Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Maruli Tua Sagala Tutup Usia




Bandung-Aku baru dapat kabar dukacita. Sahabat karibku tahun 1970-an sewaktu kuliah di Fak. Publisistik (kini Fikom) Unpad, Maruli Tua Sagala (67 tahun) telah meninggal dunia. Lae Maruli pernah menjadi Wakil Duta Besar RI di Prancis dan Duta Besar di Hungaria dan sekitarnya.

Sewaktu kuliah Lae Maruli pernah menjadi Ketua Senat Fak. Publisistik Unpad.  Aku bikin beritanya waktu itu di koran "Pikiran Rakyat" Bandung. Jasa anak Siantar ini tak 'kan bisa kulupakan. Pada akhir Mei 1977 aku pinjam uangnya Rp 100 untuk beli prangko kilat. Waktu itu aku mau kirim artikel opini perdanaku ke koran sore "Sinar Harapan" Jakarta, dan dimuat pada 2 Juni 1977.

Aku juga pernah pinjam uangnya Rp 15.000 untuk bayar uang kuliah satu semester. Semua pinjaman itu tak pernah kukembalikan. "Pinjam los", kata orang Siantar. Beberapa tahun lalu setelah kembali berdinas di Indonesia, Lae Maruli bersama isterinya (melalui keponakannya yg kuliah di Fikom Unpad) mengundangku makan malam di sebuah restoran di Jl. Dago Bandung. Kami saling melepas rindu dan bernostalgia, mengenang pengalaman suka-duka selama kuliah puluhan tahun sebelumnya.

Ketika kusinggung pinjaman losku sebesar Rp 15.100, Lae Maruli sama sekali tak mengingatnya. Jadi, dia tak merasa pernah berjasa kepadaku. Orang baik memang boleh lupa kebaikannya namun aku  tak 'kan bisa melupakannya. 

Pertolongan pada waktu yg sangat tepat sangat tinggi nilainya. Sahabatku itu boleh mendahuluiku yg kini hampir 71 tahun tetapi aku juga pasti akan menyusulnya ke rumah Bapa di sorga. Entah kapan.    Kudoakan dari Bandung, kiranya Ito (isterinya) dan semua keturunannya diberi Tuhan penghiburan sejati. Percayalah, semua orang percaya akan dibangkitkan-Nya dari kematian kelak! (Sahala Tua Saragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments