Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Massa JR Saragih -Amran Sinaga Demo, Aparat Diminta Tindak Tegas Oknum Perusuh

Dermo pendukung JR-Amraan di kantor KPU Simalungun (Minggu, 6/12/2015) sekitar pukul 16.30) (Foto Manson)
Ribuan pendukung Paslon Bupat-Wakil Bupati Simalungun, JR-Amran memadati kantor KPU Simalungun, di Pematangraya, Minggu (6/12/2015). Mereka menuntut KPU Simalungun untuk tidak mencoret pilihan mereka.IST

BERITASIMALUNGUN.COM, Raya-Ribuan massa pendukung Paslon JR-Amran mengepung kantor KPU Simalungun, Minggu (6/12/2015). Mereka mendesak KPU Simalungun untuk tidak mencoret Paslon No Urut 4 JR Saragih-Amran Sinaga pada Pilkada Rabu (9/12/2015) mendatang. (Baca: Pilkada Simalungun, KPU Gugurkan Pasangan JR Saragih-Amran Sinaga)

Aparat kepolisian dibantu Brimob dan TNI diminta untuk menindak tegas siapa-siapa yang membuat anarkis di KPU Simalungun. Masyarakat Simalungun juga diminta untuk tidak terpancing dengan situasi yang mengakibatkan terjadinya kerusuhan.

“Bilang sama KPU RI, KPU Sumut, kami menolak  calon bupati kami JR-Amran dicoret," teriak salah seorang orator yang disambut pendukung lainnya.

Selain itu, massa juga mengancam akan menduduki kantor KPU Simalungun jika kelima komisioner mencoret JR-Amran.

“Kami tidak mau pulang kalau bupati kami dicoret. Surat suara pun tak kami ijinkan dikirim. Keluar kalian (kelima komisioner) jawab tuntutan kami,” teriak kordinator aksi.

Partauan wartawan menunjukkan, ratusan personil kepolisian dan Brimob berserta TNI berjaga-jaga di KPU Simalungun. Bahkan kelima komisoner itu sudah dikawal polisi bersenjata lengkap.

Mencekam

Sebelum detik-detik pencoretan Paslon JR Saragih-Amran Sinaga, Kantor KPU Simalungun yang beralamat di Pematangraya, Minggu (6/12/2015) mencekam. Pasalnya, massa pendukung JR-Amran  menggeruduk kantor itu, sehingga situasi pun memanas.

Massa nyaris mendobrak palang yang telang dihadang kepolisian dari Polres Simalungun. “Bakar KPU Simalungun, kami siap bertumpah darah. Keluar KPU Simalungun,” kata  pendukung JR melalui pengeras suara.

Saat orasi, ketua tim pemenangan JR-Amran, Johalim Purba mengatakan,  KPU Simalungun belum melakukan pleno. Dia pun meminta massa pendukung untuk tidak melakukan tindakan anarkis. “Hingga sekarang KPU Simalungun, belum pleno. Saya minta para pendukung, jangan melakukan tindakan-tindakan anarkis,” kata Johalim.

Hingga pukul 18.00 WIB, masyarakat tumpah ruah mendatangi kantor KPU Simalungun. Namun, personil Polres Simalungun yang dibantu TNI dan Brimob sudah berjaga-jaga, mengantisipasi keributan.

KPU Sumut Minta JR-Amran Dicoret

Dalam waktu beberapa jam, KPU Simalungun mencoret pasangan calon Bupat-Wakil Bupati Simalungun JR Saragih-Amran Sinaga dari kepesertaan di Pilkada Simalungun.  Komisioner KPU Sumut Yulhasni mengakui  pihaknya telah mengirimkan surat kepada KPU Simalungun agar Paslon JR-Amran dicoret.

“Sekitar jam 3 sore tadi, ada staf yang mengantar langsung. Dan juga via surat elektronik,” terangnya kepada wartawan saat dihubungi Minggu (6/12/2015) sekitar pukul 15.53 WIB.

Sebelumnya, Ketua KPU Simalungun Adelbert Damanik, mengaku akan memutuskan nasib JR-Amran pada Minggu (6/12/2015) malam setelah pihaknya menerima surat dari KPU Sumut. (Berbagai Sumber/Lee) 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments