Info Terkini

10/recent/ticker-posts

GKPS Cikoko Miliki Balai Latihan Kerja Komunitas Bidang Multimedia


Jakarta, BS-
Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) melalui Yayasan Diakonia Sosial GKPS Cikoko, Jakarta membuat gebrakan dengan mendirikan sebuah gedung pelatihan “Workshop Multimedia” dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang multimedia.

Sebuah bangunan berdiri permanen disebuah lahan yang dipinjamkan oleh Ketua PHMJ GKPS Cikoko St Posman Simarmata. Balai Latihan Kerja Komunitas Yayasan Diakonia Sosial GKPS Cikoko dana bangunan dan peralatan serta pelatihan 2 tahun hibah dari program Ditjen Pelatihan Kemenaker RI.

Pembangunan Gedung BLK Kominitas ini dimulai bulan Oktober 2020 dan bulan Januari 2021 ini selesai dan selanjutnya mengadakan pelatihan angkatan pertama yang direncanakan dimulai 15 Maret-08 April 2021 durasi (240jam) atau 24 hari pelatihan.

Pelatihan berbasis kompetensi untuk menciptakan ketrampilan bagi masyarakat pencari kerja agar menjadi desainer multimedia muda, terlebih untuk pelayanan.


Demikian dijelaskan Direktur BLK Multimedia Yayasan Diakonia Sosial GKPS Cikoko, St Edwin Purba kepada Penulis, Kamis (28/1/2021). Menurutnya, pelatihan yang ditujukan kepada siapa saja masyarakat yang membutuhkan dengan pendidikan minimal SMP batas, umur tidak ada dan sepanjang sehat jasmani rohani khususnya kepada masyarakat produktif yang mencari kerja. 

“Yayasan Diakonia Sosial GKPS Cikoko ini pengurusnya Ketua Fredel Purba, Wakil Ketua Lasmery Girsang, Sekretaris Very Purba yang disetujui Dewan Pembina St Jartinus Purba, St Posman Simarmata (Ketua PHMJ GKPS Cikoko) bersama pengurus lainnya Mangara Saragih, Herti Purba Bendahara dan Dini Saragih. Saat itu mengajukan proposal ke Kemenaker RI yang mengadakan program 1000 BLK di Indonesia tahun dari tahun 2020 dan menyetujui  dana hibah pembangunan dan pelatihan Rp 1 Milyar,” kata St Edwin Purba. 
Para Pengurus BLK Yayasan Diakonia Sosial GKPS Cikoko meninjau lokasi BLK. 

Menurut St Edwin Purba yang menjabat sebagai ketua pada T SDM GKPS 2017 membuat program membentuk Yayasan Diakonia dengan Program Multimedia yang awalnya hampir terseok. Namun dengan rasa optimis, tanpa diduga ada program Presiden Jokowi di Kemenaker RI untuk pembangunan BLK. 

Program BLK Multimedia ini juga tak terlepas dari hubungan yang sudah tercipta dengan dari Herty Purba dengan banyak pihak. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Herty Purba pernah mengemban tanggung jawab dalam sebagai Manager RCTI dan Trans TV, dan juga terlibat dalam event besar Asian Games sebagai Direktur Acara.

Herty Purba merupakan kawan yang terus berjuang tentang Multimedia ini. Dia kini menjabat sebagai Ketua Tim Multimedia GKPS Cikoko.

“Sertifikasi kompetensi untuk memberi ketrampilan kepada setiap komunitas yang mau dilatih. Seluruh Anggota GKPS bisa ikut pelatihan ini. Dan diharapkan BLK Komunitas ini akan membuka ruang kepada seluruh anggota jemaat GKPS agar dapat ikut untuk meningkatkan ketrampilan multimedia untuk pelayanan gereja yang sangat dibutuhkan gereja  sekarang khususnya ketrampilan audio dan visual. Seperti yang sekarang ini membutuhkan pelayanan live streaming,” kata St Edwin Purba yang komitmen mengembangkan Program Multimedia di BLK Yayasan Diakonia Sosial GKPS Cikoko. 

BLK Yayasan Diakonia GKPS Cikoko ini beralamat di Jalan Raya Pd. Ranggon No.90, RT.2/RW.2, Pd. Ranggon, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13860, Indonesia. 
(Asenk Lee Saragih)










Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments