Home » , , » Ephorus dan Sekjen HKBP Terpilih Pdt Dr Darwin Tobing- Pdt David Farel Subuea MTh D Min Harus Mampu Memajukan Lembaga Pendidikan dan Kesehatan HKBP

Ephorus dan Sekjen HKBP Terpilih Pdt Dr Darwin Tobing- Pdt David Farel Subuea MTh D Min Harus Mampu Memajukan Lembaga Pendidikan dan Kesehatan HKBP

Written By Beritasimalungun on Saturday, 17 September 2016 | 09:45

Ephorus-Sekjen HKBP Periode 2016-2020 Pdt DR Darwin Lumbantobing - Pdt David Farel Subuea MTh D Min. Ist
Drs Godfried Lubis: Pendukung Pesaing Harus Dirangkul

Berita Simalungun.com, Tarutung-Ephorus HKBP terpilih Pdt DR Darwin Lumbantobing dan Sekjen HKBP terpilih Pdt David Farel Subuea MTh D Min harus mampu memajukan Lembaga Pendidikan dan Kesehatan HKBP. Ephorus dan Sekjen diharapkan makin berperan meningkatkan perekonomian  masyarakat sesuai dengan visi misi HKBP menjadi berkat bagi  masyarakat Indonesia. (Baca: Proses Pemilihan Ephorus dan Sekjen HKBP)


Ephorus dan Sekjen harus bisa menyampaikan hal-hal yang membangun ekonomi masyarakat, sektor-sektor apa saja yang berpeluang meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya warga jemaat HKBP," kata Drs Godfried Effendi Lubis, MM, anggota Majelis Pekerja Sinode (MPS) HKBP Distrik X Medan-Aceh kepada wartawan, Jumat (16/9/2016) di sela-sela acara Sinode Godang HKBP ke 63 di Seminarium Sipoholon. 

Ephorus terpilih juga diharapkan bisa menciptakan inovasi-inovasi dan terobosan baru untuk lembaga pendidikan dan kesehatan yang dimiliki HKBP.

"Dulu pendidikan HKBP sangat terkenal di Indonesia, seperti  Universitas HKBP Nommensen (UHN) dan STM HKBP P Siantar, lulusannya sangat diperhitungkan.

Tapi sekarang sudah terjadi penurunan drastis, khusus pada pendidikan dasar sampai menengah sederajat, siswanya sudah sangat berkurang, kalah bersaing karena minimnya fasilitas," ucap jemaat HKBP Teladan Medan ini.

Menurut Anggota Badan Audit HKBP yang juga terpilih menjadi Badan Audit Distrik X Medan-Aceh pada Sinode Distrik beberapa bulan lalu itu masa kejayaan pendidikan di HKBP  sudah selayaknya dikembalikan. Warga HKBP sejak Indonesia merdeka banyak yang sudah pandai, baca dan tulis  kemudian menjadi guru. Karena Dr IL Nommensen sudah memberi pelajaran baca dan tulis.

Kemudian pendidikan keguruan dikembangkan HKBP di Seminarium Sipoholon lewat Sekolah Guru Bawah dan Sekolah Guru Atas. Lulusan Sekolah Guru tersebut tersebar ke pelosok nusantara sehingga anak-anak bangsa banyak dicerdaskan warga HKBP, jebolan Seminarium Sipoholon. Namun seiring perkembangan zaman dan berkembangnya pendidikan, penurunan terjadi di lembaga pendidikan yang dimiliki HKBP. 

 "Tapi saya yakin Ephorus terpilih Pdt DR Darwin Lumbantobing mampu  menghimpun potensi HKBP untuk mengembalikan kejayaan itu," ungkapnya.

Di samping itu, terang dia, kepemimpinan Pdt Darwin Lumbantobing nanti harus dapat  meningkatkan pelayanan kepada umat dan seluruh elemen yang ada di HKBP harus mendukung penuh Pdt Darwin. 

Ephorus terpilih di awal sampai akhir kepemimpinannya nanti jangan ragu merangkul semua ruas  (jemaat), karena jemaat HKBP memiliki banyak potensi baik pemerintahan, akademisi, politisi dan swasta. Kalau dirangkul akan menambah kebesaran HKBP.

"Pada sesi pemilihan Ephorus, Sekjen, Kepala Departemen (Kadep) sampai Praeses tentu ada calon sinodestan yang kalah dan yang menang. Hendaknya tidak ada pengkotak-kotakan, seperti pihak pendukung dan yang tidak mendukung. Tapi Ephorus yang baru menempatkan pendeta  berdasarkan potensi dan berjenjang, the right man on the right place. Bukan karena like or dislike. Rangkullah pendukung Pdt Dr Robinson Butar-butar, pendukung Pdt David Sibuea, pendukung Pdt Saut Sirait.  Pemilihan sudah usai. Pdt Dr Darwin yang terpilih berarti merupakan pilihan Tuhan," tegas Golfried.

Di bawah kepemimpinan Darwin anggota DPRD Medan ini yakin HKBP sebagai gereja terbesar di Asia Tenggara bisa maju dan tahan menghadapi perkembangan, salah satunya Badan Otorita Danau Toba (BOTD). 

Sesuai amanah Sinode Godang, HKBP harus  mendukung sepenuhnya  BODT. Untuk itu dari sekarang Ephorus terpilih harus  mempersiapkan diri untuk menyambut BODT. "Ephorus terpilih juga harus memberdayagunakan persatuan naposo bulung HKBP  dan kaum perempuan," ujarnya. (Berbagai Sumber/Lee)
Share this article :

Post a Comment