. Jeritan Rakyat Simalungun Terhadap Kerusakan Jalan Provinsi Semakin Panjang | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Jeritan Rakyat Simalungun Terhadap Kerusakan Jalan Provinsi Semakin Panjang

Jeritan Rakyat Simalungun Terhadap Kerusakan Jalan Provinsi Semakin Panjang

Written By Beritasimalungun on Monday, 25 January 2021 | 20:58

Dana APBD 2021 Pemprov Sumut untuk Jalan Provinsi di Simalungun Hanya Rp 30 Miliar
Jeritan Rakyat Simalungun Terhadap Kerusakan Jalan Provinsi Semakin Panjang

Pematangraya, BS-Jeritan masyarakat Kabupaten Simalungun terhadap kondisi jalan provinsi di wilayah Simalungun bakal lebih panjang lagi. Pasalnya alokasi Anggaran APBD 2021 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk perbaikan kerusakan jalan provinsi sepanjang 210 kilo meter (Km) di wilayah Kabupaten Simalungun hanya Rp 30 Miliar. 

Sebelumnya setiap tahun alokasi anggaran untuk jalan provinsi di Simalungun mencapai Rp 80 Miliar. Namun akibat dampak pandemic Covid-19, alokasi anggaran dialihkan Rp 50 Miliar.

Staf UPTJJ Siantar Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut, S Nainggolan saat mendampingi Anggota DPRD Sumut Dapil X (Siantar-Simalungun) Saut Bangkit Purba meninjau jalan longsor  dan rusak di Kabupaten Simalungun, Sabtu (23/1/2021) lalu mengatakan, kendala utama penanganan jalan provinsi di wilayah Kabupaten Simalungun sepanjang 210 Km adalah minimnya ketersediaan dana.

“Seperti jalan longsor yang ditinjau di Sondi Raya sudah diusulkan penanganannya sejak tahun 2019 lalu. Bahkan setiap tahun terus menerus diusulkan. Namun karena minimnya dana, apalagi dengan adanya pandemi covid-19 mengakibatkan dana banyak digunakan untuk penanganann covid-19,” ujar S Nainggolan.

Menurut S Nainggolan, biasanya alokasi anggaran perbaikan jalan provinsi di Kabupaten Simalungun setiap tahun berkisar Rp 80 M. Namun pada APBD 2021 Provinsi Sumut biaya penanganan jalan provinsi di Kabupaten Simalungun hanya berkisar Rp 30 M.


“Dengan anggaran tahun 2021 yang hanya berkisar Rp 30 M, sehingga sangat minim ruas jalan provinsi di Simalungun yang bisa tertangani,” kata S Nainggolan.

Sementara itu Bangkit Purba meninjau titik lokasi jalan longsor dan rusak yang berstatus jalan provinsi di  Sondi Raya – Raya Kahean yang masih masuk wilayah Nagori Sondi Raya. Pada lokasi ini dua titik jalan longsor yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Kemudian Saut Bangkit Purba meninjau jalan rusak ruas jalan Medan Pematangsiantar Km 168 berlokasi di Nagori Raya Usang Kecamatan Raya. Kondisi jalan ini juga sudah sangat memprihatinkan.

Saut Bangkit Purba juga berharap walaupun anggarannya minim, diharapkan ruas jalan di Kabupaten Simalungun yang benar-benar membutuhkan penanganan yang segera karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan kiranya bisa segera ditangani.

Dia juga meminta Dinas PUPR Provinsi Sumut  memberikan perhatian dan fokus terhadap kondisi jalan provinsi di wilayah Simalungun secara keseluruhan. Gubernur Sumatera Utara juga diharapnkan untuk memberikan perhatian khusus terhadap ruas jalan provinsi yang berada di Kabupaten Simalungun yang kondisinya kupak kapik. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.