. Langkah Safari Politik Yan Santoso Purba Menuju Kursi Wakil Wali Kota Pematangsiantar Semakin Nyata | BeritaSimalungun
Home » , , » Langkah Safari Politik Yan Santoso Purba Menuju Kursi Wakil Wali Kota Pematangsiantar Semakin Nyata

Langkah Safari Politik Yan Santoso Purba Menuju Kursi Wakil Wali Kota Pematangsiantar Semakin Nyata

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 30 March 2021 | 13:10

Langkah Safari Politik Yan Santoso Purba Menuju Kursi Wakil Wali Kota Pematangsiantar Semakin Nyata.(Istimewa)

Pematangsiantar, BS-
Gerakan safari politik Yan Santoso Purba untuk menuju kursi wakil wali kota Pematangsiantar semakin nyata. Kini Yan Santoso Purba bakal menelikung Sondi Silalahi ST, putra sulung Almarhum Ir Asner Silalahi MT untuk meraih dukungan dari PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Demokrat, Hanura, NasDem dan PKPIsebagai parpol pengusung Paslon Ir Asner Silalahi MT- dr Susanti Dewayani SpA pada Pilkada Pematangsiantar 9 Desember 2020.

Paska meninggalnya Ir Asener Silalahi MT pada Rabu 13 Januari 2021, Yan Santoso Purba gencar melakukan safari politik guna menuju kursi wakil walikota Pematangsiantar. Kini setidaknya Yan Santoso Purba sudah mendaftar ke PDIP, Golkar, Gerindra dan NasDem.

Sebelumnya Sondi Silalahi ST, juga mendatangi Kantor DPC PDIP Kota Pematangsiantar di Jalan Ricardo Siahaan, Kecamatan Siantar Selatan, Jumat pagi (19/3/2021) guna mendaftarkan diri sebagai Calon Wakil Walikota Pematangsiantar, menggantikan dr Susanti Dewayani SpA yang kini jadi Wali Kota Pematangsiantar terpilih menggantikan Almahum Ir Asner Silalahi MT.


Kini Yan Santoso Purba dan Sondi Silalahi harus melobi delapan partai politik yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Demokrat, Hanura, NasDem dan PKPI agar mereka dicalonkan sebagai wakil wali kota Pematangsiantar ke DPRD Kota Pematangsiantar untuk dipilih. 

Robin Ginting, Pengamat Sosial Masyarakat kepada wartawan, Senin (30/3/2021) mengatakan, Yan Santoso Purba mantan ASN Departemen Keuangan memiliki pengalaman yang cukup sehingga kompeten jadi Wakil Walikota Siantar mendampingi dr Susanti Dewayani.

Dikatakan, Yan Santoso Purba memiliki pengalaman sebagai pemimpin karena sesuai bio datanya Yan Santoso Purba selama karirnya berkali-kali menjabat kepala. 

Dalam profile Yan Santoso Purba, dia pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Penerimaan dan Keberatan KPP Medan Kota, Kepala Seksi PPh OP KPP Jakarta Kebayoran Satu, Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi KPP Jakarta Kebayoran Lama, Kepala Seksi Pemeriksaan KPP Pratama MedanTimur Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat, Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat dan terakhir Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Binjai.

“Pengalaman berkali-kali menjadi kepala bisa menjadi bukti bahwa Yan Santoso Purba memiliki kualitas kepemimpinan yang baik. Itulah modal utamanya menjadi Wakil Walikota Pematangsiantar,”  ujar Robin Ginting.

Robin Ginting juga berharap kepada 8 Parpol pengusung Paslon Asner-Susanti agar mengajukan calon Wakil Walikota Pematangsiantar yang memiliki kompetensi yang baik untuk mendampingi dr Susanti Dewayani menjadi Wakil Walikota Pemetangsiantar kedepan.

Sebelumnya Ketua Dewan Pimpinan Pusat Usaha Penyelamatan Asset Simalungun (DPP-UPAS) Januarison Saragih SH MH mengatakan, Yan Santoso Purba sangat layak mendampingi dr Susanti Dewayani untuk menjadi Wakil Walikota Pematangsiantar.

Menurutnya, dari segi kompetensi Yan Santoso Purba sangat layak menjadi Wakil Walikota Siantar mengingat pengalamannya selama ini menjadi ASN di Departemen Keuangan RI.

Kata Januarison Saragih, Kota Pematangsiantar membutuhkan pemimpin yang paham dan menguasai bidang pemerintahan, utamanya dalam hal pengelolaan keuangan agar pembangunan kota “Sapangambei Manoktok Hitei” bisa semakin baik.

“Selama ini Yan Santoso Purba berkiprah di Departemen Keuangan RI tentulah labih paham dan mengusai betul bagaimana pengelolan keuangan Negara. Saya berharap agar 8 parpol pengusung Asner -Susanti (PASTI) yang memiliki hak mengajukan Calon Wakil Walikota Siantar menjadikan kompetesi sebagai acuan utama,” kata Januarison Saragih.

Ditambahkan, pertimbangan kompetensi para Bakal Calon (Balon) Wakil Walikota Siantar hendaknya benar-benar diteliti sebelum menentukan Calon Wakil Walikota Pematangsiantar.

Sementara itu Togi Siregar Ketua Bappilu PDI Perjuangan Pematangsiantar kepada wartawan mengatakan hingga Kamis pecan lalu, sudah lima Balon Wakil Walikota Pematangsiantar  yang mendaftar ke DPC-PDI Perjuangan yakni Yan Santoso Purba, Sondi Silalahi, Mangatas Silalahi, Binsar Situmorang dan Astrounot Nainggolan.

DPC-PDI Perjuangan Siantar akan melakukan penjaringan atau penseleksian secara internal sebelum menentukan dua nama Calon Wakil Walikota Pematangsiantar yang akan diajukan ke DPP PDI Perjuangan.

Yan Santoso Purba Mendaftar

Seperti diketahui, Yan Santoso Purba didampingi Istri Artha Berliana Samosir dan putrinya Putri Purba dan rombongan mendatangi Kantor DPC-Partai Demokrat Siantar guna mengantarkan berkas permohonan menjadi Wakil Walikota Siantar, Sabtu (27/3/2021).

Yan Santoso Purba dan rombongan diterima Sekjend Ilhamsyah Sinaga didampingi Landon Malau, Metro Hutagaol, Gundian, Rudolf Hutabarat, Ely.

Pada kesempatan tersebut Ilhamsyah Sinaga mengucapkan selamat datang merasa bangga dengan kedatangan Yan Santoso Purba.

Selanjutnya Ketua BPOKK Rudolf Hutabarat minta maaf Ketua Demokrat Siantar Togar Sitorus tidak bisa hadir, Partai Demokrat terbuka siapapun yang datang untuk mendaftarkan berkas akan diterima dengan terbuka.

Yan Santoso Purba mengatakan bahwa kehadirannya kesini adalah untuk memohon kepada Partai Demokrat untuk dijadikan Calon Wakil Walikota.

“Selama ini saya memang tidak tinggal di Siantar. Tapi sejak dulu selalu saya datang ke Siantar dan menyaksikan Siantar yang sudah indah. Akan tetapi bagaimana agar bisa lebih indah lagi butuh perjuangan bersama,” kata Yan Santoso Purba.

Yan Santoso Purba berharapan Partai Demokrat memberikan dukungan untuk jadi wakil walikota Siantar agar bisa bekerjasama untuk membangun Siantar karena kunci suksesnya sebuah pekerjaan adalah kerja sama.

Yan Santoso Purba didampingi Istri Artha Berliana br Samosir, putrinya Putri Purba dan rombongan juga mendatangi Kantor Partai Gerindra Siantar guna mengantarkan lamaran untuk menjadi Bakal Calon Wakil Walikota Siantar Sabtu (27/3/2021).

Kedatangan Yan Santoso Purba dan rombongan disambut Ketua Netty Sianturi SM, Sekretaris H Misran, Ketua OKK Henri Dunan Sinaga, H. Irwan Siantar, Bintar Saragih anggota DPRD Siantar, Hotmaulina Malau.

Yan Santoso Purba mengatakan bahwa tujuan kedatangannya adalah untuk melamar menjadi Wakil Walikota Siantar. Yan Santoso Purba berharap dirinya berharap dapat didukung DPC-Gerinda Siantar karena dukungan Gerindra sangat potensial tanpa Gerindra tidak akan bisa terwujud.

Netty Sianturi sangat mengapresiasi kedatangan Yan Santoso Purba dan rombongan. “Saya sangat senang dengan kedatangan Yan Santoso Purba, yang saya tahu sudah empat kaki kali menjadi Kepala Cabang Kantor Pajak. Saya yakin Yan Santoso Purba ingin membangun kota Siantar,” ujar Netty Sianturi.

Sementara Ketua OKK Partai Gerindra Siantar Henry  Dunand  Sinaga mengatakan pihaknya menerima semua yang datang melamar ke Partai Gerindra kiranya komunikasi politik semakin ditingkatkan.

Kemudian Yan Santoso Purba juga mengantarkan permohonan untuk menjadi balon  Wakil Walikota Siantar ke Partai Nasdem Pematangsiantar, Sabtu (27/3/2021).

Kedatangan Yan Santoso Purba yang didampingi Istri Artha Berliana Samosir disambut ketua Nasdem Siantar Frans Herbert Siahaan Sekretaris Fernando Sitorus serta anggota DPRD Siantar dari Partai Nasdem Frenky Boy Saragih, Tongam Pangaribuan, Jani Apohman Saragih.

Frans Herbert Siahaan mengatakan Partai Nasdem dengan tangan terbuka menerima kedatangan Yan Santoso Purba. “Selamat datang dengan terbuka Partai Nasdem menerima kedatangan Yan Santoso Purba dan rombongan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Yan Santoso Purba mengutarakan keinginannya untuk berbuat bagaimana agar Kota Siantar bisa lebih baik lagi. “Bukan berarti saya mengatakan bahwa selama ini Siantar tidak baik tapi bagaimana agar lebih baik lagi kedepannya,” ujar Yan Santoso Purba.

Cerita Yan Santoso Purba, bahwa selama ini dirinya selalu datang ke Siantar dan pingin bertugas di Siantar tetapi oleh Pimpinan hanya pernah bertugas di Medan sebagai Kepala Kantor Pajak Pratama.

Pada Kesempatan tersebut Yan Santoso Purba mohon dukungan dari teman-teman Partai Nasdem untuk didukung menjadi Calon Wakil Walikota Siantar. Selanjutnya Yan Santoso Purba juga memohon bantuan dan dukungan Nasdem untuk didukung menjadi Wakil Walikota Siantar.

Sementara itu Fernando Sitorus mengatakan Partai Nasdem adalah salah satu Partai Pengusung Paslon Asner Silalahi Susanti Dewayani.

Ditegaskan Fernando Sitorus Partai Nasdem tidak membuka pendaftaran tapi, Partai Nasdem membuka pintu bagi siapapun yang secara pribadi ingin mencalonkan wakil walikota, Nasdem terbuka.

“Partai Nasdem menyambut siapapun yang mengantarkan Permohonan Pelamaran Pribadi agar namannya dapat diajukan sebagai Calon Wakil Walikota Siantar sebagai pelaksanaan undang-undang Pilkada,” ujar Fernando Sitorus.

Ketua Bappilu Partai Nasdem Frenky Boy Saragih mengungkapkan apresiasinya atas kehadiran Yan Santoso Purba dan rombongan karena Yan Santoso Purba adalah yang orang kedua yang datang bermohon ke Partai Nasdem Siantar. (Asenk Lee Saragih) 
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.