Home » , » Ephorus: Jangan Intervensi Sinode Godang HKBP 2016

Ephorus: Jangan Intervensi Sinode Godang HKBP 2016

Written By Berita Simalungun on Tuesday, 6 September 2016 | 08:10

Ephorus HKBP Pdt William TP Simarmata MA saat menghadiri HUT HKBP Aurduri Kota Jambi beberapa waktu lalu. Dok Lee
BeritaSimalungun.com, Taput-Menjelang SG (Sinode Godang) HKBP (Huria Kristen Batak Protestan)  yang dilaksanakan di Auditorium Seminarium Sipoholon, Taput 12-18 September 2016, Ephorus HKBP Pdt William TP Simarmata MA meminta agar jangan ada intervensi dari pihak luar SG. (Baca Juga: Dapat Dukungan Istana?, Pdt Dr Robinson Butarbutar Maju Calon Ephorus HKBP Periode 2016-2020)

September 2016 dalam pemilihan Ephorus periode 2016-2020, sejumlah bakal calon (balon) bermunculan dan menjadi pembicaraan hangat bagi orang Batak di seluruh Indonesia.

Umumnya yang muncul menyatakan diri menjadi balon Ephorus HKBP 2016 itu adalah para pendeta yang sudah senior dan telah memenuhi kriteira yang ditentukan sesuai aturan di HKBP.

“Biarkan mengalir dengan damai tanpa pengaruh. Saya minta jangan ada yang mencoba melakukan intervensi Sinode Godang untuk pemilihan Ephorus HKBP. Baik itu dari pemerintahan, pejabat tinggi maupun yang lainnya. Siapapun dia. Dari institusi manapun dia itu.

Hargailah HKBP, jangan mengobok–obok peserta sinode (Pendeta) dengan tujuan untuk menggolkan jagonya. Saya minta dengan sangat hormat jangan pengaruhi warga kami,” ujar Ephorus HKBP Pdt William TP Simarmata MA, baru-baru ini di Seminarium Sipoholon–Taput.(Baca Juga: Ephorus Harus Membuat HKBP Sebesar NU dan Muhammadiyah)

Pendeta WTP Simarmata yang masa tugasnya sebagai Ephorus HKBP berakhir November 2016 mengatakan, setiap Pendeta HKBP yang sudah memenuhi syarat dapat mencalonkan diri untuk dipilih menjadi Ephorus HKBP.

“Saya beri peluang kepada semua calon tapi memenuhi sayarat. Tidak pernah saya mengarahkan kepada salah satu calon. Kemerdekaan itu kita berikan kepada peserta SG untuk memilih siapa calonnya. Pilihlah calon dengan nurani, kejujuran dan berkeadilan. Jangan karena marga, kampung (luat) atau kelompok, sehingga kedamaian tidak terusik di HKBP,” ujarnya.

Pdt Simarmata mengakui, para balon sudah mulai bermunculan. Infromasinya ada empat orang lebih itu. Semuanya saya lihat berkemampuan untuk memimpin HKBP ke depan.

Dari itu, sebut WTP Simarmata, peserta SG 2016 memilih calon berkompetensi, figurnya jujur dan punya track record bagus. “Jangan pilih calon karena ada pemberian sesuatu. Apalagi mempengaruhi karena sesuatu itu. Jika mau menyumbang sumbanglah dengan jujur. Jangan sumbangan itu menjadi alat membuat HKBP terusik,” ujarnya.

Ephorus menambahkan, kedamaian dan kerukunan sudah terpatri selama ini di tubuh HKBP. Termasuk HKBP telah menjalin kerjasama persaudaran dengan NU (Nahdatul Ulama), Muhammadyiah, Alwasyiah dan lainnya.

“Harapan saya kepada warga HKBP di seluruh dunia maupun peserta SG, kalaupun ada perbedaan tetaplah membangun sebuah kedamaian dan kerukunan. Berbeda boleh tapi jangan sampai menimbulkan konflik. Jangan merusak persaudaraan. Kita tetap rindu kedamaian,” ujar Simarmata.

Ephorus mengungkapkan, HKBP akan mewariskan kepemimpinan kepada mereka yang lebih muda. Sebab HKBP telah memperkenalkan jati dirinya kepada dunia internasional. Dengan kehadiran pimpinan gereja–gereja dunia, badan oikumene, pengurus maupun sebagai Presiden, five moderator.

“Dalam empat tahun ini HKBP menjadi tuan rumah di sidang–sidang internasional. HKBP disegani dunia dan diperhitungkan dengan kehadiran pimpinan maupun petinggi di Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung–Taput. Maka jangan usik kedamaian ditubuh HKBP,” tegasnya.


Ditambahkannya, terkait persiapan pelaksanaan SG 2016, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu yang mendukung termasuk fasilitas rapat–rapat. “Kita sudah perluas ruang rapat sinode, perluasan area dan penginapan peserta. Kita doakan berjalan dengan damai, siapun nantinya yang terpilih menjadi Ephorus HKBP periode 2016 – 2020 itu adalah pilihan Tuhan,” ujarnya. (MSC)
Share this article :

+ comments + 1 comments

14 September 2016 at 20:59

Jangan ada statement dukungan istana dll. Hanya ada satu kalimat ia itu hanya dukungan dari Tuhan.

Post a Comment