. Vivi Renita Sari, Putri dari Siti Rusmini Damanik Membutuhan Bantuan Mesin Jahit | BeritaSimalungun
Home » , , , » Vivi Renita Sari, Putri dari Siti Rusmini Damanik Membutuhan Bantuan Mesin Jahit

Vivi Renita Sari, Putri dari Siti Rusmini Damanik Membutuhan Bantuan Mesin Jahit

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 16 March 2021 | 10:31

Korban Kebakaran Ruko di Kampar, Riau

Siti Rusmian Damanik yang juga  single parent membesarkan 2 anak (Vivi dan Zimmi) saat menerima donasi “HDBPS Peduli”. (Dok BS)


Kampar, BS-Kisah korban kebakaran 52 unit rumah toko (ruko) di Desa Kijang Jaya, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Selasa (9/3/2021) lalu meninggalkan kisah perjuangan hidup. Salah satu yang sangat terpukul adalah Vivi Renita Sari, mahasiswi semester  3  yang kini berusia 21 tahun. Sembari kuliah, ternyata Vivi Renita Sari juga membuka usaha sebagai tukang jahit professional.

Namun kini Vivi Renita Sari harus tinggal di tenda pengungsian dan berhenti menjahit. Pasalnya Ruko ibundanya Siti Rusmian Damanik yang juga  single parent membesarkan 2 anak (Vivi dan Zimmi), sudah rata dengan tanah akibat peristiwa kebakaran Selasa pekan lalu.

Inang  Valentina Br Damanik, Penasehat Perkumpulan Hasadoan Damanik Boru Panogolan Sedunia  (HDBPS) menceritakan kisah keluarga Siti Rusmini Br Damanik kepada Penulis, Selasa (16/3/2021).


Selain keperluan mendesak untuk anak Siti Rusmini Damanik adalah Android dan laptop untuk kuliah anaknya. Karena hp dan laptop untuk daring terbakar semua. Sebab malam itu Siti dengan borunya keluar ada urusan sebentar, sedangkan anaknya yang laki-laki Zimmi (18 tahun) bermain di halaman rumah.

“Anak ku yang perempuan ini  sampai sekarang masih shok dan sangat terpukul. Dia  sangat terpukul berat, dia diam aja terus. Karena Vivi Renita Sari seorang pelaku UMKM berbakat sembari kuliah. Dia    berdagang dan sekakigus seorang menjahit pakaian  yang  sudah ada surat ijinny dari pihak dinas Kampar, Riau,” cerita Siti Rusmini Damanik.

“Vivi Renita Sari seorang penjahit baju yang sangat lumayan bagus. Baik buat kalangan yang diatas harga lima ratus ribu rupiah sampai dua jutaan, bahkan lebih. Buat  harga baju yang  mau dijahit dan  yang mau dijual,” tambahnya.

Siti Rusmini Damanik juga menceritakan, Putrinya Vivi Renita Sari juga menjual pakaian  bakal pakaian serta assosoris pakaian  wanita dan  alat-alat kecantikan wanita dan bedak-bedak. Putrinya punya  usaha yang cukup lumayan lengkap.

“Di dalam toko kami yang terbakar itu, punya banyak peralatan lengkap segala mesin jahit. Seperti mesin obras, mesin gulung, mesin jahit biasa ada lima dan ada beberapa mesin jahit yang  sudah pakai  dynamo. Karena ada teman-temannya Putri saya yang belajar menjahit sekalian jadi anggotanya dia. Juga ada banyak seteleng- seteleng kaca- kaca buat jualan  assosoris, dan peralatan kecantikan wanita, bedak bedak dan wangi-wangian nya ikut terbakar,” tutur Siti Rusmini Damanik.

“Ada banyak  segala patung-patung  baju yang pendek dan yang panjang juga bakal-bakal baju wanita  yang cukup bagus-bagus terbuat dari bahan borkat dan bahan-bahan pakaian buat baju-baju dinas kantoran seperti baju bentuk sapari juga hangus terbakar semua,” kata Siti R Damanik.

Katanya, segala  bentuk kancing baju, segala bentuk warna benang dan sekalian menjual segala bentuk kancing baju dan menjual bahan bakal untuk dalalam baju yang  mau dijahit  yaitu kuring baju, segala  bentuk gunting  baju, segala bentuk rol dan lain lain ludes semua terbakar.

“Putri saya Vivi Renita Sari seorang  anak gadis  yang sangat pekerja keras. Pengusaha yang tidak mengenal capek. Dia cantik dan pintar. Tapi karena musibah ini semuanya usahanya Vivi sudah habis di lalap api. Dia jadi shok dan sangat terpukul berat atas kejadian kebakaran ini,” ucapnya.

Siti Rusmini Damanik juga menceritakan dampak yang dihadapi putranya atas musibah kebakaran ruko tempat usaha dan tinggal mereka.

“Anak saya yang laki-laki ini juga sangat terpukul berat. Karena dia juga pengusaha yang sudah ada ijin usahanya dari pihak dinas Kampar, seperti jualan segala macam rokok, minuman-minuman kaleng seperti lasegar dan kratindeng, M150, Susu Beruang dan Susu Soya. Juga segala macam minuman kaleng lainya seperti sprite, fanta, Aqua yang berada di dalam ruko itu  juga,” ujarnya.

“Anak saya Zimmi adalah seorang anak yang baikan dan rajin. Dia adalah anak yang pintar dan pekerja keras  yang tidak kenal capek. Dia  bekerja jualan  buat nambah uang kuliahnya dan kebutuhan yang lain lain  buat mengurangi beban saya. Tetapi semuanya itu sudah habis di lalap api,” kata Siti R Damanik penuh beban.

Sementara itu Valentina Br Damanik mengatakan, tatapan kosong Siti Rusmini Damanik masih tampak  kini. Putrinya Vivi Renita Sari seorang penjahit yang unggul dan juga guru penjahit. Selain itu Vivi Renita Sari juga sudah membuka lapangan pekerjaan kepad temannya.

“Wow bordam luar biasa mendidik boru kita. Ternyata biarpun Siti Rusmini Damanik single parent, mempunyai anak gadis yang brilliant, bisa kuliah, bisa menjahit, bisa bisnis, bisa jadi guru menjahit. Bisa buka lapangan pekerjaan menjahit. Bisa bersosialisasi dengan berbagai kalangan hingga jahitannya terkenal. Wow keren Vivi boru kita. Vivi sekarang sock benar dan terdiam seribu bahasa. Kita berdoa agar Tuhan memberikan pertolongan dan membuka hati para dermawan untuk membantu permodalan,” ujar Valentina Damanik.

“Ya Tuhan tolonglah Vivi boru kami ini. Bukalah jalan yang baru untuk kami tempuh dari musibah yang menimpa ruku jahitan Vivi dan Zimmiy, putra putri dari Siti Rusmini Damanik. Kepada Presiden Jokowilah harusnya sampai keprihatinan Vivi dan adeknya dan ibunya ini. Biar bisa dibantu usahanya Vivi itu. Vivi dan Zimmi anak yang cerdas dan tangkas menata hidupnya. Tau diri keduanya dibimbing oleh seorang ibu yang ditinggal pergi suami yang tak bertanggung jawab. Vivi bagai telur kupu-kupu, bermetamorfosis, tapi pas mau terbang, kupu kupu harus patah sayap. Kini Vivi butuh bantuan modal untuk memulai lagi usahanya agar kuliahynya bisa selesai,” terang Valentina Damanik.

Menurut Valentina Damanik, lewat tulisan ini pembaca bisa tergerak hatinya untuk membantu Vivi dan Zimmi dan ibunda mereka. Vivi dan adiknya Zimmi kini butuh mendasak laptop dan hp untuk daring kuliah. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.