. Rigapan Siganup Ari, Renungan Harian Bahasa Simalungun, Kamis, 30 Desember 2021 Oleh Pdt Grubert KD.Manihuruk | BeritaSimalungun
Home » » Rigapan Siganup Ari, Renungan Harian Bahasa Simalungun, Kamis, 30 Desember 2021 Oleh Pdt Grubert KD.Manihuruk

Rigapan Siganup Ari, Renungan Harian Bahasa Simalungun, Kamis, 30 Desember 2021 Oleh Pdt Grubert KD.Manihuruk

Written By Beritasimalungun on Thursday, 30 December 2021 | 06:26

Pdt Grubert KD.Manihuruk.

Sibolga, BS-
Rigapan Siganup Ari (Renungan Harian Bahasa Simalungun) Kamis, 30 Desember 2021 Oleh Pendeta GKPS Resort Sibolga Pdt Grubert KD Manihuruk STh. Teks: Mateus 28:20b "Tenger ma Uhurta, Ihasomani Naibata do Hita Ganup Ar" Tonggir ma, sai na hasomanan-Ku do hanima ganup ari, ronsi roh ujung ni dunia on. (Matius 28:20b Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman). (Matthew 28:20b And surely I am with you always, to the very end of the age).

******

Selamat pagi dan selamat beraktifitas bagi kita semua....

Renungan....

 Matius 28:20b
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.

Jemaat Tuhan
Ayat kita hari ini agaknya bukanlah ayat yang jarang kita dengar, sudah cukup familiar bagi kita, dan kita mengenal ayat ini adalah sebagai Amanat Agung yang diberikan Yesus kepada para murid-Nya sebelum Ia naik ke surga. 

Yesus ingin dengan naiknya Ia ke surga injil tetap diberitakan, misi membawa orang percaya dan mengikuti Tuhan Yesus hendaknya tidak terhenti meskipun Yesus sudah tidak berada lagi bersama dengan para murid-Nya. Dan untuk itulah Yesus mengatakan, “pergilah, dan ajarlah”. 

Misi Yesus agar semakin banyak orang dibaptis, dan melakukan apa yang telah diperintahkan Yesus kepada setiap orang yang selama ini mengikuti-Nya, diestafetkan kepada para murid-Nya.

Dan hal yang selanjutnya adalah, Yesus memahami keadaan dan perasaan para murid-Nya. Dia memahami bahwa ada keraguan atau bahkan ketidakpercayaan diri yang dialami oleh para murid-Nya untuk melanjutkan misi ini. 

Maka Yesus memberikan peneguhan kepada para murid dengan kalimat seperti apa yang tertulis dalam nas kita ini. Bahwa Yesus menyertai mereka sampai akhir zaman. Penyertaan Yesus bersifat kekal, tidak sementara. Sebuah janji yang menggambarkan bahwa kalaupun Yesus naik ke surga, tetapi Ia akan menyertai para murid-Nya untuk melanjutkan misi itu. 

Kata “ketahuilah” menurut KBBI adalah “mengerti sesudah melihat (menyaksikan, mengalami, dan sebagainya)”. Yesus menekankan bahwa para murid akan merasakan, mengalami dan menyaksikan penyertaan Yesus dalam kehidupan mereka bahkan saat mereka memberitakan injil ke seluruh dunia. 

Jadi tidak ada alasan bagi para murid untuk tidak melanjutkan misi itu, tidak ada juga alasan yang dapat dipakai oleh para murid untuk berhenti dan berdiam, karena roh Allah akan pada mereka, menyertai mereka bahkan penyertaan-Nya berlaku kekal.  

Jemaat Tuhan
Hari ini kita akan melanjutkan kehidupan kita diiringi janji penyertaan Tuhan dalam kehidupan kita. Benar bahwa kita tidak tahu apa yang akan kita hadapi pada hari yang akan datang, khususnya saat kita akan memasuki tahun 2022 yang akan datang. 

Tetapi sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Yesus kepada para murid-Nya, mari melangkah menapaki kehidupan yang akan datang dengan sebuah keyakinan. Keyakinan yang meneguhkan, bahwa bagaimanapun kehidupan yang akan dijalani, sepanjang kita berpegang teguh dan mengimani janji Tuhan kepada kita, maka langkah kita tidak akan berhenti. 

Kita akan melangkah dan terus melangkah, memberitakan injil di setiap tempat, karena kita akan melangkah bersama dengan Tuhan. Maka beritakanlah injil, dan melangkahlah bersama Dia, karena bersama dengan-Nya kita akan bisa. Amin. (Vik Pdt Jerry Damanik)
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis