. “Solusi Cantik” Pdt Franky Doris Malau, STh Mengobarkan Semangat Pekabaran Injil di Tengah Pandemi Covid-19 | BeritaSimalungun
Home » , , » “Solusi Cantik” Pdt Franky Doris Malau, STh Mengobarkan Semangat Pekabaran Injil di Tengah Pandemi Covid-19

“Solusi Cantik” Pdt Franky Doris Malau, STh Mengobarkan Semangat Pekabaran Injil di Tengah Pandemi Covid-19

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 3 March 2021 | 14:18

Pdt Franky Doris Malau STh-Ibadah Pesta Olobolob Pagi di GKPS Jambi Minggu 20 Sept 2020-Foto Asenk Lee Saragih

Jambi, BS
–Pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan ekonomi, sosial dan kegiatan kemasyarakatan sejak pertengahan Maret 2020 hingga Maret 2021 ini cukup banyak berimbas terhadap kegiatan keagamaan, termasuk di lingkungan gereja – gereja di Indonesia. Pembatasan kegiatan berkerumun dan berkunjung selama pandemi membuat kegiatan-kegiatan gereja banyak yang lumpuh. Warga jemaat terpaksa beribadah di rumah karena tidak bisa berkumpul di gereja. Kondisi tersebut cukup berpengaruh terhadap lesunya semangat bersekutu, bersaksi dan melayani di tengah gereja.

Dampak pandemi terhadap penurunan kegiatan gerejawi tersebut juga terjadi di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Jambi. Berbagai kegiatan kerohanian dan pelayanan di tengah warga jemaat GKPS Resort Jambi terhenti karena peribadahan dibatasi.  Hal tersebut membuat semangat pelayanan di tengah jemaat juga terasa lesu.

Terbatasanya pelaksanaan kegiatan kegamaan di GKPS Resort Jambi tersebut juga menyebabkan terjadinya penurunan aspek finansial (keuangan) gereja. Ketersediaan kas dan pendapatan gereja relatif menurun akibat pembatasan berbagai kegiatan gereja. Sementara kebutuhan finansial untuk pelayanan di GKPS Resort Jambi cukup besar.

“Solusi Cantik”

Menyikapi penurunan semangat pelayanan dan kelesuan ekonomi warga jemaat tersebut, Pendeta (Pdt) Franky Doris Morinata Malau, STh hadir membangkitkan semangat pelayanan di tengah GKPS Resort Jambi. Pendeta muda GKPS yang mulai bertugas di GKPS Resort Jambi, Minggu (19/01/2020) tersebut berupaya memberikan “solusi cantik” alias terobosan dengan menggalang potensi-potensi di GKPS Resort Jambi untuk mengatasi kendronya semangat pelayanan dan sulitnya keuangan gereja.

Bertepatan dengan Pesta Olob-olob (sukacita) 117 Tahun Injil di Simalungun tingkat GKPS Resort Jambi, Pdt Franky Doris Malau, STh yang lahir di Huta Tongah, Tigarunggu, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), 11 September 1987 ini berkolaborasi dengan para seniman berbakat GKPS Resort Jambi menggelar pentas seni di tengah pandemi.

Berkiprah di balik layar, Pdt Franky Doris Malau, STh membangkitkan kehadiran grup band GKPS Resort Jambi, Jestoya Band dan mendukung pergelaran pentas musik Simalungun secara online/virtual (live treaming). Kesetiaan Pdt Franky Doris Malau, STh  mendampingi latihan-latihan Jestoya Band hampir dua bulan mengantarkan grup band GKPS Resort Jambi tersebut bisa tampil memukau pada malam dana Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, Sabtu (13/9/2020).

Kemudian Jestoya Band juga sukses menyemarakkan Ibadah Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi di GKPS Jambi, Minggu (20/09/2020). Puncaknya, Jestoya Band tampil memukau pada Live Streaming Marsombuh Sihol (Melepas Rindu) Semalam di Simalungun GKPS Resort Jambi, Sabtu (19/2/2021) malam.

Membuahkan Hasil

Dukungan dan motivasi pelayanan yang disemaikan Pdt Franky Doris Malau, STh pada Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi tersebut membuahkan hasil. Berkat persembahan warga jemaat, donatur GKPS di Jambi dan dari luar Jambi, penggalangan dana pada malam dana dan Live Streaming Marsombuh Sihol Semalam di Simalungun tersebut berhasil mengatasi kesulitan dana kas GKPS Resort Jambi.
Pdt Franky Doris Malau, STh  memberikan kata sambutan pada acara Live Streaming Doding Simalungun GKPS Resort Jambi-Sabtu 19 Sept 2020-Foto Ezer Twopama Manihuruk.


Pdt Franky Doris Malau, STh yang lulus Sekolah Tinggi Theologia (STT) Abdi Sabda Medan, Sumut ini mengakui, menggalang kebersamaan jemaat dan para pelayan gereja pada pelayanan gereja di tengah pandemi cukup sulit. Masalahnya kegiatan berkumpul dan berkerumun dikurangi secara drastis. Terbatasnya kegiatan peribadahan secara tatap muka di gereja dan besarnya dampak ekonomi pandemi Covid-19 terhadap warga jemaat membuat gereja mengalami banyak kesulitan menghadapi krisis keuangan.

“Namun kita tidak bisa menyerah menghadapi situasi tersebut. Melalui kreativitas dan kebersamaan, situasi sulit tersebut pasti bisa diatasi.  Buktinya melalui malam dana dan pentas hiburan virtual (live streaming) Olob-olob GKPS Jambi September 2020, kita tetap bisa memberikan suka cita bagi warga jemaat sekaligus menggalang dana keperluan pelayanan. Kemudian kegiatan seni budaya Simalungun juga bisa tetap kita lestarikan melalui pentas musi dan seni tersebut kendati tidak mendatangkan artis,”kata putra pertama seorang penginjil wanita GKPS ini.

Peduli Kasih

Gebrakan Pdt Franky Doris Malau, STh membangkitkan semangat pelayanan di tengah pandemi tidak berhenti hanya pada Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi. Bertepatan dengan perayaan Natal Desember 2020, Pdt Franky Doris Malau, STh yang ditahbiskan menjadi Pendeta Fulltimer GKPS tahun Desember 2019 juga mengagas pentas musik virtual (live  streaming) lagu-lagu rohani Simalungun bersama Pemuda (Namaposo) GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi.

Live streaming pentas musik dan lagu rohani Simalungun bersama Namaposo GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, Rabu (23/12/2020) malam tersebut digelar dalam rangka menggalang dana peduli kasih untuk Panti Asuhan Bumi Keselamatan Margaritha (BKM) GKPS, Jalan Silau Malaha Simalungun, Sumut.

“Penggalangan dana aksi peduli kasih Namaposo GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi  tersebut cukup mendapat respon dari warga GKPS di berbagai daerah. Hal itu terbukti dari bantuan yang diberikan warga jemaat di luar GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi. Warga jemaat GKPS Salemba, GKPS Bandung dan berbagai warga GKPS di Sumatera Utara dan daerah lain juga turut memberikan sumbangan,”katanya.

Pdt Franky Doris Malau, STh mengatakan, dirinya turut hadir pada aksi peduli kasih Namaposo Pemuda GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi ke Panti Karya BKM Pematangsiantar, akhir Desember 2020. Pada kesemapatn tersebut anak-anak asuh dan seluruh pengasuh antusias menerima bantuan dan kehadiran Namaposo GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi.

“Kami menggelar aksi peduli kasih tersebut karena melihat kondisi sosial ekonomi di Panti Karya BKM GKPS juga mengalami kesulitan di tengah pandemi. Jadi kami berupaya mengetuk hatisanubari warga jemaat GKPS dimana pun berada untuk memperhatikan kesulitan Panti Karya BKM GKPS Pematangsiantar. Selain itu aksi peduli kasih ini juga kami gelar untuk membangun semangat kepedulian sosial dan pelayan di kalangan Namaposo GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi,”katanya.

Tugas Berat

Pdt Franky Doris Malau, STh mengatakan, satu lagi tugas berat pelayanan GKPS Resort Jambi yang turut membebani pikirannya, yaitu pembangunan Gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi. Gedung gereja GKPS Tanah Kanaan yang berada di pinggiran Kota Jambi tersebut mendesak dibangun karena sudah mendapat izin dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi. Jika tidak segera dibangun, dikhawatirkan izin gereja bisa ditinjau ulang. Karena itu Gedung Gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi diupayakan dibangun tahun ini.

Pdt Franky Doris Malau, STh memberikan saran kepada Pimpinan Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi agar berani melakukan terobosan memprogramkan pembangunan gereja tersebut tahun ini.

“Memang pembangunan gereja tersebut sulit karena masih situasi pandemi Covid-19. Namun saya sarankan, Panitia Pesta Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi perlu melibatkan GKPS dari tingkat pusat hingga ke jemaat-jemaat di Indonesia ini. Saran saya tersebut bisa diterima,”ujar pendeta berpenampilan low profil (kalem) tersebut.

Menurut Pdt Franky Doris Malau, STh yang masih lajang ini, Pesta Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi tersebut pun akhirnya jadi dilaksanakan dengan melibatkan warga GKPS se-Distrik VI dan se-GKPS. Pada pembentukan Panitia Pesta Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi tahun lalu, Bapak Radiapoh Sinaga, SH ditunjuk sebagai Ketua Umum. Bapak Radiapoh Sinaga, SH ditunjuk menjadi panitia dari unsur GKPS Distrik VI sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 digelar.

“Kalau tidak ada aral melintang, pesta pembangunan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi tersebut pun sudah siap digelar 1 – 2 Mei 2021. Bapak Radiapoh Sinaga, SH yang terpilih menjadi Bupati Simalungun 2021 – 2024 sudah datang dan bertemu langsung dengan PHMJ GKPS Tanah Kanaan dan Panitia Pesta Pembangunan GKPS Tanah Kanaan. Bapak Radiapoh Sinaga, SH mengatakan siap mendukung pembangunan gereja di Kota Jambi tersebut,”katanya.

Pdt Franky Doris Malau, STh berharap, Pesta Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi nanti bisa berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari segenap warga jemaat GKPS di seluruh Indonesia. Melalui kebersamaan dan kepedulian seluruh warga GKPS di berbagai daerah di Indonesia, GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi yang hanya memiliki warga jemaat 86 kepala keluarga (KK) bisa terbantu memiliki gereja yang layak untuk beribadah.

Kehadiran Pdt Franky Doris Malau, STh tentunya masih sangat dibutuhkan memberikan semangat dan solusi – solusi cantik kepada warga jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi yang kini berjuang menggalang dana pembangunan gereja hingga miliaran rupiah tersebut. Seperti tekad Bupati Simalungun terpilih, Radiapoh Sinaga, SH ketika beribadah di GKPS Jambi, Minggu (24/01/2021), warga Jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi diharapkan sudah bisa merayakan Natal Desember 2021 di gereja yang baru nanti.

Melihat tekad bersama dan besarnya harapan warga jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi mewujudkan pembangunan gereja dari papan menjadi gedung tersebut, tentunya kiprah Pdt Franky Doris Malau, STh tetap dibutuhkan. Kepiawaian Pdt Franky Doris Malau, STh memotivasi warga jemaat GKPS Resort Jambi menyukseskan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi dan Aksi Kasih Namaposo GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi 2020 diharapkan juga bisa tetap terasa hingga suksesnya Pembangunan gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi 1 – 2 Mei 2021. (St Radesman Saragih, S.Sos)
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.