}); Jeka dan HaSimalungunon di Bandung Raya | BeritaSimalungun
Home » , , » Jeka dan HaSimalungunon di Bandung Raya

Jeka dan HaSimalungunon di Bandung Raya

Written By Beritasimalungun on Monday, 22 July 2019 | 08:24

Oleh : Desmanjon Purba Tondang

Beritasimalungun-Bagi yang mengetahui, secara otomatis, mereka akan dengan mudah memberikan apresiasi untuk sosok Jeka Saragih. Bagi saya sendiri, simpel saja, bahwa Jeka Saragih tampil di sebuah stasiun TV nasional (TVOne). 

Acara OnePride, menjadi salah satu program favorit dan cukup fenomenal setelah program Indonesia Lawyer Club (ILC) di stasiun TV  tersebut. Jeka juga kerap dipublikasi di berbagai media cetak dan online kelas nasional.

Hal tersebut di atas membuat halak Simalungun khususnya di Bandung Raya (sesungguhnya) bangga atas sosok Jeka Saragih. Jeka itu memperkenalkan Saragih dan Simalungun kepada khalayak melalui talenta "petarung" yang diberikan PENCIPTA baginya.

Bandung menjadi tempat berlatih bagi Jeka mempersiapkan pertarungan bergengsi pada 27 Juni 2019 nanti. Sekarang, sudah sekitar 3 minggu ia berada di Bandung. Kali kedua ia difasilitasi orang Bandung yang bageur (baik) untuk dilatih dan dijaga.

Yang bageur (Sunda). Kemana yang na bujur uhur (Simalungun)? Simalungun tentu tidak ambil diam. Masa sih, Jeka sebagai anak emas bangsa Simalungun dicueki begitu saja? Oh, tidak.

ParSimalungun dan halak Simalungun yang di Bandung Raya mengunjungi sasananya di Jl. Simponi II/10 Bandung. ParSimalungun artinya berasal dari Kabupaten Simalungun yang bermarga Parna, dll. HalakSimalungun yang bermarga "utuh" Simalungun juga berdatangan.

Di Bandung Timur melalui wadah GKPS Bandung Timur yang ber-voorhanger St. H. Sumbayak eks Ketum DPP Himapsi, Jeka didukung dan dilakukan acara doa khusus jemaat yang dipimpin Pdt. AA Purba (Pendeta Resort Bandung).

Di Bandung Barat dan Kota Cimahi, Jeka dijamu makan bersama sekaligus diberikan dayok nabinatur. Dalam acara Arisan HumpulanSaragih, Boru, Panogolan Wilayah Bandung Barat, Jeka diberikan semangat dan didoakan. Tak kalah penting, semua Saragih, Boru, dan Panogolannya berswafoto beratus foto dari gadget. Ramai dan seru.

Sangat terasa sekali. Simalungun parBandung dari Barat hingga ke Timur sangat antusias atas keberadaan Jeka Saragih. Apalagi menyongsong pertandingan Live-nya nanti di TVOne, Simalungun bersorak. Jangankan Simalungun, "wargi" Bandung beserta Viking bobotoh "asli: Persib memberikan dukungan untuk Jeka.

Semua mendukung Jeka menjadi atlit, petarung, generasi muda bangsa Indonesia yang cerdas bertalenta.

Tetaplah semangat Lawei Jeka Saragih niombahni Tulang nami Sumbayak/br Damanik parBahPasussang, Simalungun. Sukses di OnePride TVOne dan sukses juga merebut Emas pada PON 2020 Papua sebagai atlit Sumatera Utara. God Bless You and be the best of the best. (Penulis
Pegiat Budaya Simalungun)

Share this article :

Post a Comment