Info Terkini

10/recent/ticker-posts

JR Saragih akan Kembali Pimpin Simalungun ?

JR SARAGIH DAN WAKIL BUPATI
BERITASIMALUNGUN.COM, Siapa yang tak kenal nama JR Saragih. Sekarang dia Bupati Simalungun. Dan barangkali, dialah bupati paling jago di seluruh tanah air. Banyak misal yang bisa dikedepankan betapa jagonya dia. Sederet prestasi yang sudah diukirnya selama memimpin Simalungun hampir lima tahun ini. Antara lain, mendirikan lapangan terbang di Sondi Raya. Termasuk, mendirikan sekaligus pemilik Universitas Efarina juga di Sondi Raya.

Beredar kabar. JR Saragih masih berambisi lagi menjadi Bupati Simalungun untuk periode kedua. Itu wajar dan pantas. Sebab siapa pun orangnya wajar berkeinginan (lagi) menjadi kepala daerah, sepanjang dibenarkan peraturan perundangan yang berlaku. Dan memang, tak ada aturan yang melarang dia untuk kembali menjadi Bupati Simalungun. Tuani Tobing saja pun yang sudah dua kali menjadi Bupati Tapanuli Tengah, masih punya ambisi untuk menjadi bupati (lagi) di Kabupaten Simalungun.

Lantas bagaimana peluang dia untuk kembali terpilih menjadi Bupati Simalungun ?
Tentu saja sekarang belum bisa diprediksi. Itu kan tergantung kepada siapa pesaingnya. Kita anggap saja dia kelak menjadi calon Bupati Simalungun, dan saya bersama M Adil Saragih juga ikut bertarung. Sudah jelas dan saya berani memastikan, saya dan Adil akan keok. Tapi kalau orang sekaliber Parlindungan Purba yang Senator itu atau Junimart Girsang yang Anggota DPR-RI menjadi pesaing JR, sudah barang tentu pertarungan akan sengit dan tidak berat sebelah. Bahkan bisa saja JR Saragih akan bertekuk lutut.

Jadi ingin saya katakan, peluang JR Saragih untuk kembali memimpin Simalungun tergantung siapa yang nanti yang akan ikut bertarung bersama dia dalam pemilukada Simalungun. Sementara, sampai sekarang belum ada nama-nama yang tersebar 'di pasaran' selain Bona Petrus Purba dan Novry Aritonang yang terkesan masih 'malu-malu kucing' Sedang Bernad Damanik dan Mahrum Sipayung agaknya belum terang-terangan melakukan sosialisasi atau sejenisnya. Jadi, sampai sekarang belum jelas dan pasti siapa saja yang akan menjadi rival JR, begitu dia acap disebut orang.

Tapi mencermati segala macam gebrakannya selama hampir lima tahun ini, JR Saragih bisa terbilang kuat bahkan kuat sekali untuk dapat terpilih kembali kalau memang dia bisa menjadi calon Bupati Simalungun kelak. Orang Kecamatan Raya, setidaknya Orang Dusun Hapoltakan Desa Sondi Raya, diprediksi akan memilih dia. Itu karena hampir lima tahun ini khususnya Dusun Hapoltakan banyak sekali berubah dengan polesan tangan JR Saragih. Dan ini, merupakan salah satu kejagoan serta kehebatan JR Saragih.

Selama memimpin Simalungun, banyak sekali perubahan yang dilakukannya memang secara khusus di Dusun Hapoltakan. Disana didirikannya hotel, ruko, juga sekolah menengah kejuruan meski pun semua merupakan milik pribadinya. Juga, makam leluhurnya dibangunnya di Dusun Hapoltakan yang berseberangan dengan Kantor Bupati Simalungun. Termasuk membangun jalan raya yang mulus dan lebar satu arah di Dusun Hapoltakan. Inilah barangkali saya pikir kehebatan sekaligus kejagoan JR Saragih selama memimpin Kabupaten Simalungun.

Dengan prestasinya yang luar biasa itu, saya yakin sekali JR Saragih akan kembali memimpin Kabupaten Simalungun. Ambisinya menurut saya akan terwujud bila dia bisa menjadi calon Bupati Simalungun kelak, apalagi kalau pesaingnya adalah saya serta M Adil Saragih.
Selamat Pak JR Saragih !
____________________________________________________________________________________________________________________________
Siantar Estate, 17 Pebruari 2015
Ramlo R Hutabarat
* Penulis adalah jurnalis abal-abal meminjam istilah Tigor Munthe, tinggal di Tepian Bah Bolon di pinggiran Simalungun pada Nagori Siantar Estate yang berbatasan dengan Kota Pematangsiantar.

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments