}); Marsombul Sihol Damanik se-Jabodetabek Sukses dan Meriah | BeritaSimalungun
Home » , , » Marsombul Sihol Damanik se-Jabodetabek Sukses dan Meriah

Marsombul Sihol Damanik se-Jabodetabek Sukses dan Meriah

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 23 May 2017 | 08:50


BeritaSimalungun.com-Gedung Grand Mangaraja Jakarta penuh sesak atas antusias peserta serta undangan acara Marsombuh sihol (temu kangen) Damanik, Boru pakon Panogolan yang diselenggarakan oleh Tuppuan Damanik Sejabodetabek pada tanggal 21 Mei 2017  sekaligus acara pelantikan pengurus baru masa bakti 2017 s/d 2020.


Ketua panitia Ir St Jani Rudi Damanik dalam sambutannya menekankan agar  kita jangan pernah malu memakai marga Damanik dimana saja dan kapan saja. Janganlah karena ada keperluan semata kita sanggup memakai dan  menghilangkan marga yang merupakan warisan leluhur kita tersebut. 

Beliau juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh warga Damanik Sejabodetabek yang memberikan antusias tinggi menghadiri acara dan benar-benar tidak menyangka jumlah peserta  melebihi kapasitas gedung sampai ada yang rela berdiri, hal tersebut tentu memberi arti akan rasa kesatuan marga Damanik Boru pakon Panogolan untuk bersatu membesarkan nama baik Marga Damanik khususnya dan suku Simalungun umumnya yang ada di perantauan.

Drs. St.Irjend.M. Wagner Damanik M. Ap sebagai ketua Dewan Penasehat dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Marsombuh sihol Damanik Boru pakon Panogolan ini adalah untuk Melepas rindu diantara satu kerabat melalui kegiatan marsimalungun. 

Sesama satu klan antara lain Sanina, Boru pakon Panogolan dapat berkumpul serta tertawa, bercanda yang diiringi musik gondrang, sarune, taur2 dan lagu lagu Simalungun. Tondong mamasu-masu boru/panogolan sebagai pangalopan gogoh, sebaliknya boru/panogolan somba ke tondong selaku pangalopan podah.

Hal ini juga bertujuan untuk penguatan jati diri simalungun ditengah pengaruh globalisasi yg semakin menggerus paham kebhinekaan kita. 

Untuk itu mari kita saling menguatkan persatuan dan kesatuan, dengan demikian "Sapangambei Manoktok Hite" tetap terawat setiap waktu dalam bingkai "Habonaron Do Bona" yang menjadi kebanggan masyarakat Simalungun, sehingga rasa persaudaraan tetap terawat.

Selain itu beliau juga menyampaikan supaya dengan tumpuan Damanik Boru pakon Panogolan ini menjadi salah satu wadah untuk tetab mempertahan dan melestarikan Seni dan Budaya Simalungun yang secara turun temurun diwarikan kepada generasi selanjutnya.
Acara yang dikemas sangat memukau terlebih dihibur oleh artis papan atas simalungun D''rapstar Group yang menarik perhatian seluruh peserta dan undangan untuk manortor dengan suara dan khas inggou pasangan trio tersebut. 

Acara juga turut di isi oleh Sanggar Batara Guru dan panortor dari pemuda/i Simalungun yang juga mempersembahkan tarian khas Simalungun dengan menampilkan Tor tor Sombah yang tampilannya semakin sakral  dengan sentuhan suara Sarunei Triadil Saragih S Pd, Seniman Muda Simalungun yang baru Sebulan di Jakarta, menambah gemerlapnya gedung mangaraja yang persis seperti suasana Rondang Bittang di Tanah Simalungun.

Dana yang dibutuhkan untuk menutupi kegiatan tersebut terpenuhi seketika atas kebersamaan dan sumbangan dari seluruh unsur Penasehat, Pengurus, Panitia dan anggota saat manortor riap mangalo-alo tiap-tiap daerah.

Lagu mars Damanik Boru Panogolan yang diciptakan oleh Drs. Febry Saragih menggema di ruangan yang cukup mewah tersebut sambil manortor bersama yang dipandu oleh trio D’Rapstar. Keberadaan lagu mars tersebut menjadi perekat   tersendiri dalam menyatukan semangat yakni kebanggaan menjadi bagian dari Damanik.

Di penghujung acara ada banyak hadiah yang dibagi-bagikan kepada seluruh hadirin, diantaranya; 30 kotak coklat, perlengkapan Dapur, 2 HP, 3 Sepeda, 2 TV LCD, yang di persembahkan oleh Otto Hasibuan yang beristri boru Damanik,  juga dari peserta lainnya.

Kepada team lovelysimalungun.com, Drs.St.Irjend.M. Wagner Damanik M. Ap menyatakan semoga kegiatan serupa dapat berkelanjutan malah pelaksanaannya diharapkan hingga ketingkat nasional. 

Sudah dalam pemikiran untuk melaksanakan acara Marsombuh sihol Damanik se-Nusantara dan Sedunia yang mungkin dilaksanakan di kota Pematang Siantar, kabupaten Simalungun atau bahkan di Jakarta yang diantara tujuannya adalah untuk melekstarikan Seni Budaya juga mempromosikan potensi Pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Simalungun disamping mempererat hubungan silaturahim sesama klan Damanik juga warga Simalungun secara umum. (T/S)

 

SUSUNAN KEPENGURUSAN TUPPUAN DAMANIK BORU PANOGOLAN SE-JABODETABEK PERIODE 2017-2020:
DEWAN PENASEHAT:
KETUA
:
Irjendpol Drs. M. Wagner Damanik, MAP
WAKIL KETUA
:
St. Drs. Alimukdin Damanik, M. Pd
WAKIL KETUA
:
Ir. H Dearma Damanik, MH
SEKRETARIS
:
Dr. Jayadi Damanik
ANGGOTA 
:
Ir. Ladjiman Damanik, Meng
Bahrun Damanik
Letkolpol (Purn) Maruli Damanik
St. Drs. Benyus Damanik, MM
Udin Damanik
St. Martuahman Damanik
Robinson Damanik
Said Damanik, SH, MH
Dr. Abdul Kadir Damanik

DEWAN PENGURUS :

KETUA UMUM
:
 St. Ir. James P Damanik, M.Si
KETUA
:
 St. Ir. Jani Rudi Damanik
SEKRETARIS UMUM
:
St. Sabar Aman Damanik, SH
SEKRETARIS
:
St. Toni Purba, SH, MH
BENDAHARA UMUM
:
St. John Freddy Purba, SE
KORD. BIDANG ADAT
:
St. Drs Alimukdin Damanik, M.Pd
ANGGOTA
:
St. Bingtar Damanik
KORD. BIDANG SENI BUDAYA
:
St. Martuahman Damanik
ANGGOTA  
:
St. Lerbin Damanik
     
KORD. PEMBERDAYAAN SDM
:
St. Sehat Damanik, SH, MH
ANGGOTA
:
Sy. Cornelius D Damanik, ST
KORD. BIDANG KOMINFO
:
St. Andohal Ganda P Damanik, SE
ANGGOTA
:
Jokpan Damanik
ANGGOTA
:
Semua Ketua Wilayah TDBP se-Jabodetabek.






Share this article :

Post a Comment