Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ratusan Peserta Ikuti Festival Seni dan Qasidah Tingkat Kabupaten Simlaungun

Ratusan Peserta Ikuti Festival Seni dan Qasidah Tingkat Kabupaten Simlaungun.

Tanah Jawa, BS-Ratusan peserta bersaing untuk memperoleh yang terbaik pada festival Seni dan Qasidah Tingkat Kabupaten Simalungun di Lapangan Bola kaki Rintis VII PTPN-4 Kebun Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun Sumut.

Festival ini berlangsung selama tiga hari dimulai 27-29 Juli 2023. Ada dua  cabang yang di perlombakan yaitu cabang Bintang vocalis terbaik  dan cabang rebana klasik.

Untuk cabang Bintang vocalis terbaik   dibagi dalam 6 golongan yaitu anak-anak putra/putri, remaja putra/putri dan dewasa putra/putri. Sedangkan cabang rebana klasik dibagi dalam 4 golongan yaitu remaja putra/putri dan dewasa putra putri.

Para peserta yang mengikuti festival ini berasal dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Simalungun. Festival itu sendiri dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bersama Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Simalungun.
Lagu-lagu yang dibawakan peserta baik cabang Bintang Vocalis dan cabang Rebana Klasik yang sudah populer, dan peserta dapat memilih judul lagu yang telah di tetapkan panitia sesuai dengan kemampuan peserta.

Adapun judul lagu cabang Bintang Vocalis untuk anak-anak adalah Ibu, Ya Umri, Sang Penyeru dan Ahebbak. Judul lagu untuk remaja adalah Zurna Makkah, Malik Ya Helwa, Sadarilah dan Wallah Zaman. Untuk dewasa judul lagu adalah Lisani Bihamdillah, Sebuah Nama, Ya Rabbi Barik dan Ya Maghnoon.

Sementara itu, judul lagu untuk cabang rebana klasik remaja putra adalah Min Habibi Ana, Asshola tu'alannabi, Ultif Bi Abdak dan Di Satu Masa. Untuk remaja putri judul lagu adalah Ghonnili, Ibda' Binafsik, Wanita Tiang Negara, dan Qur'an Penuntun Hidup. 

Judul lagu untuk dewasa putra adalah Pelita Hidup, Salamin Ba'id, Jaddah dan Sawwitli. Untuk dewasa putri judul lagu adalah Busana Muslima, Alam Tasma', Wilhub/Ibadri dan Al-Qur'an.

Penampilan para peserta cabang Bintang Vocalis diiringi oleh gruop gambus dari DPW LASQI Sumut, sedangkan untuk cabang Rebana Klasik peserta membawa peralatan musik masing-masing.
 
Sebelumnya Festival Seni dan Qasidah ini secara resmi dibuka oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Ketua DPRD diwakili Sugiarto, Kapolres diwakili Kompol Manson Nainggolan, Ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Ketua LASQI Deni Sartika, ditandai dengan pemukulan rebana.

"Tujuan kegiatan festival ini untuk melestarikan seni Islam yang sudah mulai terkikis oleh budaya modern. Wariskan serta perkenalkan kepada masyarakat keluhuran seni ini, untuk membangun dan memperkuat tali silahturahmi dalam ukhuwah Islamiyah,"kata Bupati ketika membuka kegiatan Festival tersebut.

Sementara itu, Andri Rahadian selaku ketua Pelaksana mengucapkan terima kasih kepada para camat yang telah berpartisipasi mengirimkan kontingennya sebagai peserta dalam festival ini.

"Atas semua dukungan dan partisipasi semua pihak, diharapkan kegiatan festival seni dan qasidah Tingkat Kabupaten Simalungun Tahun 2023 berjalan dengan tertib, aman dan lancar hingga selesainya semua perlombaan,"kata Andri. (BS-Rel) 













Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments