}); Sukses Pesta Bona Tahun Purba Pakpak Jambi | BeritaSimalungun
Home » , » Sukses Pesta Bona Tahun Purba Pakpak Jambi

Sukses Pesta Bona Tahun Purba Pakpak Jambi

Written By Beritasimalungun on Monday, 16 February 2015 | 01:19

Penasehat Tumpuan Purba Pakpak Kota Jambi

Kel Bp Martin Saragih Manihuruk/br Nababan

Pengrurus Purba Pakpak Jambi

St RK Purba Pkapak/ P bR Sitepu

Buru/Hela Purba Pakpak

Pdt Kurnia Cinthya Darmi br Girsang STh Sumbangkan Tiga Lagu Simalungun Dengan Suara Bak “Artis” Simalungun

Tortor Anak-anak

TOKOH PURBA PAKPAK : St RK Purba Pakpak (76 tahun) dan Op Monika Purba Pakpak (76) duduk berdampingan untuk mengenang masa kanak-kanak mereka yang lahir pada tanggal, bulan, tahun dan hari yang sama 12 Februari 76 tahun silam, Minggu 15 Februari 2015. Foto Asenk Lee Saragih 
Renata Trio (Rizki Silaen, Tony Situmorang, Jakson Simanjuntak dan Keyboris Aris Damanik) yang tampil memukau dengan tembang-tembang Simalungun dan Toba.

MC St A Saragih dan St F Sipayung.

Ketua Panitia Rahmad Purba

Keyboris Aris Damanik
Pdt Kurnia Cinthya Darmi br Girsang STh Sumbangkan Tiga Lagu Simalungun Dengan Suara Bak “Artis” Simalungun

HUT 76 St RK Purba Pakpak dan Op Monika Purba Pakpak

(Foto Selengkapnya di Facebook Klik Disini)

JAMBI-Merajut “holong” (kasih) di Pesta Bona Tahun (syukuran awal tahun) yang dilakukan persatuan (kumpulan) marga-marga Batak merupakan tradisi budaya Batak dalam mempererat tali silaturahmi sesama khususnya marga. Demikian yang tergambar di Pesta Pesta Bona Tahun Humpulan Marga Purba Pakpak-Boru-Panagolan se-Kota Jambi di Gedung Serba Guna GKPS Jmabi, Minggu (15/2/2015).

Pesta tersebut cukup meriah dihadiri sekitar 100 KK (600 jiwa) ditambah 12 KK anggota baru. Tradisi budaya Batak ini semakin kokoh dan abadi di tanah perantauan. Pesta Bona Taon marga merupakan ajang silaturahmi kekerabatan kumpulan marga-marga dan kepedulian sesama  “Orang Batak” ditanah rantau, khususnya warga Simalungun.

Pesta Bona Taon juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Batak di tanah perantauan. Pesta Bona Taon ini sudah merupakan kewajiban bagi setiap perkumpulan marga-marga disetiap awal tahun. Tidak asing, kalau awal tahun sekitar bulan Januari, Februari, Maret, masyarakat Batak perantauan disibukkan dengan kegiatan pesta bona tahun.

Pesta Bona Tahun Humpulan Marga Purba Pakpak-Boru-Panagolan se-Kota Jambi 2015, juga dibungkus dengan ucapan syukur HUT spesial pada hari itu (12-2-2015) yakni St RK Purba Pakpak (ke-76), St Drs GM Saragih MSi, Op Monika Purba (76).

Acara pesta diawali dengan ibadah singkat. Sebelum makan juga dilakukan pemberian makanaa khas Adat Simalungun “Dayok Binatur” kepada seasa anggota. Mulai dari Tondong, Pengurus, Boru, Panagolan.
Usai makan bersama dilakukan pengumpulan dana untuk kas kumpulan marga tersebut melalui “Tortor”. Perayaan Pesta Bona tahun tersebut cukup bersahaja dan menjalin kepedulian sesama. Pada kesempatan itu juga diadakan penerimaan anggota baru sekitar 12 KK. Terkumpul dana pada hari itu dari tortor sekitar Rp 26 juta lebih.

Tampil sebagai MC yakni St A Saragih dan St F Sipayung. Acara berjalan lancar sesuai dengan tata acara yang telah disiapkan sebelumnya.

Ketua Umum Punguan Marga Purba Pak-pak/Boru/Panogolan se Jambi, St R Purba /br Sidauruk dan Ketua Panitia Pesta Bona Tahun Purba Pakpak, Bp Rahmad Purba Pakpak mengatakan, Pesta Bona Taon marga-marga di tanah rantau merupakan budaya Batak yang harus dilestarikan.

“Kalau di kampung halaman, pesta ini jarang ada. Ini hanya banyak di tanah perantauan. Punguan marga mampu mempersatukan orang Batak di tanah rantau dari berbagai kampung asal usul di Sumatera Utara. Kumpulan marga, adalah aset budaya Batak yang perlu diteladani,”katanya.

Menurut keduanya, Pesta Bona Tahun ini sebagai wujud “Holong” antar anggota kumpulan untuk saling peduli satu dengan yang lain. Kepedulian sosial merupakan tujuan dari kumpulan marga tersebut supaya sesama anggota terus terjalin hubungan timbale balik dalam “Holong”.

Menurut St R Purba, kini kumpulan Purba Pakpak-Boru-Panagolan se Kota Jambi dibagi Sembilan komisaris. Penasehat St RK Purba/br Sitepu, Sy S Purba/br Simarmata, M Simatupang/br Purba, St JBS Sumbayak/br Sinaga (+).

Kemudian Ketua Umum St R Purba, Ketua I (Bidang Humas dan Pendidikan) Drs A Purba/br Sinaga, Sekretaris Sy H Simarmata/br Simanullang dan Bendahara Sy AJ Damanik/br Purba.
Sementara di jajaran komisaris yakni Drs M Purba/br Ginting, SA Purba/br Lingga, H Garingging/br Purba, JE Garingging/br Purba, K Saragih/br Purba, JP Purba/br Simanjuntak, P Purba/br Munthe, JM Purba/br Sitanggang, M Sijabat/br Purba, St J Purba/br Siahaan, B Purba/br Damanik, T Nainggolan/br Purba, St F Sipayung/br Sitopu, K Sihotang/br Purba.  

Dewan Penasehat Kumpulan Purba Pakpak Kota Jambi, St RK Purba Pakpak dalam sambutannya mengatakan, pesta bona tahun merupakan ajang silaturahmi sebagai wujud “holong” antar sesama.
St RK Purba juga menekankan kepada anggota kumpulan khususnya yang muda agar berperan aktif dalam kumpulan serta dapat menyumbangkan SDM serta tenaga demi kemajuan kumpulan sebagai organisasi sosial kemasyarakatan.

 “Seluruh anggota kumpulan harus memberikan perhatian terhadap anak-anak, khususnya soal pendidikan dan giji agar mereka bertumbuh sebagai generasi baru yang cerdas serta memiliki jiwa social yang kuat. Orang tua harus peduli dan mengutamakan pendidikan anak sebagai asat masa depan bangsa juga kumpulan,”katanya.

St RK Purba Pakpak beserta istri P br Sitepu juga memberikan sumbangan kepada ratusan anak-anak kumpulan kerabat Purba Pakpak dalam akhir acara dengan “tortor” penutup.

Pesta bona tahun Purba Pakpak menampilkan Renata Trio (Rizki Silaen, Tony Situmorang, Jakson Simanjuntak dan Keyboris Aris Damanik) yang tampil memukau dengan tembang-tembang Simalungun dan Toba.

Pdt Kurnia Cinthya Darmi br Girsang STh (Pendeta GKPS Jambi) juga mendapat kehormatan untuk menyumbangkan tiga buah lagu Simalungu yakni “Inang Pangguruan, Parsini Silou dan Taur-taur”. Lagu itu atas permintaan St RK Purba Pakpak. Suara Pdt Kurnia Cinthya Darmi br Girsang STh membuat anggota punguan terdecak kagum, ibaratkan suara seorang “Artis” Simalungun. (Asenk Lee Saragih)






Share this article :

Post a comment