Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kewil PPRS Provinsi Jambi Apresiasi Pesta Syukuran PARNA

Foto Dok: Asenk Lee Saragih

Jambi, BS
- Ketua Wilayah Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS) Provinsi Jambi I Robinson Sigalingging SPd mengapresiasi pelaksanaan perdana Pesta Syukuran Parna (Parsadaan Pomparan Raja Naimbaton) se Indonesia di Pantai Tandarabun, Kabupaten Samosir, sejak Kamis 6 Juli 2023 hingga Sabtu 8 Juli 2023.

Adapun marga marga Parna dalam pelaksanaan pesta syukuran Raja Naiambaton atau Parna ini yakni keturunan Keturunan Raja Sitempang dan Raja Nabolon, diantaranya Marga Simbolon, Sitanggang, Tamba, Saragih, Munthe, Simarmata, Sidauruk, Turnip, Simanihuruk, Simalango, Sigalingging, Nadeak, Sitio, Siadari, Sijabat, Sidabutar, Saing dan marga marga Parna lainya yang berkisar 50 sampai 60 an marga.

“Bersyukur kepada Tuhan atas Pelaksanaan Pesta Syukuran Parna yang pertama di Tandarabun Samosir. Semoga Keturunan PARNA  semakin maju dan jaya ke masa yang akan datang. Pelaksanaan kegiatan tersebut sudah tersiar ke berbagai daerah di Indonesia,” ujar Robinson Sigalingging, Sabtu (8/7/2023).


“Acara ini telah menyatukan Doa, harapan serta sumbangan materi. Momen ini mengangkat harkat dan martabat Opung kita Raja Naiambaton. Semoga seluruh keturunannya mendapat berkat kesehatan dan rejeki yang berlimpah,” tambah Robinson Sigalingging. 


Menurut Robinson Sigalingging, kita tetap mengingat pesan-Tona ni opung;( Sisada anak, sisada boru, sada las niroha dohot dok ni roha.Tung naso jadi marsiolian). Semoga Pesan Opung Raja Naiambaton dapat kita pegang teguh serta kita pesankan kepada Anak-Cucu masa mendatang. 

“Prasasti yang akan direncanakan dibangun, semoga tercapai dengan baik. Silsilah yang menjadi perdebatan bisa dibicarakan dengan baik, tidak menghilangkan nama Opung, tetapi mengakomidir semua keturunan (pomparan)nya. Supaya indahnya sehati sepikir yang bersaudara, kalau duduk berdampingan. Semoga semua Keturunan Opung Raja Raja Naiambaton, semua indah pada waktunya diberkati Allah Bapa Yang Maha Kuasa.Amin,” pungkas Robinson Sigalingging. (AsenkLeeSaragih)

Puncak Pesta Syukuran PARNA di Samosir, Sabtu (8/7/2023). (Foto: Istimewa)

Puncak Pesta Syukuran PARNA di Samosir, Sabtu (8/7/2023). (Foto: Istimewa)

Puncak Pesta Syukuran PARNA di Samosir, Sabtu (8/7/2023). (Foto: Istimewa)

Gubsu Edi Rahmayadi Hadir di Puncak Pesta Syukuran PARNA di Samosir, Sabtu (8/7/2023). (Foto: Istimewa)


Gubsu Edi Rahmayadi Hadir di Puncak Pesta Syukuran PARNA di Samosir, Sabtu (8/7/2023). (Foto: Istimewa)


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments