}); Gubsu Minta Pupuk Subsidi di Simalungun Jangan Langka | BeritaSimalungun
Home » , , » Gubsu Minta Pupuk Subsidi di Simalungun Jangan Langka

Gubsu Minta Pupuk Subsidi di Simalungun Jangan Langka

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 10 December 2019 | 07:23

Panen di Simalungun.(IST)
Hutabayuraja, BS-Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi meminta instansi terkait agar menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi untuk petani di Simalungun. Dia juga meminta agar pupuk bersubsidi jangan diselewengkan.

Hal itu diungkapkan Gubsu Edy saat melakukan panen raya di Nagori Maligas Bayu, Kecamatan Huta Bayuraja, Kabupaten Simalungun, Senin (9/12/2019).

Kegiatan Penen Raya Gubsu di Simalungun dengan menuai Padi, Jagung dan Cabai merah, diharapkan mampu menjadiakan Nagori Maligas Bayu menjadi destinasi eko wisata tani di Simalungun. 
 
Panen raya ini direncanakan sejak 1 bulan lalu yang digagas Lendrawan S.si dengan melibatkan dua Nagori, Maligas Bayu dan Mancuk. Kedua kepala desa seminggu terakhir aktif mempersiapkan lokasi dan berbagai keperluan lainnya.

Kata Lendrawan, Nagori Maligas Bayu dan Mancuk memiliki areal persawahan seluas 250 ha. Pada periode musim tanam kali ini, petani setempat dihadapkan dengan  permasalahan kelangkahan pupuk bersubsidi. 

Hal ini yang menyebabkan di beberapa tempat khusus Kabupaten Simalungun mengalami gagal panen.

Lain hal dengan petani di Nagori Maligas Bayu dan Mancuk, meski pupuk bersubsidi langka, semangat mereka menanam padi, jagung dan tanaman palawija lainnya. hal ini dibuktikan dengan acara panen raya, meski kost pembiayayaan lebih besar dari sebelumnya.

Salah seorang Anggota DPRD Provinsi Sumut Gusmiadi mengapresiasi acara tersebut. "Kegiatan panen raya ini semestinya menjadi simbol komitmen pemerintah untuk melakukan penguatan serius pada lahan petani kita," katanya.

"Petani kita di adapkan dengan kelanghan pupuk bersubsidi. Negara harus hadir menjawab tantangan yang lebih kompleks. Negara juga yang punya kewenagan untuk melakukan percepatan, produksi dan pemasaran," kata Gusmiadi

Hadirnya Gubsu Edy Ramayadi bersama Kadis Pertanian Provinsi, disambut Bupati Simalungun JR Saragih dan wakilnya Amran Sinaga dan jajaran pemkab lainnya, juga tampak hadir Anggota DPRD Provinsi Gusmiadi, menambah semangat para petani setempat.
Hadirnya Gubsu di Nagori tersebut membawa berkah tersendiri pasalnya Gubsu Edy Ramayadi sudah menyiapkan bantuan benih padi, jagung yang berkualitas, juga bantuan 50 ekor kambing dan sapi, yang nantinya akan di serahkan kelompak tani setempat. (IST)
Hadirnya Gubsu di Nagori tersebut membawa berkah tersendiri pasalnya Gubsu Edy Ramayadi sudah menyiapkan bantuan benih padi, jagung yang berkualitas, juga bantuan 50 ekor kambing dan sapi, yang nantinya akan di serahkan kelompak tani setempat. 

Hal itu dikatakan Gubsu Edy saat pidato di hadapan ribuan masyarakat yang hadir. Gubsu juga meminta agar pupuk bersubsidi di Simalungun jangan diselewengkan.

Sementara Pangulu (Kades) Maligas Bayu, Kasno Kuswoyo mengungkapkan rasa terimakasih dan bersyukur acara panen raya bisa terlaksana dengan sukses dan membawa keberkahan. Masyarakat petani akan menerima bantuan yang tadi di sampaikan Gubernur Sumut.

Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga mengatakan, Kabupaten Simalungun merupakan lumbung beras di Sumut. 

"Dibarengi dengan irigasi yang cukup, maka Pemerintah Kabupaten Simalungun harus ikut berperan mendorong meningkatkan produksi hasil pertanian hingga 70%," kata Amran Sinaga.

Amran Sinaga juga berharap hadirnya Gubsu di acara panen raya memberikan motivasi bagi petani dengan memberiakan bibit, juga ternak 50 ekor sapi, diharapkan Nagori Maligas Bayu mampu menciptakan pupuk organik.(BS-RTS)

 
Share this article :

Post a Comment