. Maju Pileg 2024, Mangihut Sinaga Silaturahmi Dengan Keluarga Besar PPTSB Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , , » Maju Pileg 2024, Mangihut Sinaga Silaturahmi Dengan Keluarga Besar PPTSB Simalungun

Maju Pileg 2024, Mangihut Sinaga Silaturahmi Dengan Keluarga Besar PPTSB Simalungun

Written By Beritasimalungun on Saturday, 4 February 2023 | 20:54

Mangihut Sinaga Silaturahmi Dengan Keluarga Besar PPTSB Simalungun. (Foto: Istimewa)

Simalungun, BS-Tokoh Sinaga yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Pusat, Mangihut Sinaga, SH MH bersilaturahmi dengan keluarga besar PPTSB Kabupaten Simalungun di Rumah Makan Putra Kembar Panatapan, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sabtu (4/2/2023). Mangihut Sinaga memohon doa restu dan dukungan terkait dirinya maju pada Pemilihan Legislatif DPR RI Dapil Sumut 3 pada Pemilu 2024 mendatang.

Mangihut Sinaga, SH MH merupakan putra Batak kelahiran Desa Juhar, Kecamatan Bandar Khalipah, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara dan menikah dengan Br Napitupulu asal Kota Pematangsiantar. 

Setelah mengakhiri puncak karier sebagai Abdi Negara Pejabat Eselon 1 di Kajagung RI, kini Mangihut Sinaga SH MH kembali berkiprah di Sumatera Utara lewat Pesta Demokrasi Pebruari 2024 menuju DPR RI dari Daerah Pemilihan Sumut (Dapil Sumut 3) bersama Partai Golongan Karya (Golkar).

Dalam pertemuan, dengan keluarga PPTSB Simalungun, dan beberapa tokoh masyarakat hadir sekaligus memberikan dukungan moral dan Doa buat Pomparan PPTSB menuju Senanyan.

Mangihut Sinaga, SH. MH, sudah sekianlama melanglang buana bertugas di Korps Adhyaksa hingga terakhir menjabat sebagai Stat Ahli Jaksa Agung RI, pada tahun 2022 yang lalu. 

Mangihut Sinaga yang juga mantan Kajari Medan ini akhirnya memasuki masa pensiun dengan segudang prestasi selama menjabat dan hingga meraih  Piagam Penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya dari 3 era Presiden Indonesia.

Diantaranya Satya lencana di jaman Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Susilo Bambang Yudhoyono hingga terakhir dari Presiden Joko Widodo. Jiwa pengabdian Mangihut Sinaga begitu tinggi untuk negara dan masyarakat, terlebih kecintaannya terhadap Provinsi sumatera Utara.

Anak kedua dari pasangan Bapak Kamarudin Sinaga dan Ibu Br Nainggolan, serta beristrikan Dra. Linda Meriati Napitupulu ini merupakan Jaksa berprestasi yang sarat pengalaman di Nusantara.

Dengan bekal tersebut, Mangihut ingin terus berkarya dan ingin mengabdi kembali jalur legisatif di Senayan. Atas dukungan awal perwakilan PPTSB Kecamatan Girsang Sipangan Bolon melalui pertemuan singkat itu, diharapkan membangun jejaring keluarga untuk sama-sama bersosialisasi untuk masyarakat.

Kecintaan dan ikatan kedaerahannya yang begitu kuat membuat Mangihut Sinaga aktif dalam organisasi kemasyarakatan dan kedaerahan, yaitu Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB), dan Paguyuban Pomparan Raja Lontung (PPRL) dan sejak tahun 2010, Mangihut bahkan dipercaya menjabat sebagai Ketua Marga Sinaga se-Dunia serta Ketua Marga Pomparan Raja Lontung se-Indonesia sampai dengan tahun 2022.

Adapun Riwayat Organisasi Masyarakat & Daerah pernah diembannya antaralain:

1. Ketua Marga Sinaga se-Dunia (PPTSB) 3 Periode, sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2022
2. Ketua Raja Lontung 1 Periode sejak tahun 2018 sampal dengan tahun 2022.

Berikut sekilaspandang 'Track Record' Mangihut Sinaga, SH. MH dalam menapaki Karirnya: 

1. Menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Medan Tahun 2007.

2. Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi
Sumatera Utara Tahun 2012.

3. Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa
Tenggara Timur 2013.

4. Kepala Pusat Pendidikan Manajemen dan Kepemimpinan BADIKLAT Tahun 2014.

5. Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi
Utara Tahun 2017.

6. Inspektur V Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung RI Tahun 2018.

7. Staf Ahli Jaksa Agung RI Tahun 2020.

Dan kini Bakal Calon anggota Legislatif DPR RI meliputi wilayah Sumut III yang mencakup Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Kabupaten Tanah Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kota Siantar, Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Simalungun. (BS/Rel/Lee)










Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

BERITA PILIHAN