersihan lahan ini, seluas 25x30 meter ini bisa saja awal dari segalanya, karena isu yang kita dengar bakal dibabat 160 meter dari bahu jalan, ini yang perlu kita telusuri”paparnya.(Net)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments