Home » , , » Jemaat HKBP: Kami Akan Mengawasi Proses Pemilihan Ephorus HKBP

Jemaat HKBP: Kami Akan Mengawasi Proses Pemilihan Ephorus HKBP

Written By Beritasimalungun on Friday, 2 September 2016 | 11:57

Ilustrasi. Jemaat HKBP Syalom Aur Duri Kota Jambi saat suasana kebaktian Natal 25 Des 2011 di Gereja HKBP Aurduri Jambi karena gereja mereka disegel Pemkot Jambi.
BeritaSimalungun.com, Tarutung- Pemilihan Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), pimpinan tertinggi organisasi gereja HKBP sedunia itu, yang akan berlangsung 12–18 September 2016 mendatang di Tapanuli Utara (Taput), diharapkan terbebas dari kepentingan politik.(Baca Juga: Ephorus: Jangan Intervensi Sinode Godang HKBP 2016)

“Pemilihan Ephorus HKBP itu diharapkan bukan menjadi ajang untuk mencari kekuasaan,” ujar Pemuda HKBP Pusat Tarutung Benny Lumbantobing.

Benny yang juga bagian dari jemaat HKBP itu memastikan, pemilihan pimpinan tertinggi Gereja HKBP sedunia itu, akan berlangsung hikmat jika disikapi dengan kepala dingin.

“Kita jemaat gereja mengingatkan calon yang bersaing untuk mengingat sejarah memalukan akibat perebutan pucuk pimpinan HKBP, belasan tahun silam. Jangan sampai terulang kericuhan yang bisa merembet ke setiap daerah. Itu semua terjadi karena kekuasaan,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa nama calon Ephorus yang masuk dalam bursa. Mereka adalah Pdt Ramlan Hutahaean, Pdt Darwin Tobing, Pdt David Farel Sibuea, Pdt Saut Sirait, Pdt Robin Butar-butar, dan lainnya.

“Kita mengharapkan, jangan ada calon Ephorus yang melakukan manuver politik dengan menjual kekuasaan pemerintahan. Tidak boleh ada politik uang dalam pemilihan Ephorus itu. Selain itu, tidak boleh memperlihatkan kekuatan massa dan kekuasaan dalam pemilihan itu,” katanya.

Menurutnya, organisasi gereja itu tidak bisa masuk dalam ranah politik. Namun, pemimpin yang memenangkan pemilihan tersebut, diharapkan bisa membantu pemerintahan dalam membangun revolusi mental para jemaatnya.

Luhut Pangaribuan, perwakilan pemuda gereja HKBP Pusat di Sipoholon, Taput menyampaikan, pemuda gereja menginginkan pemilihan Ephorus HKBP dilakukan secara terbuka, dan tidak ditunggangi kepentingan politik.

“Kami akan mengawasi proses pemilihan Ephorus HKBP. Tujuan kami positif, karena menginginkan HKBP ini tetap menjadi bagian yang menyebarkan kebaikan buat masyarakat, khususnya jemaat,” sebutnya.


Menurutnya, peserta yang hadir dalam pemilihan Ephorus HKBP itu akan berdatangan dari seluruh provinsi maupun kabupaten di Tanah Air. Jumlah peserta yang hadir diperkirakan mencapai ribuan orang. (MSC)
Share this article :

Post a Comment