. Melirik Pesta Adat Simalungun di Kota Kembang Bandung (Pernikahan Kiki Saragih dan Oci Br Girsang) | BeritaSimalungun
Home » , , , » Melirik Pesta Adat Simalungun di Kota Kembang Bandung (Pernikahan Kiki Saragih dan Oci Br Girsang)

Melirik Pesta Adat Simalungun di Kota Kembang Bandung (Pernikahan Kiki Saragih dan Oci Br Girsang)

Written By Beritasimalungun on Friday, 19 August 2016 | 10:34

Mempelai Rezeki Hotdo Gamaliel Saragih Manihuruk S Sn putra kedua dari St R Hamonangan (Monang) Saragih Manihuruk SH-St Adriani Heriaty Sinaga MH dengan Ustika Rahayu Girsang S S putri dari Johansen Girsang-Santauli Br Saragih Turnip (Tambahan Pematang Raya-Simalungun), Sabtu 13 Agustus 2016.Foto-foto Asenk Lee Saragih.

Menyambut Suhut Bolon Saragih manihuruk di Pesta Adat Simalungun di Gedung Cimahi Convention Haal Usai Pemberkatan Nikah Rezeki Hotdo Gamaliel Saragih Manihuruk S Sn putra kedua dari St R Hamonangan (Monang) Saragih Manihuruk SH-St Adriani Heriaty Sinaga MH dengan Ustika Rahayu Girsang S S putri dari Johansen Girsang-Santauli Br Saragih Turnip (Tambahan Pematang Raya-Simalungun), Sabtu 13 Agustus 2016. Foto Asenk Lee Saragih


BeritaSimalungun.com, Bandung-Pesta Pernikahan Rezeki Hotdo Gamaliel Saragih Manihuruk S Sn putra kedua dari St R Hamonangan (Monang) Saragih Manihuruk SH-St Adriani Heriaty Sinaga MH (Bandung) dengan Ustika Rahayu Girsang S S putri dari Johansen Girsang-Santauli Br Saragih Turnip (Tambahan Pematang Raya-Simalungun), di Bandung,  Sabtu 13 Agustus 2016 boleh menjadi satu moment berharga dalam mengabadikan Adat Simalungun sesungguhnya.(Intip Foto Pestanya di Sini)

Menjalankan Adat Simalungun secara utuh di tanah perantauan sungguh sulit. Namun bagi keluarga St R Hamonangan (Monang) Saragih Manihuruk SH-St Adriani Heriaty Sinaga MH itu menjadi suatu penghargaan untuk mewariskan Adat Istiadat Simalungun kepada generasi berikutnya.

Prosese Adat Simalungun yang sudah berjalan sejak Februari 2016 lalu, hingga Puncak Pesta Adat Simalungun di Gedung Cimahi Convention Haal, Sabtu 13 Agustus 2016. Prosesi Adat Simalungun yang diterapkan keluarga St R Hamonangan (Monang) Saragih Manihuruk SH- St Adriani Heriaty Sinaga MH dengan Johansen Girsang-Santauli Br Saragih sungguh luar biasa.

Bahkan “Raja Parsahap-Parsinabung” dari pihak Suhut Paranak khusus didatangkan dari Nagori Purba Saribu-Haranggaol Simalungun. Juga  “Raja Parsahap-Parsinabung” dari pihak Suhut Par Boru juga didatangkan dari  Tambahan, Pematang Raya-Simalungun.

Kemurahan hati keluarga St R Hamonangan (Monang) Saragih Manihuruk SH- St Adriani Heriaty Sinaga MH yang menghadirkan keluarga dekat dari Hutaimbaru, Haranggaol, Naga Pane, Pematang Raya, Sirpang Sigodang, Pematangsiantar, Medan Sumatera Utara menambah makna dari Pesta itu.

Sebelumnya, Pemberkatan Nikah dan Pesta Adat Simalungun Rezeki Hotdo Gamaliel Saragih Manihuruk S Sn putra kedua dari St R Hamonangan (Monang) Saragih Manihuruk SH-St Adriani Heriaty Sinaga MH dengan Ustika Rahayu Girsang S S putri dari Johansen Girsang-Santauli Br Saragih Turnip (Tambahan Pematang Raya-Simalungun), Sabtu 13 Agustus 2016.

Pemberkatan Pernikahan Oleh Pendeta GKPS Resort Bandung Pdt Jahenos Saragih di GKPS JL PDAM No 12 Sukamulya -Pasteur. Pesta Adat Gedung Cimahi Convention Haal. Pemberkatan Berjalan Baik dan Pesta Adat Simalungun Sungguh Meriah dan Memberikan Makna Tersendiri Bagi Seluruh Undangan Yang Datang.

Ribuan undangan Tutur Batak dan Undangan Nasional memadati Gedung Pertemuan Cimahi Convention Haal. Prosesi Adat juga berjalan dengan baik.  Spesial pada pendokumentasian Moment berharga itu yakni oleh "Pengusaha Profesional" Thogu Manihuruk Fotohrafers Bandung. Sementara hiburan dipersembahkan oleh De'Rapstar Trio (Simalungun) dari Jakarta. Mereka memukau membawakan lagu-lagu Simalungun.


"Selamat Menjadi Keluarga Baru Kiki & Oci". Titik Kumpul di Rumah Op Leta Perumahan Alam Asri Ciawitali No 14-16-Cimahi-Bandung menjadi kesempatan berharga untuk saling jumpa keluarga yang datang dari berbagai sudut kampung dan kota di Nusantara seperti Motto “Radio Mora Nusantara”. (Asenk Lee Saragih).
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.