. Lewat Hiburan Marsombuh Sihol, Harungguan Sinaga Se-Jabodetabek Menguatkan Anggota Dimasa Pandemi Covid-19 | BeritaSimalungun
Home » , , , , , , , » Lewat Hiburan Marsombuh Sihol, Harungguan Sinaga Se-Jabodetabek Menguatkan Anggota Dimasa Pandemi Covid-19

Lewat Hiburan Marsombuh Sihol, Harungguan Sinaga Se-Jabodetabek Menguatkan Anggota Dimasa Pandemi Covid-19

Written By Beritasimalungun on Thursday, 21 October 2021 | 21:39

Foto bersama DPP HSBP dengan Pengurus HSBP Wilayah Jabodetabek serta sebagian Pengurus-pengurus cabang dan panitia pada Acara “MARSOMBUH SIHOL & PATAPPEI SIHILAP” di Gedung Cut Nyak Dien dalam kawasan Buperta Cibubur, Rabu (20/10/2021).

Jakarta, BS-Ditengah pandemi Covid-19 ini, sudah hampir setahun, kegiatan terhenti, sehingga anggota kumpulan juga haus akan hiburan. Namun lewat “Hiburan Marsombuh Sihol”, Perkumpulan Harungguan Sinaga Boru Panogolan (HSBP) Se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mampu menghadapi dampak dari pandemi tersebut.

Bertepatan dengan hari libur Nasional pada Rabu 20 Oktober 2021, HSBP Se-Jabodetabek mengadakan acara besar dengan judul “MARSOMBUH SIHOL & PATAPPEI SIHILAP” di Gedung Cut Nyak Dien dalam kawasan Buperta Cibubur.

Tampak dari judu “Marsombuh Sihol” (melepas rindu-red), acara temu kangen sekaligus pelantikan Pengurus HSBP Se Jabodetabek Masa Bakti 2021-2026.

Tema acara yang tertulis dalam bentang spanduk di langit-langit acara, adalah “Hasadaon Na Marsanina, Boru, Panogolan, Patubuhkon Malas Ni Uhur” yang berarti kesatuan yang bersaudara menumbuhkan sukacita. Sementara Subtema berbunyi “Mangarahkon Haganup Anggota HSBP Ase Totap Marmalas Ni Uhur Agepe Mandompakhon Pandemi Covid- 19” yang artinya mengajak semua anggota HSBP agar tetap dalam suka cita walau sedang menghadapi pandemic Covid-19.

"Salut. Paling berani. Kumpulan marga yang pertama sekali mengadakan acara besar,” demikian Hotri Saragih pemain keyboard grup musik Simalungun De'Rapstar berkomentar dalam bahasa daerah Simalungun. HSBP kali pertama mengadakan acara besar dimasa pandemi diantara perkumpulan-perkumpulan marga Simalungun di Jabodetabek.

Dari tema dan subtema acara yang menyinggung tentang Covid-19, tampak bahwa ini bukan sekedar bersukaria. Bukan sekedar berkumpul untuk melepas rindu dan pelantikan pengurus.

“Tujuan kita bukan sekedar bertemu dan manortor. Dengan bertemu satu sama lain, membuat kita jadi lebih saling mengetahui keadaan antara satu sama lain. Dan karena itu, menjadi lebih saling memperhatikan. Apalagi pertemuan diadakan dalam acara “Marsombuh Sihol” yang riang gembira manortor bersama. Setiap kita akan menjadi semakin tegar dalam menghadapi kesulitan akibat pandemi ini. Itu harapan kita,” ujar Ketua Pengurus HSBP Wilayah Jabodetabek, St. Ir. Rijen Lamri Sinaga dalam rapat panitia terakhir pada hari Minggu, 17 Oktober 2021  yang diadakan di gedung kantor Sardo Group, terletak di perempatan jalan Salemba – Pramuka Jakarta.

"Untuk itu kita meminta kepada ketua panitia sanina Sintua Bagus Sinaga mengadakan aksi sosial kepada anggota yang sangat terdampak pandemic Covid-19 di cabang-cabang HSBP,” kata Rijen Lamri di sela-sela rapat, kepada yang menyediakan tempat rapat, St. Rudi Jaksin Sinaga yang adalah salah satu anggota Dewan Paratas Nabolon atau Dewan Penasehat HSBP.
Ketua Umum HSBP Bishop Prof. Dr. Poltak Sinaga, M.Si. memberi kata sambutan.

Patunggung Simalungun

Acara “MARSOMBUH SIHOL & PATAPPEI SIHILAP” Pengurus Wilayah HSBP Se Jabodetabek yang dilaksanakan di Gedung Cut Nyak Dien dalam kawasan Buperta Cibubur ini dihadiri pengurus HSBP Pusat di Pematangsiantar.

Pengurus HSBP Pusat yang hadir yakni Ketua Umum HSBP Bishop Prof. Dr. Poltak Sinaga, M.Si didampingi Ketua DPP HSBP Sarolim Sinaga beserta istri serta Sekretaris Umum HSBP St. Drs. Karmidin C Sinaga beserta istri.

Mereka datang untuk melakukan “Patappei Sihilap” (melantik) kepada 15 orang Pengurus HSBP Wilayah Jabodetabek. Sebanyak 15 pengurus itu adalah Ir. Rijen Lamri Sinaga menjabat sebagai Ketua, dr. Friens Pardearan Sinaga menjabat Wakil Ketua 1, Ir. Sonang Paruhuran Sinaga menjabat Wakil Ketua 2, Eston Sinaga menjabat Sekretaris.

Kemudian Gorga Sinaga menjabat Wakil Sekretaris, Ir. Jhon Hardman Sinaga menjabat Bendahara, Bagus Sinaga menjabat Wakil Bendahara, Rotuahman Sinaga sebagai Kordinator Bidang Adat dan Budaya dengan 3 orang anggota masing-masing Sarifuddin Sinaga, Jan Luberson Sinaga serta Ramauli Sinaga, Ir. Josri Onie Martuahalam Sinaga sebagai Kordinator Bidang Seni & Pemuda.

Sedangkan Sudirman Sinaga sebagai Kordinator Bidang Organisasi dan Keanggotaan dengan satu orang anggota Juniar Sinaga. Julvanal Dharmayanto Sinaga sebagai Kordinator Bidang Humas, Publikasi dan Multimedia, serta Wanmasdin Sinaga sebagai Kordinator Bidang Kewirausahaan.

Mengawali rangkaian prosesi “Patappei Sihilap”, Benjamin Sinaga, pembawa acara khusus sesi “Patappei Sihilap” dari pihak panitia, mengajak semua hadirin untuk mendengarkan lagu berjudul “Patunggung Simalungun” yang dibawakan sangat baik oleh Sitalasari Trio. Selanjutnya Benjamin Sinaga menyerahkan acara kepada Jansius Sinaga sebagai pembawa acara dari pihak DPP.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana, Jason Sinaga menyampaikan bahwa lagu “Patunggung Simalungun” tersebut sengaja dipilih untuk dinyanyikan mengawali prosesi “Patappei Sihilap” untuk lebih menggugah rasa persatuan dihati semua yang hadir. Sehingga baik yang di “Patappei Sihilap” maupun seluruh undangan terdorong untuk  ikut berperan melancarkan jalannya prosesi.

Acara “MARSOMBUH SIHOL & PATAPPEI SIHILAP” Pengurus Wilayah HSBP Se Jabodetabek juga direkam di Channel YouTube HSBP Jabodetabek. 

Sebelum menyerahkan jalannya prosesi “Patappei Sihilap” kepada “Panatang Atur” atau pemandu acara prosesi yakni Sekretaris Umum HSBP Drs. Karmidin Sinaga, Jansius Sinaga memperkenalkan 3 orang Dewan Paratas Na Bolon atau Dewan Penasehat HSBP yang ikut menyaksikan jalannya acara “Patappei Sihilap”. 

Mereka adalah Marthin Sinaga sebagai ketua beserta 2 orang anggota Dewan Paratas Na Bolon yakni Robert Sinaga dan Rudi Jaksin Sinaga yang masing-masing hadir didampingi istri.

Prosesi “Patappei Sihilap” diawali dengan acara “Maranggir” (membasuh badan dengan jeruk purut, tradisi Adat Simalungun) yang karena situasi, hanya diwakili oleh Ir. Rijen Lamri Sinaga beserta istri selaku Ketua HSBP Wilayah Jabodetabek. 

Prosesi “Maranggir” dilakukan dengan mengusapkan air yang diciduk dari mangkuk putih, ke wajah dan rambut. Setelah itu, keduanya meminum air dari mangkuk yang berbeda. Sebagaimana dikatakan dalam kesempatan yang sama oleh “Panatang Atur”, semua disesuaikan dengan situasi dalam pandemi Covid-19.

Namun dalam kesempatan itu juga Sekretaris Umum HSBP, Karmidin C Sinaga mengatakan bahwa prosesi “Patappei Sihilap” yang dilaksanakan tersebut sudah berdasarkan kajian pada sejarah “Patappei Sihilap” di masa lalu di Simalungun.

Usai “Maranggir”, selanjutnya Ketua Umum Poltak Sinaga memasangkan perangkat pakaian adat Simalungun kepada Ketua Wilayah Rijen Lamri Sinaga, yakni berupa “Hiou” yang dililitkan ke pinggang, “Hadang-hadangan” yang diselempangkan di bahu kanan. Kemudian pisau yang diselipkan di balik lilitan “Hiou” di depan perut, serta ikat pinggang yang terbuat dari perak. 

Demikian juga kepada istri, yang dilakukan oleh istri dari “Panatang Atur” dibantu istri dari Ketua Dewan Paratas Na Bolon Marthin Sinaga. Semua yang dikenakan tersebut dijelaskan maknanya satu persatu oleh “Panatang Atur”.

Setelah prosesi yang diwakili oleh pasangan Ketua Wilayah tersebut, acara dilanjutkan dengan “Patappei Sihilap”, yakni menyelipkan “Sihilap” ke “Gotong” dan “Bulang” dari setiap yang dilantik. 

Gotong adalah nama pakaian adat penutup kepala pria khas Simalungun yang terbuat dari batik. Sementara “Sihilap” adalah serangkaian tumbuhan antara lain beberapa lembar daun “Silanjuyang” ( sebagian mengatakan sihanjuang) serta bunga-bungaan. Salah satunya bunga pohon pinang serta bunga tumbuhan lain yang kurang jelas terlihat jenisnya. Namun semua disebut jenisnya termasuk penjelasan maknanya oleh “Panatang Atur”.

Usai menaruh “Sihilap”, dilanjutkan dengan “Mamirpiri”, yakni memercikkan air menggunakan serangkaian dedaunan, ke atas kepala yang di “Patappei Sihilap”. Ini dilakukan oleh Ketua DPP Sarolim Sinaga. 

Di belakangnya menyusul sang istri “Mamborastengeri”, yakni menaruh sejumput beras ke atas kepala yang di “Patappei Sihilap”. Pelaksanaan prosesi itu disaksikan dengan seksama oleh para Dewan Paratas Na Bolon yang berjalan mengiringi dari belakang mereka.

Usai “Patappei Sihilap” kepada pengurus wilayah, acara dilanjutkan dengan prosesi “Patappei Sihilap” yang dilakukan oleh  pengurus wilayah yang baru di “Patappei Sihilap”, kepada 15 pengurus cabang HSBP di wilayah Jabodetabek.

Juga kepada pengurus Namaposo Harungguan Sinaga Boru Panogolan disingkat NHSBP yang adalah perkumpulan dari para pemuda di lingkungan HSBP. Kelima belas cabang HSBP Jabodetabek itu adalah Cabang Ciledug, Cabang Depok, Cabang Bekasi, Cabang Cikarang, Cabang Tangerang, Cabang Pasar Kemis, Cabang Jakarta Barat, Cabang Jakarta Timur 1, Cabang Jakarta Timur 2, Cabang Jakarta Timur 3, Cabang Harapan Indah Bekasi, Cabang Pasar Rebo – Cimanggis, Cabang Duri Kosambi Cipondoh, serta Cabang Pamulang Ciputat Kebayoran.

Walau acara tampak cukup formil, namun semua yang hadir tampak mengikuti rangkaian prosesi “Patappei Sihilap” tahap demi tahap dengan tekun hingga selesai melewati jam makan siang normal.
Padahal acara sudah dibuka sejak pukul 09. 00 WIB yang diawali dengan acara kebaktian dipimpin 3 orang pendeta Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) yakni Pdt. Hamonangan Sinaga, Pdt Raja Sinaga serta Pdt Paran Leo Girsang.
Penyerahan Pataka HSBP oleh Ketua Umum HSBP Bishop Prof. Dr. Poltak Sinaga, M.Si kepada Ketua HSBP Wilayah Jabodetabek Ir. Rijen Lamri Sinaga.

Marsombuh Sihol

Acara “Marsombuh Sihol” atau temu kangen yang menjadi judul besar acara, dilaksanakan usai prosesi “Patappei Sihilap”. Sesi ini diisi dengan acara manortor saling sambut antar cabang. Dimana kelompok yang datang membawa siluah atau oleh-oleh berupa nampan berisi lembaran-lembarang uang. 

Disambut kemudian berperan sebagai penyambut kelompok lainnya. Demikian terus hingga semua kelompok menerima dan memberi sambutan dengan menari.

Di sela-sela acara, Bupati Simalungun Radiapo Hasiholan Sinaga atau lebih dikenal dengan panggilan RHS, hadir menyapa semua peserta melalui aplikasi zoom. Selain menyapa semua yang hadir, dalam sambutannya Bupati RHS menyatakan kalau dirinya bisa menjabat, termasuk karena dukungan HSBP dan beliau berterima kasih. 

Dalam sambutannya, RHS yang saat itu berada di Parapat, Kabupaten Simalungun dalam rangka rapat terbatas terkait KJA (Keramba Jaring Apung), mengajak kader-kader dan putra putri terbaik di HSBP untuk datang ke Simalungun dan bersama-sama membantu membantu “Tanoh Habonaron do Bona Simalungun”.

Secara berseloroh, dalam kesempatan itu Bupati RHS mengatakan, kalau bisa periode depan tetap marga Sinaga pemegang tongkat kepemimpinan di Simalungun. Dan sebelum undur diri, Bupati RHS menjanjikan tanda suka cita senilai Rp 20 juta darinya untuk kesuksesan acara.

Selain Bupati Simalungun, walau hanya melalui rekaman video, Direktur Utama Badan Pengembangan Otorita Danau Toba  disingkat BPODT, Jimmy Bernando Simanjuntak juga turut menyampaikan sambutan. 

Dalam sambutannya Jimmy mengajak hadirin mensukseskan apa yang disampaikan oleh Ketua Umum HSBP Prof Dr. Poltak Sinaga sebelumnya kepada hadirin, yakni pagelaran budaya dan adat Simalungun di Open Stage Parapat pada tanggal 22 Juli 2022 mendatang.

Turut hadir dalam acara tersebut, beberapa yang mewakili perkumpulan-perkumpulan marga Simalungun, antara lain Harungguan Saragih Sumbayak, Harungguan Saragih Garinggin serta perkumpulan marga Purba Pakpak.

Disela-sela saling sambut tersebut, Pembawa Acara dari NHSBP, Daniel Lihoudo Purba bersama Asima boru Sinaga beberapa kali tampil untuk memandu pemutaran undian doorproze dengan komputer yang dilakukan oleh tim multimedia.

Entah karena menunggu pengundian doorprize utama berupa sebuah kulkas 2 pintu yang dipajang panitia di depan sejak pertengahan acara Marsombuh Sihol, atau hanya karena hujan yang turun mengguyur Buperta Cibubur pada sore hari itu, acara yang dijadwalkan berakhir pada Pukul 17.00 WIB, tetap ramai hingga ditutup dengan doa oleh Ketua Wilayah Rijen Lamri pada pukul 19.00 WIB.

Selain pengundian doorprize, dalam acara yang berlangsung jauh melampaui rencana itu, acara “Marsombuh Sihol” juga diisi dengan pengumuman 3 peserta berpenampilan terbaik yang dinilai dari foto canded yang diambil oleh tim multimedia selama acara berlangsung. 

Selain itu, di tengah acara juga diumumkan pemenang Lomba Kreasi Budaya yang sudah dilangsungkan sejak beberapa minggu sebelumnya. Yaitu berupa lomba perolehan like terbanyak atas postingan video di media sosial facebook berisikan penampilan seni bersyarat pencantuman hashtag atau tagar #LombaKreasiBudayaHSBP. 

Berturut-turut pemenangnya adalah Rosenta Purba dari HSBP Cabang Depok, Darma Sinaga dari HSBP Cabang Cikarang serta Masriana Simarmata dari HSBP Cabang Cikarang juga. Beberapa orang yang mencoba mengikuti lomba, tidak dihitung sebagai peserta karena tidak menyertakan tagar yang ditetapkan panitia.

Walau ada kesan pesta dilihat dari judul acara, yakni Marsombuh Sihol, namun pelaksanaan tetap sesuai aturan. 

“Acara kita laksanakan mengikuti aturan yang berlaku. Yang boleh ikut serta ke gedung, hanya yang sudah mendapat 2 kali vaksin, memakai masker dan menjaga jarak. Serta sepanjang acara berlangsung, gedung hanya terisi sebanyak 400 orang atau 50 persen dari kapasitas gedung,” kata Ketua Panitia Bagus Sinaga.

Sementra Ketua HSBP Wilayah Jabodetabek St. Ir. Rijen Lamri Sinaga mengatakan, meski  sebagian pihak menganggap terlalu memaksakan membuat acara besar saat ini, mengingat pandemi covid-19 masih berlangsung, namun bagi HSBP Wilayah Jabodetabek, ini sangat diperlukan.

“Ini memberi wewenang yang sah kepada pengurus di wilayah serta pengurus di cabang-cabang untuk segera berkarya memberi penguatan kepada setiap anggota dalam melewati pandemi yang sudah berlangsung hampir 2 tahun ini,” kata St. Ir. Rijen Lamri Sinaga yang juga salah satu pendiri Yayasan Pendidikan Marsiurupan yang telah memberikan bantuan kepada ratusan pelajar di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun dalam bentuk bimbingan belajar untuk masuk universitas. 
(Relis dari Julvanal Sinaga/ Editor Asenk Lee Saragih)

Galeri Foto Acara “MARSOMBUH SIHOL & PATAPPEI SIHILAP” Pengurus Wilayah HSBP Se Jabodetabek.

Ketua HDBP Wilayah Jabodetabek Ir. Rijen Lamri Sinaga beserta istri usai menerima pataka HSBP dari Ketua Umum HSBP Prof. Dr. Poltak Sinaga, M.Si.

Ketua Umum HSBP Bishop Prof. Dr. Poltak Sinaga, M.Si didampingi Ketua DPP HSBP Sarolim Sinaga dan Sekretaris Umum HSBP St. Drs. Karmidin C Sinaga saat patappei sihilap kepada Pengurus HSBP Wilayah Jabodetabek.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga sesaat sebelum memberi kata sambutan melalui aplikasi zoom.

Ketua Umum HSBP Bishop Prof. Dr. Poltak Sinaga, M.Si. patappei sihilap pepada Pengurus HSBP Wilayah Jabodetabek.

Ketua DPP HSBP Sarolim Sinaga mamirpiri istri salah satu Pengurus HSBP Wilayah Jabodetabek.

Patappei sihilap oleh Ketua HSBP Wilayah Jabodetabek Ir. Rijen Lamri Sinaga kepada para Pengurus Cabang HSBP Wilayah Jabodetabek.

Patappei sihilap oleh Ketua HSBP Wilayah Jabodetabek Ir. Rijen Lamri Sinaga kepada para Pengurus Cabang HSBP Wilayah Jabodetabek.

Patappei sihilap oleh Ketua HSBP Wilayah Jabodetabek Ir. Rijen Lamri Sinaga kepada para Pengurus Cabang HSBP Wilayah Jabodetabek.

Perwakilan perkumpulan marga-marga Simalungun memberi kata sambutan. 

Suasana Marsombuh Sihol.

Suasana Marsombuh Sihol.

(Ki-ka) Humas HSBP Wilayah Jabodetabek Julvanal Sinaga, Ketua DPP HSBP Sarolim Sinaga, Ketua Umum HSBP Bishop Prof. Dr. Poltak Sinaga, M.Si., Ketua HSBP Cabang Bekasi Ir. Robin Hasiholan Sinaga, Ketua HSBP Wilayah Jabodetabek Ir. Rijen Lamri Sinaga, Ketua Panitia Bagus Sinaga, AMd.


Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.