}); USI Usulkan Prodi Baru ke Kemenristekdikti | BeritaSimalungun
Home » » USI Usulkan Prodi Baru ke Kemenristekdikti

USI Usulkan Prodi Baru ke Kemenristekdikti

Written By Beritasimalungun on Thursday, 2 June 2016 | 11:25

Rektor USI Prof Dr Marihot Manullang dalam  acara wisuda 226 sarjana dan magister gelombang I tahun 2016, Selasa (31/5/2016) di Auditorium Radjamin Purba, Kampus USI, Jalan Sisingamangaraja Barat, Kota Pematangsiantar. IST MSC
BERITASIMALUNGUN.COM, Siantar-Sejak tahun 2015, Universitas Simalungun (USI) telah menetapkan visi menjadi perguruan tinggi yang bermartabat, unggul dan profesional. Untuk mencapai itu, USI menyusun rencana induk pengembangan jangka panjang 25 tahun, yang pencapaiannya dilakukan bertahap dalam rencana strategis 5 tahun serta rencana operasional tahunan. 

Saat ini, USI tengah meningkatkan profil dan kinerja sesuai dengan standart nasional pendidikan tinggi (SNPT). Selain itu, juga tengah mengusulkan pembukaan program studi baru, baik jenjang S-1 maupun S-2 ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Hal itu diungkapkan Rektor USI Prof Dr Marihot Manullang dalam sambutan tertulisnya pada acara wisuda 226 sarjana dan magister gelombang I tahun 2016, Selasa (31/5/2016) di Auditorium Radjamin Purba, Kampus USI, Jalan Sisingamangaraja Barat, Kota Pematangsiantar.

“Saat ini USI sedang menjalani rencana operasional tahun kedua yang merupakan bagian dari renstra tahap pertama. Ada berbagai program strategis bidang tridharma yang akan diwujudkan dalam tahap ini. Yaitu dalam bidang pendidikan, USI akan meningkatkan kualitas program studi dan proses pembelajaran melalui penerapan mutu standar nasional,” ujarnya.

Kedua, lanjuta Marihot, dalam bidang penelitian. Di sini USI akan melakukan pengembangan berbasis kompetensi dosen menjadi penelitian yang menghasilkan output yang mendukung pembelajaran. 

“Dan pada bidang pengabdian kepada masyarakat, USI akan mengembangkan kegiatan yang bersifat sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai tanggungjawab social, menjadi kegiatan yang berbasis keilmuan dan keunikan lokal,” ucapnya.

Tah hanya di situ, berbagai bentuk kegiatan, bentuk pengembangan institusi, akan terus dilakukan. Di antarannya pengusulan pembukuan program studi baru ke Kemenristekdikti. 

Yakni, program studi jenjang Sarjana (S1) dan program studi jenjang Magister (S2). “Studi lanjutan dosen yang ada, saat ini 20-an orang sedang mengikuti pendidikan doktor (S3) di berbagai perguruan tinggi ternama.

Dan sebagian di antarannya akan segera menyelesaikan studi, peninjauan, pengembangan kurikulum program studi yang dilakukan minimal satu kali dalam tiga tahun. 

Saat ini kita juga sedang melengkapi perangkat peraturan dan manual prosedur operasional standar, dalam rangka memenuhi standar nasional perguruan tinggi (SNPT) dan merumuskan kompetensi program studi dan kompetensi lulusan sesuai dengan Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) yang dilaksanakan semester ini,” jelasnya.

Sementara Penjabat Walikota Pematangsiantar Drs Jumsadi Damanik SH MHum yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum Baren Alijoyo Purba SH mengharapkan, sebagai lembaga pendidikan tinggi di daerah, USI harus mampu mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada standar kompetisi nasional, bahkan internasional. Untuk itu USI harus senantiasa berkomitmen untuk mengupayakan perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan.


“Saya sangat menaruh harapan kepada USI untuk terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan yang telah ada. Terus melakukan inovasi tanpa henti, mencari terobosan-terobosan ilmiah dalam rangka pembangunan bangsa, khususnya wilayah Pematangsiantar-Simalungun, dalam kerangka otonomi daerah,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Simalungun yang diwakili Sekda Drs Gideon Purba MSi. “Kami mengapresiasi upaya USI yang terus mencetak para alumni yang berkontribusi terhadap pembangunan dan kemajuan daerah kita ini. Kami dari pemerintah mengapresiasi. Dan dengan adanya USI yang melahirkan wisudawan-wisudawati ini, bisa memberikan warna pembangunan di tengah masyarakat dan pemerintah, serta membawa terobosan baru di tengah pertumbuhan global,” katanya.

Menurut Ketua Panitia Wisuda, Dra Corry Purba MSi (Wakil Rektor III) masing-masing jurusan yang diwisuda, yakni Pascasarjana Perencanaan Pembangunan Wilayah (S-2) berjumlah 33 orang, Fakultas Ekonomi 80 orang, Fakultas Pertanian 10 orang, Fakultas Hukum 81 orang, Fakultas Keguruan 15 orang dan fakultas Teknik 7 orang.

Untuk mewujudakan cita-cita USI di tengah kehidupan masyarakat, Ketua Pengurus Yayasan Salmon Sinaga, mendorong USI agar tetap menjadi perguruan tinggi yang mampu memberikan konstribusi pada kemajuan masyarakat.

“Menyikapi harapan masyarakat terhadap perguruan tinggi swasta, saya berharap USI secara konsisten terus meningkatkan kualitas. Peran USI tidak hanya memberikan proses pembelajaran kepada peserta didik saja, akan tetapi USI diharapkan menjadi perguruan tinggi swasta yang semakin dipercaya masyarakat dengan menjalankan proses mengajar taat asas sesuai dengan visi-misinya. Tidak hanya sesuai sasaran mutunya saja, akan tetapi harus dapat menunjukkan karya baktinya yang bisa dirasakan sesuai tuntutan dan kebutuhan yang berkembang di masyarakat,” katanya.

Sekertaris Pelaksana Kopertis I Wilayah Sumut, Drs K Nababan MSi, memberikan apresiasi kepada USI karena terus melakukan pengembangan mutu. Dan diharapkan, agar lulusan USI tidak hanya dilihat dari kualitas lulusan, namun utamanya adalah bisa menjadi tonggak keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.

“Untuk mencapai itu, tentu seluruh pengurus yayasan dan jajaranya USI, pimpinan civitas akademik harus memiliki komitmen bersama melakukan perbaikan pengelolaan USI,” katanya.


Dalam acara yang didahului dengan prosesi senat universitas dari biro rektor ke auditorium ini, pengurus alumni USI Ir Jhon Efendi Purba MSi, Ketua Badan Pengurus Yayasan USI Drs Salmon Sinaga dan Ketua Badan Pembina Yayasan USI yang diwakili Dr Samsudin Manan Sinaga MH, turut memberikan sambutan.(msc)
Share this article :

Post a Comment