Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sukses Peresmian Resort dan Rumah GKPS Resort Bage Distrik III


Bage, BS
-Dibawah kepemimpinan Ketua Umum Panitia St Dr dr Waldensius Girsang S.pM (K), pelaksanaan Pesta Peresmian Resort dan Rumah GKPS Resort Bage, di Lods Bage, Nagori Bage, Kecamatan Pamatang Silimahuta, Kabupaten Simalungun pada Minggu Septuagesima, 5 Februari 2023 berjalan dengan sukses. Suksesnya pembentukan GKPS Resort Bage dan Pembangunan Rumah GKPS Resort Bage tidak terlepas dari sentuhan pelayanan Praeses GKPS Distrik XI Pdt Jan Kris Sinaga.

Dengan peresmian ini, GKPS Bage, GKPS Hutaimbaru, GKPS Soping, GKPS P Baluhut, GKPS Dolok Mariah tidak lagi masuk ke GKPS Resort Tongging Distrik XI. Kini GKPS Resort Bage, Induk GKPS Jemaat Bage, pagarannya Hutaimbaru, Soping, Baluhut dan Dolok Mariah.

Ibadah dan Pesta Perespian GKPS Resort Bagi dihadiri oleh Pimpinan Sinode GKPS Pdt DR Paul Ulrich Munthe (Sekjen GKPS) dan Pendeta GKPS Se Distrik III dan Distrik XI. Juga dihadiri ratusan jemaat Se GKPS Resort Bage dan Resort Tonging serta undangan lainnya.

Bersama Artis Simalungun yang sudah melegenda Lamser Girsang, asal Bage membuat suasana Pesta meriah. Suasana sukacita tampak pada seluruh undangan dan jemaat yang hadir.

Pembentukan GKPS Resort Bage

Perjalanan pembentukan GKPS Resort Bage ini, juga diinisiasi St Berlin Manihuruk (Majelis GKPS Hutaimbaru). Saat itu St Berlin Manihuruk menemui Ephorus GKPS Pdt Martin Rumanja Purba kala itu. Niat pemekaran GKPS Resort Tongging menjadi GKPS Resort Bage guna menjangkau pelayanan yang lebih dekat kepada jemaat.

"Saya mengusulkan pemekaran ini agar Fulltimer GKPS lebih mudah menjangkau jemaat dalam pelayanan. Pasalnya selama ini sangat jarang Fulltimer GKPS Resort Tongging melayani di jemaat. Faktornya kesulitan transportasi dan luasnya pelayanan Fulltimer saat itu. Jadi pelayanan Fulltimer di jemaat hanya ada saat Sakramen HBN, Baptis, Perkawinan. kalau ada orang meninggal, PMJ yang "Maragenda"," ujar St Berlin Manihuruk.

Cerita St Berlin Manihuruk, dirinya pernah melakukan "Pemberkatan Pernikahan" di GKPS Hutaimbaru, karena Pendeta tidak hadir untuk melakukan pemberkatan. Sementara Pesta sudah dipersiapkan. "Biar pelaksanaan pesta tetap jalan, Saya mengambil alih tugas pelayanan "Pemberkatan" Pernikahan itu. Dan surat pernikahan pengantin saya minta dari Pendeta GKPS Resort lain," ujar St Berlin Manihuruk.

Sebelumnya, Praeses GKPS Distrik XI Pdt Jan Kris Sinaga mengatakan, telah disetujui dalam rapat Sinode Resort GKPS Resort Tongging untuk pembentukan pemekaran GKPS Resort Tongging menjadi GKPS Resort Bage. Resort Bage meliputi GKPS Hutaimbaru, Soping, Soping Sabah, Baluhut, Bage, Dolok Mariah.

Kata Pdt Jan Kris Sinaga, panitia pelaksana pembangunan Rumah Resort dan Penginjil telah dibentuk di GKPS Bage, Minggu (10/7/2022). Panitia lokal juga akan membentuk panitia umum yang direncanakan dari Perantau Asal Hutaimbaru, Bage, Soping, Baluhut, Bage, Dolok Mariah.

Dibutuhkan dana sebesar Rp 600 Juta untuk membangun dua unit rumah Pendeta dan Rumah Penginjil berikut mobielar isi rumah tersebut. Praeses GKPS Distrik XI Pdt Jan Kris Sinaga berharap partisipasi perantau asal Huta Hutaimbaru, Soping, Baluhut, Bage, Dolok Mariah dalam pendanaan pembangunan ini. Pesta pembangunan direncanakan selesai Februari 2023.

“Di Tongging, bincang-bincang dan tukar pikiran tentang, pembentukan GKPS Resort BAGE. Hasil Keputusan Sinode Resort, Maret 2022 dan ACC MS dan PS Ps April 2022. Maka, segera ditindaklanjuti. Minggu 10 Juli 2022 telah diadakan Rapat Pembentukan Panitia Pembangunan 2 Unit Rumah Pelayan (Pdt/PW) untuk Rumah Pelayan Penuh waktu nantinya. Tuhan Yesus Raja Gereja selalu memberkati. Dan selepas bincang-bincang, dalam kebersamaan menikmati makan malam bersama Bapak Jenpri Sipayung dan Hamda Morawati,” tulis Pdt Jan Kris Sinaga di Group FB Distrik XI. (BS-Asenk Lee Saragih)








Lamser Girsang (kanan).

St Berlin Manihuruk (kiri). (FB)



Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments