Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Marsombuh Sihol Sumbayak, Sebentuk Rindu yang Sudah Lama Akhirnya Terwujud

Marsombuh Sihol Sumbayak, Sebentuk Rindu yang Sudah Lama Akhirnya Terwujud.

Oleh: B4Y4K 

Jakarta, BS-Lama tak jumpa karena dibelenggu badai Pandemi Covid-19, Keluarga Sumbayak, Boru dan Pinupusni se-Jabodetabek dan sekitarnya kemarin, Minggu 26 November 2023 menyelenggarakan Pesta Marsombuh Sihol di Gedung Sejahtera Pondok Gede, Jakarta.

Didominasi busana warna merah, plus memakai Gotong dan Bulang. Bapa pakon Inang, dan  undangan lainnya tampak hadir memenuhi Gedung Sejahtera. Acara dimulai dengan Kebaktian. 

Pdt Jeddy Sumbayak dari Siantar spesial diundang  membawa renungan diacara ini. Mengutip kotbah renungan Pdt Jeddy, Keluarga Sumbayak, boru, pakon pinupusni diingatkan oleh Pdt Jeddy Ulang pala isukkun nasiam aha nadop ibere TUHAN bani hita. Sukkun hitama diritta aha nadob Ibaen hita hubani Tuhan. 

Lama tak jumpa dengan Pdt Jeddy, adik Jhon Tuahdi dan botounya Onda ini dalam acara ini saya gagal bertemu dengan beliau. Kebaktian selesai dilanjutkan dengan Marsombuh Sihol. 

Host acara Marsombuh didapuk oleh Bapak Indra Sumbayak tandem dengan Ny.Sumbayak Jenni br Girsang.  Mereka berdua tepat jadi Host.

Pembuka acara Marsombuh Sihol: sebagai warga negara yang baik Keluarga Sumbayak, boru, pakon pinupusni sangat cinta dengan NKRI. Dipandu dirigen Agus Jufenly Purba, lagu INDONESIA RAYA  dinyanyikan sangat syahdu oleh para undangan penuh khidmat. Tak lupa MARS SUMBAYAK ada loh, dan juga dinyanyikan.
Marsombuh Sihol Sumbayak, Sebentuk Rindu yang Sudah Lama Akhirnya Terwujud.

Ketua Panitia Marsombuh Sihol Bapak Affan Sumbayak/br Sipayung dan Mantan Ketua Sumbayak Bapa FritSon, bani sambutanni mengatakan, harapanta ganup, marhitei pestata sadari on, lambin orod mahita Keluarga Sumbayak, boru pakon pinupusni.

Jeda makan siang, tonggo ibobahon Pdt BD Sumbayak. Doa syafaat bani acara Marsombuh  Sihol juga dibawakan oleh beliau.

Serah terima pengurus lama hubani pengurus baru dan pelantikan  dikordinir oleh Penasehat Tumpuan Bapak Sarman Sumbayak/br Rajagukguk. Sedangkan penyerahan pisou dan bajut oleh ketua lama  St (Em) Fritson Sumbayk dan Inang boru Purba.

Ketua baru Bapak Jhan Khandy Sumbayak dalam kata sambutan perdana tampil menggelegar dan penuh heroik. "Anggo lang adong nasiam, lang adong hanami bani tumpuan on, hidup Sumbayak," ujar Jhan Kandy Sumbayak, Caleg dari Partai PDIP Dapil Cilegon sekitarnya. 

Disela Ketua Baru menguasai panggung, Jeka Saragih datang memasuki ruangan. Tidak lama berselang, JEKA Saragih naik kepanggung dipanggil Ketua baru. Ketua baru menugaskan Jeka Saragih memperagakan cara bertanding di UFC.  

JEKA on domma lintas dunia das hu Amerika. 2 anakta  Sumbayak mengukir prestasi. Selain Jeka Saragih bertanding i UFC i Amerika, sadanari niombah ta Joni Henrudin Sumbayak, Juara 1 lomba Mars Kodya Siantar (judul Sapangambei Manoktok Hitei), tambah Bapa Jhan Khandi masih penuh semangat.

JEKA dan JONI potret SDM Keluarga Sumbayak layak dijadikan role model, terutama JEKA.  Kerja keras mereka tidak sia-sia. Sumbayak dan warga Simalungun  boleh ajungkan jempol kepada 2 putra Simalungun ini.

Jeka acara Marsombuh Sihol kemarin jadi primadona. Undangan/Orangtua dan anak-2 silih berganti berphoto dengan Pria Simalungun asal Bahpasunsang ini.

Mahir ber- orasi

Ketua baru Jhan Khandi mahir pula dia menggoda Pengacara senior Amang Sianturi/br Sumbayak ase mambere sumbangsih. Tidak sia-sia, amang Sianturi memberi Rp 10 juta..Kreen Ketua.

Medra Sumbayak selaku Ketua Yayasan Sumbayak menguraikan kinerja Yayasan kepada para undangan yang masih tekun mengikuti acara demi acara.Yayasan on terbentuk 4 tahun yang lalu. Sanggah massif Pandemi, Yayasan on domma berbuat sesuatu bani Tumpuan, tambah Vorhanger Persiapan GKPS Harvest.
Jeka Saragih, yang baru saja sukses dalam laga UFC terpikat dengan kinerja Yayasan. Jeka memberi sumbangan 200 dollar kepada Yayasan Sumbayak.

Diselingi doorprize tiap part acara, Intan br Saragih dan Darapati menghibur undangan. Lagu Sihol Sukses yang sempat  trending  dinyanyikan apic oleh Intan. Sihol sukses, Sukses itu sudah diraih oleh Jeka dan Joni. Intan juga berkolaborasi dengan Grup Darapati.

Marsombuh Sihol Sumbayak, tidak mau mementingkan diri sendiri. Panitia teringat  pada marga lain dan mengundang Tumpuan Marga Simalungun, seperti  Damanik, Purba Tambak, Purba Dasuha, Sinaga, Sipayung,dll. Tidak tangan hampa, Tumpuan ini memberi donasi dalam acara itu.

Pamungkas acara: 14 Wilayah Tumpuan Sumbayak saling maju kedepan. Sambil manortor membawa sejumlah uang kepada Panitia untuk disumbangkan dalam acara itu. Moment Marsombuh Sihol kemarin  terbentuk Tuppuan Sumbayak wilayah Tambun/Cibitung.

Acara Marsombuh Sihol kemarin jadi tambah meriah. Keluarga Sumbayak dari Bandung dan Lampung juga hadir. 

Horas Tulang nini Bapa Harrys Sumbayak han Bandung bakku. Kok manggil Tulang sesama Sumbayak, nini Sada bapa bani Harrys  sanggah jumpah hanami. Alurnya rumit nini Harris. 

Door Prize utama satu sepeda listrik varian cukup anyar didapat oleh seorang Bapa dari Wilayah Bogor. Iluar Gedung, i kopi warung marbuali au pakon sada Bapak nacukup senior. Beliau berkomentar, Acara Marsombuh Sihol on tergolong sukses.

Satu payung yang cukup besar dengan stempel  Marsombuh Sihol Sumbayak dibawa pulang oleh setiap para undangan. Panitia sangat peka bulan ini sudah musim hujan.

Acara Marsombuh Sihol Sumbayak, boru, pakon pinupusni kemarin, mengutip lagu Ruth Sahanaya, terlalu indah dilupakan, terlalu sedih untuk dikenang. Acara Marsombuh Sihol tak lupa lagu Simalungun yang cukup hits: DEIDENG, SITALASARI, ELVI, 3 SAHUNDULAN juga berkumandang.

Acara ditutup dengan lagu pamungkas dari Intan Saragih (penyanyi senior dari Siantar Desa Bane) dengan judul Sorod ni Ranggiting (ciptaan Sabar Tondang dari Sirpang Dolog Kasian/tapi sekarang lebih dikenal dengan nama Kampus (Kampung Sumbayak).

Stasion Televisi tertua di-Indonesia TVRI meliput acara itu kemarin, kok bisa? Itulah Sumbayak. Marsombuh Sihol Sumbayak  kemarin sebentuk rindu yang sudah lama akhirnya terwujud.

Selamat bertugas Ketua baru Sumbayak, boru pakon Pinupusni,  se-Jabodetabek pakon inggotanni. Masa Bhakti 2023-2027 Bapa Ir.Jhan Khandi Sumbayak, MM. Tuhan Yesus memberkati. SUMBAYAK
Sada ibagas Ahap Bayak ibagas Holong. Sumbayak ma tongon. Bravo Sumbayak. Bravo Simalungun
D I A T E I T U P A. Horas. (Penulis Kolumnis BS) 
Dr Arida br Sumbayak/Ny.Silitonga pakon Endang br Sumbayak/Ny.Purba Dasuha

Jeka Saragih Sumbayak

Ir.Jhan Khandi Sumbayak, MM. 

Joni Henrudin Sumbayak. Juara 1 lomba Mars Kodya Siantar.

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments