Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ibadah Penghiburan GKPS Jambi Kepada Keluarga Almarhum St RK Purba Pakpak


Jemaat GKPS Jambi mengadakan Ibadah Penghiburan kepada keluarga besar Almarhum St RK Purba Pakpak/ P Br Sitepu di Rumah Duka, Telanaipura, Selasa (18/6/2019) malam. Foto Asenk Lee Saragih


Jambi-Jemaat GKPS Jambi mengadakan Ibadah Penghiburan kepada keluarga besar Almarhum St RK Purba Pakpak/ P Br Sitepu di Rumah Duka, Telanaipura, Selasa (18/6/2019) malam. Ibadah dipandu oleh Sekretaris GKPS Jambi St TI Dabukke SE dan Pengantar Jemaat GKPS Jambi St Radesman Saragih S Sos. Renungan Penghiburan disampaikan Penginjil Wanita GKPS Resort Jambi PW Denni R Br Damanik STh. 


Ibadah Penghiburan dirangkai dengan Penyampaian Ucapan Dukacita dari Pengurus Sektor diwakili Ketua Sektor Tesalonika Sy Sudiaman Purba, kata penghiburan mewakili Seksi Bapa oleh Sy Alexander Dabukke, Pimpinan Majelis GKPS Jambi St Radesman Saragih S Sos. Pada Ibadah Penghiburan ini juga ada Pujian Vokal Group Wanita Syalom GKPS Jambi. 

Baca: St RK Purba Tutup Usia


Ibadah Penghiburan ini berjalan dengan hikmat dalam suasana dukacita. Ibadah ini juga diiikuti Jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi. Usai ibadah dilanjutkan dengan jabat tangan peguatan kepada keluarga besar St RK Purba Pakpak dari Jemaat GKPS Se Resort Jambi. 


Martonggo Raja


Sementara itu, pada malam yang sama di tempat yang berbeda (Hall Bulutangkis Keluarga) juga dilaksanakan Prosesi Martonggo Raja. Kerabat Tutur Marga yang hadir seperti Marga Sinaga, Sitepu, Lingga, Munthe, Haloho, Damanik, Purba dan lainnya.


Protokol Prosesi Martonggo Raja ini diandu oleh Bp Syamsudin Purba/ Br Siahaan  dan Bp J Sidauruk/ Br Purba Pakpak. Prosesi Adat Martonggo Raja untuk persiapan Pesta Adat Sayurmatua St RK Purba Pakpak yang dilaksanakan Rabu 20 Juni 2019 berjalan dengan baik.


Usai Martonggo Raja dilanjutkan dengan adat memasukkan Jenazah St RK Purba kepada peti Jenazah dengan Prosesi Adat yang disaksikan kerabat Marga Sinaga, Sitepu, Lingga, Munthe, Haloho, Damanik, Purba.  
   

Kemudian dilanjutkan Pemberian “Porsa” (kain Khas Warna Putih) kepada kerabat Tutur Marga Sinaga, Sitepu, Lingga, Munthe, Haloho, Damanik, Purba. Selanjutnya prosesi penyematan Porsa kepada anak laki-laki St RK Purba yakni Petrus H Purba MBA, Pahompu (Cucu) Samuel Purba dan adiknya laki-laki. 


Pemakaian Porsa oleh Petrus Purba kepada Pontas Sitanggang, laweinya (ipar), juga kepada St Awal Damanik dan Tutur Anak dari St RK Purba Pakpak. 


Usai prosesi tersebut, dilanjutkan dengan pemberian “Batu Demban” kepada “Parmusik” (Embas Musik). Dan dilanjutkan pemukulan gendang (Tagading) oleh Cucu Samuel Purba dan Daniel Napitupulu. 


Acara selanjutnya “Marnortor” keluarga besar St RK Purba “manombah” kerabat Marga Sinaga, Sitepu, Lingga, Munthe, Haloho, Damanik. Juga manortor tutur kerabat Marga Purba dan Sitepu.


Karangan Bunga  
   

Sebagai Ucapan Dukacita kepada keluarga yang ditinggal St RK Purba Pakpak, ratusan Ucapan Papan Karangan Bunga mewarnai sepanjang jalan Karya, Telanaipura hingga komplek Rumah Duka. 


Papan Karangan Bunga ucapan dukacita itu datang dari berbagai Keluarga, Pejabat, Kerabat, Mitra Bisnis, Gereja, Marga dari Kota Jambi, Batam, Jakarta, Medan, Simalungun dan kota lainnya. 


Sementara tampak hadir memberikan Ucapan Dukacita yakni Ketua MUI Provinsi Jambi (Lembaga Adat Melayu Provinsi Jambi) H hasib Kalimudin Syam, Wali Kota Jambi H Syarif Fasha, Anggota DPR RI Fraksi PDIP Marsiaman Saragih SH, Junaedi Singarimbun (Anggota DPRD Kota Jambi) dan Juga Pejabat Pemerintah di Kota Jambi dan Provinsi Jambi.


Ribuan warga dari Dedominasi Gereja, Kerabat, Keluarga, Tutur Marga juga silih berganti menyampaikan Dukacita kepada keluarga besar St RK Purba Pakpak. Pada Selasa 18 Juni 2019, Keluarga Besar St RK Purba Pakpak (+)/ P Br Sitepu (Anak, Boru, Hela, parumaen, Pahompu) tampak mengenakan pakaian warna Putih sebagai symbol iklasnya keluarga melepas kepergian St RK Purba Pakpak yang telah berjuang dengan semangat yang luar biasa selama 1 tahun melawat penyakit yang dideritanya. “Sonangma Ham St RK Purba Pakpak Bersama Bapa Di Sorga”. (Asenk Lee Saragih)     
Acara Martonggo Raja









 


PW Denni Br Damanik STh.















St Marsiaman Saragih dan Hotman Sitanggang.

   


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments