}); Koalisi 5 Parpol, RHS-ZW Semakin Optimis Menangkan Pilkada Simalungun 2020 | BeritaSimalungun
Home » , , , » Koalisi 5 Parpol, RHS-ZW Semakin Optimis Menangkan Pilkada Simalungun 2020

Koalisi 5 Parpol, RHS-ZW Semakin Optimis Menangkan Pilkada Simalungun 2020

Written By Beritasimalungun on Saturday, 5 September 2020 | 09:59

Foto hanya sebuah ilustrasi. Beritasimalungun.com

Pematangraya, BS
-Diusung oleh lima koalisi Parpol (Golkar, Berkarya, Hanura, PKS dan Perindo) semakin memantapkan optimisme pasangan calon bupati Simalungun St Radiapoh Hasiholan Sinaga SH-Zonny Waldi (RHS-ZW) memenangkan Pilkada Simalungun Rabu 9 Desember 2020 mendatang. Pilkada Simalungun kali ini diikuti 4 pasangan calon, tiga diusung parpol dan 1 paslon jalur independen (non parpol).

Menurut Rikanson Jutamardi Purba, Tim RHS,  Perindo telah memberikan dukungan kepada RHS-ZW di Pilkada Simalungun dan ikut sebagai kolaisi parpol pengusung di KPU Simalungun.

“Perindo masuk dalam iringan atau konvoi kapal kita. Jadi, 5 kapal semuanya dengan 20 kursi di DPRD Kabupaten Simalungun. Ini kursi kapal pesiar. Nggak ada lagi pasangan balon yang bisa menyainginya, sehingga tetap jadi pemuncak. Tanpa mengusung "tagline" HARUS Menang pun, keseriusan menyiapkan armada "perang" ini saja sudah menunjukkan tekad harus menang itu. Kita berupaya menang agar tekad kuat "Rakyat Harus Sejahtera" itu bisa diwujudkan. Kiranya Tuhan memberkati,” kata Rikanson Jutamardi Purba.

Seperti direncanakan Paslon RHS-ZW akan mendaftar ke KPU Simalungun di Pematangraya, Sabtu (5/9/2020). Paslon dan Tim RHS dari koalisi Parpol akan mengenakan pakaian Busana Adat Simalungun sat mendaftar ke KPU Simalungun.

Dukungan Parpol

Sebelumnya para ketua partai pengusung telah melakukan penandatanganan fakta dukungan bersama-sama untuk memenangkan RHS-ZW di Pilkada Simalungun. Para ketua parpol pengusung juga telah meminta seluruh kader partai yang kini duduk di DPRD Kabupaten Simalungun diwajibkan memenangkan paslon RHS-ZW.

Setidaknya ada 20 dari 50 Anggota DPRD Simalungun Periode 2019-2024 yang diwajibkan turut serta memenangkan Paslon RHS-ZW di Pilkada Simalungun Rabu 9 Desember 2020 mendatang.

Jumlah 20 Anggota DPRD Kabupaten Simalungun dari koalisi parpol pengusung calon (Golkar, Berkarya, Hanura, PKS dan Perindo) yakni Partai Golkar 1.Timbul Jaya Sibarani, 2.Marandus Tindaon, 3.Sugiarto, 4.Lindung Samosir, 5.Binton Tindaon, 6.Umar Yani, 7.Jaminta Purba, 8.Edi Suprapto, 9.Jhon Redikalmen Sidauruk.

Kemudian dari Hanura ada 1.Sarudin Gultom, 2.Esron Simbolon, 3.Suriawan, 4.Jarusdin Sinaga, Parindo, 1.Linawati Sirait, 2.Agus Irawan Sinaga, 3.Sariadi Saragih, 4.Saida Purba. Dari PKS ada nama 1.Ikhwanudin Nasution dan 2.Usmayanto.

Selanjutnya ada dari Berkarya atas nama 1.Benfri Sinaga. Terakhir dari Partai Perindo 1.Linawati Sirait, 2.Agus Irawan Sinaga, 3.Sariadi Saragih, 4.Saida Purba.

Keterlibatan 20 Anggota DPRD Kabupaten Simalungun itu untuk memanangkan RHS-ZW sangat diharapkan. Pasalnya hal itu sudah perintah ketua-ketua parpol pengusung RHS-ZW yang ditandatangani dalam surat bermaterai.

4 Paslon

Sementara Pilkada Kabupaten Simalungun diikuti 4 pasangan calon. Tiga Paslon dari usungan Parpol dan 1 paslon maju lewat jalur independen (non parpol). Sementara pendaftaran calon di KPU Simalungun dibuka mulai 4 September 2020 hingga 6 September 2020. 

Empat paslon peserta Pilkada Simalungun itu yakni Paslon St Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik MAP-H Abidinsyah Saragih (Jalur Independen), Paslon St Radiapoh Hasiholan Sinaga SH-Zonny Waldi (Golkar-Hanura-Berkarya-PKS, Perindo), Paslon H Anton Saragih-Ir Rospita Sitorus (PDIP-PAN-NasDem) dan Paslon H Mujahidin Nur Hasim-Tumpak Siregar (Demokrat-Gerindra).

Setidaknya 4 paslon ini akan merebut suara terbanyak dari jumlah pemilih 638.042 jiwa di 32 kecamatan se Kabupaten Simalungun.

Hanya Satu Perseorangan

Sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Simalungun 9 Desember 2020 mendatang dipastikan hanya diikuti satu pasangan calon dari jalur independen yakni Paslon Wagner Damanik dan Abidinsyah Saragih. Pada Pilkada Simalungun Februari 2016 lalu, setidaknya ada dua Paslon dari jalur perseorangan yakni Paslon Evra Sassky Damanik-Sugito dan Paslon Lindung Gurning-Soleh Saragih. 

Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik mengatakan, pasangan Wagner Damanik dan Abidinsyah Saragih telah memenuhi syarat minimal dukungan untuk maju di Pilkada Simalungun 2020.
“Syarat minimal yang diminta KPU dalam pencalonan perseorangan sebanyak 47.854 sudah terpenuhi. Artinya, pasangan perseorangan bisa mendaftarkan diri," ujar Raja Ahab Damanik.

Selanjutnya, pasangan Wagner dan Abidinsyah  mendaftarkan di KPU Simalungun, Sabtu 5 September 2020. Wagner Damanik merupakan purnawirawan polisi berpangkat inspektur jenderal (Irjen) Polisi. Sedangkan Abidinsyah Saragih dikenal sebagai tokoh masyarakat Simalungun.

Pilkada Simalungun 2016 

Sementara pada Pilkada Simalungun Februari 2016 silam, Paslon Pilkada Simalungun diikuti lima Paslon. Lima Paslon itu yakni Jopinus Ramli Saragih-Amran Sinaga diusung Demokrat meraih 120.625 suara (34,69%).

Paslon kedua Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura, dan PKPI dengan meraih 92.402 suara (26,57%). Paslon ketiga ada pasangan Evra Sassky Damanik-Sugito, yang maju dari jalur perseorangan dengan memperoleh 67.435 suara (19,39%).

Selanjutnya, Paslon keempat ada Nuriaty Damanik-Posman Simarmata, yang diusung Partai Nasdem, Partai Gerindra, PAN, PKB, dan Partai Golkar dengan mendapatkan 59.874 suara (17,22%). Serta Paslon kelima adalah Lindung Gurning-Soleh Saragih, yang maju dari jalur perseorangan dengan hanya mendapat 7.416 suara (2,13%). (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment