. Siapa Pengganti JR Saragih, WD Atau RHS ? | BeritaSimalungun
Home » , , » Siapa Pengganti JR Saragih, WD Atau RHS ?

Siapa Pengganti JR Saragih, WD Atau RHS ?

Written By Beritasimalungun on Sunday, 12 July 2020 | 12:23

Siapa Pengganti JR Saragih, WD Atau RHS ?
Pematangraya, BS-Pemilihan Bupati Simalungun sudah semakin dekat yakni 9 Desember 2020. Tahapan pelaksanaan Pilkada Simalungun yang masuk dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020 kini tengah berjalan. Salah satunya yakni tahapan ferivikasi factual bagi calon perseorangan atau non partai politik.

Setidaknya ada satu bakal Pasangan Calon yang sudah menyerahkan persyarakat di KPU Kabupaten Simalungun. Mereka adalah Bapaslon Wagner Damanik-Abindinsyah (WD-BISA).  
   
Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Simalungun, M Adil Saragih mengatakan, saat ini sedang berlangsung proses verifikasi faktual terhadap syarat dukungan yang sudah disampaikan oleh Wagner Damanik.

Verifikasi faktual di lapangan dimulai sejak 26 Juni 2020 hingga 12 Juli 2020. Syarat dukungan yang disampaikan Wagner Damanik kurang lebih 55 ribu. Nantinya dukungan ini akan diverifikasi kebenarannya oleh petugas dari KPU Simalungun.

Wagner Damanik harus bisa mendapat dukungan sedikitnya 7,5 persen dari jumlah pemilih di Kabupaten Simalungun, yakni 638.042. Jika lolos, WD-BISA bisa ikut mendaftar bersama pasangan bakal calon dari jalur parpol pada 4 September 2020 mendatang.

Sementara sejumlah parpol pemilik kursi di DPRD Kabupaten Simalungun, Sumut, masih menunggu rekomendasi nama pasangan bakal calon yang akan diusung dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2020. 

Kepemimpinan JR Saragih yang sudah 10 tahun memimpin Kabupaten Simalungun akan berakhir dan segera mancari penggantinya. 

Kini ada dua nama yang sangat ramai diperbincangkan masyarakat Kabupaten Simalungun untuk pengganti JR Saragih. Keduanya adalah Wagner Damanik dan Radiapoh Hasiholan Sinaga. 

Kedua nama ini juga yang sejak lama sudah bersosialisasi dan blusukan di Kabupaten Simalungun hingga kini. Bahkan keduanya memiliki Tim yang solid dalam mensosialisasikan Visi Misi masing-masing.

Wagner Damanik hadir dengan Slogan “Gerbang Simalungun, Datang Memberi Bukan Mengambil” dan Radiapoh Hasiholan Sinaga dengan slogan Rakyat Harus Sejahtera (RHS).

Ada sejumlah nama balon Bupati Simalungun yang ramai diperbincangkan. Mereka adalah Radiapoh Hasiholan Sinaga (Pengusaha Asal Batam), Amran Sinaga (Wakil Bupati Simalungun), Anton Saragih (Abang dari JR Saragih), Tumbur Napitupulu, Muhajidin Nur Hasim (seorang pengusaha dan dikenal sebagai kerabat Muhammad Nazaruddin, eks Bendahara Partai Demokrat), Zonny Waldi (saat ini Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara), Saut Bangkit Purba (Anggota DPRD Prov Sumut-Demokrat), Corry Purba ( merupakan Rektor Universitas Simalungun yang juga kader PDIP Kabupaten Simalungun).

Namun dari sejumlah nama itu hingga Minggu 12 Juli 2020, belum satupun yang secara resmi dideklarasikan oleh partai pengusung. Kedepan, pasangan bakal calon yang direkomendasi oleh parpol harus membangun koalisi antar parpol karena untuk bisa mengusung pasangan calon harus minimal 10 kursi.

Jumlah 50 Kursi di DPRD Kabupaten Simalungun, Partai Gerindra, miliki 6 kursi, Partai Demokrat miliki 7 kursi, PDIP memiliki 8 kursi, Nasdem punya 5 kursi, PPP miliki  2 kursi dan Perindo 4 kursi.

Berdasarkan Pasal 40 Ayat (1) UU No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota atau UU Pilkada menyebut syarat ambang batas pencalonan kepala daerah sedikitnya 20 persen jumlah kursi DPRD atau 25 persen akumulasi suara sah pemilihan anggota DPRD.

Daftar 50 Anggota DPRD Simalungun Periode 2019-2024:
 Partai Golkar
1.Timbul Jaya Hamonangan Sibarani
2.Marandus Elberd Tindaon
3.Sugiarto
4.Binton Tindaon
5.Lindung Samosir
6.Jaminta Purba
7.Umar Yani
8.Edi Suprapto
9.Jon Redikalmen Sidauruk.

PDI Perjuangan
1.Samrin Girsang
2.Rospita Sitorus
3.Jonson Riduan Sinaga
4.Mariono
5.Aripin Panjaitan
6.Jhon Manat Purba
7.Junita Veronika Munthe
8. Maraden Sinaga.

Partai Demokrat
1.Walpiden Tampubolon
2.Johanes Sipayung
3.Irwansyah Purba
4.Histony Sijabat
5.Elias Barus
6.Erna Sari Purba
7.Andre Andika Sinaga.

Partai Gerindra
1.Bona Uli Rajagukguk
2.Juarsa Siagian
3.Sastra Joyo Sirait
4.Fao Saut Sinaga
5.Badri Kalimantan
6.Erwin Parulian Saragih.

Partai NasDem
1.Benhard Damaik
2.Ucok Latas Siagian
3.Tumpak Silitonga
4.Jamerson Saragih
5.Karvan Saragih.

Partai Perindo
1.Lisnawati Sirait
2.Agus Irawan Sinaga
3.Sariadi Saragih
4.Saida Purba.

Partai Hanura
1.Sarudin Gultom
2.Esron Simbolon
3.Suriawan
4.Jarusdin Sinaga.

PAN
1.Edy Sumanto
2.Ikhwanuddin Nasution
3.Salbin Damanik.

PPP
1.Hendra Sukmana Sinaga
2.Adianto Pasaribu.

Partai Berkarya
1.Benfri Sinaga.

PKS
1.Usmayanto.
(Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment