. Sang “Maestro Simalungun” Triadil Saragih Apresiasi Dirjen Kebudayaan RI Dengan Hiou Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , , , , , , » Sang “Maestro Simalungun” Triadil Saragih Apresiasi Dirjen Kebudayaan RI Dengan Hiou Simalungun

Sang “Maestro Simalungun” Triadil Saragih Apresiasi Dirjen Kebudayaan RI Dengan Hiou Simalungun

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 10 February 2021 | 19:27

Triadil Saragih Jadi Penghubung Pemkab Simalungun

Triadil Saragih (kiri) saat menyematkan Hiou Simalungun kepada Hilmar Farid,Ph.D.(Istimewa)


Jakarta, BS- Triadil Saragih SPd, MSn, salah satu “Simalungun youth Motivator” bagi kaum milenial Simalungun mengapresiasi Dirjen Kebudayaan RI Hilmar Farid,Ph.D dengan menyematkan Hiou Simalungun. S Triadil Saragih, M.Sn yang merupakan Alumni Pascasarjana IKJ sengaja menemui Dirjen Kebudayaan RI Hilmar Farid,Ph.D di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Rabun (10/2/2021).

Triadil Saragih, sosok pemuda Simalungun yang sangat mencintai kesenian Simalungun dan selalu berjuang untuk terus mengangkat dan memperkenalkan kesenian Simalungun dikencah Nasional maupun Internasional ini mengatakan, milenial berbudaya sangat mengapresiasi pemerintahan Presiden Joko Widodo karena sudah menempatkan Hilmard Farid sebagai Dirjen Kebudayaan Republik Indonesia.

S Triadil Saragih, MSn yang merupakan Alumni Pascasarjana IKJ, Ketua Seni Budaya DPP HMSI, Crew Komunitas Patunggung Simalungun ini menambahkan, dengan hadirnya Hilmar Farid di Direktorat Kebudayaan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, para kaum milenial sangat optimis budaya bangsa tidak akan hilang digerus zaman.


“Karena para milenial sangat mudah berkomunikasi dengan orang nomor satu di direktorat kebudayaan ini. Diera digital sudah seharusnya pemerintah mengikutsertakan para milenial untuk menyelamatkan budaya Indonesia,” ujar Triadil yang sukses meluncuran Buku "Milenial Berbudaya" (Triadil dan Alat-Alat Musik Simalungun) beberapa waktu lalu.

Triadil Saragih bersyukur bisa terus menjalin komunikasi langsung dan menjalin kerja sama dengan direktorat kebudayaan untuk menyelamatkan budaya bangsa khususnya budaya Simalungun.
Triadil Saragih SPd, MSn dan Hilmar Farid,Ph.D .(Istimewa)

“Saya secara pribadi dan atas nama kaum muda Simalungun mengapresiasi dirjen kebudayaan dengan memberikan Buku “Milenial Berbudaya” dan  Hiou Simalungun atau di Simalungun sering disebut Hiou Pamotting di Kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Saya berharap Hiou Simalungun ini menjadi pengerat persaudaraan dan kerja sama yang baik antara Pemerintahan Pusat dan Pemerintahan Daerah Simalungun. Saya juga menyampaikan kepada Dirjen agar setiap ada program dari Pusat, pelaku pelaku seni Simalungun dilibatkan, baik di daerah maupun di Pusat,” terang Triadil Saragih saat menyematkan Hiou Simalungun kepada Hilmar Farid,Ph.D .

Sementara itu Hilmar Farid,Ph.D meminta Triadil Saragih untuk mengajak Kepala Daerah Simalungun untuk bertemu dengan Dirjen Kebudayaan RI untuk membuat program-program yang menarik dalam mengangkat Seni Budaya Simalungun.

“Nanti kalau kamu balik ke Simalungun, bawa kepala daerahmu berjumpa dengan kita ya. Agar kita buat program yang menarik untuk mengangkat kesenian Simalungun lebih lagi,” ujar Hilmar Farid.

“Saya berharap kamu Triadil Saragih nanti menjadi penghubung kita kepada pemerintahan daerah Simalungun untuk mendukung program - program budaya di Pemerintahan Simalungun,” ujar Hilmar Farid sambil mengajak Triadil Saragih berfoto bersama.(Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

Mengucapkan

Mengucapkan
Selamat Natal 25 Desember 2020

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.