Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Forum Peduli Cagar Budaya Dan Pariwisata Simalungun Mulai Menggeliat

Jordi Purba ketika mendatangi Rumah Adat Kerajaan Purba Papak (Rumah Bolon) di kawasan Pematang Purba, Kecamatan Tiga Runggu Kabupaten Simalungun.ft HETANEWS.COM
PURBA-Forum Peduli Cagar Budaya Dan  Pariwisata Simalungun yang didirikan oleh para kalangan masyarakat Simalungun baru saja diresmikan, Sabtu (18/4/2015) di kawasan Rumah Adat Kerajaan Purba Papak (Rumah Bolon) di kawasan Pematang Purba, Kecamatan Tiga Runggu Kabupaten Simalungun. Forum ini mulai menggeliat guna membenahi cagar alam Budaya Simalungun.
 
Pendiri Forum Peduli Cagar Budaya Dan Pariwisata Simalungun (FORCABUPS) dipimpin oleh  Jordi Purba SE, mengatakan bahwa pihaknya beserta pengurus lainnya ingin berupaya membantu pemerintah, khususnya Kabupaten Simalungun untuk ikut serta melestarikan dan memelihara sejumlah Cagar Alam dan Cagar  Budaya yang berada di wilayah Pemkab Simalungun dan sekitarnya.

Lanjutnya, salah satunya adalah Rumah Bolon, yang merupakan bukti sejarah peninggalan para Raja Purba dengan bangunan Rumah Adat yang kondisinya kini sudah mulai memprihatinkan. Adapun Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifat keberadaan berupa Benda Cagar Budaya, bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya bangunan cagar budaya.

Situs Cagar budaya dan kawasan cagar budaya di darat dan di air perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki niliai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan pendidikan agama dan juga kebudayaan melaui proses penetapan.

Forum (FORCABUPS) yang dipimpinnya, beserta anggota Forum lainnya akan berupaya untuk dapat memelihara serta melestarikan Rumah Adat. Selain itu, Forum yang digagasnya itu pun selain melestarikan Seni Budaya Simalungun.

Para pengurus dan Anggota Forum Peduli Cagar Budaya Dan Pariwisata Siamalungun, dalam prosesi pengesahan dan penandatangan Akta Notaris dilaksanakan di area Kawasan Cagar budaya Rumah Adat Raja Purba (Rumah Bolon), yang sebelumnya melaksanakan jiarah ke sejumlah makam para raja Purba, dibimbing juru kunci Rumah Bolon Ucok (58) dan Salah seorang  budayawan bermarga Purba. (hetanews.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments