Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Banjir Bandang Landa Purba Pasir Simalungun, 2 Unit Rumah Hanyut Dan Jalan Menuju Tigaras Terputus Total

Banjir Bandang Landa Purba Pasir Simalungun, 2 Unit Rumah Hanyut Dan Jalan Menuju Tigaras Terputus Total.

Haranggaol, BS
 - Bencana banjir bandang melanda Sungai Binanga Bolon di wilayah Nagori (Desa) Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara Rabu (20/12/2023) petang. Dua unit rumah dilaporkan hanyut dan jalan terputus.

"Iya benar, kejadiannya sekitar pukul 17.00 WIB," ungkap Camat Haranggaol Horisan, Bangun Siregar, Rabu malam. Dia menyebut, akibat banjir bandang tersebut 2 rumah warga dan sepuluh kuburan hanyut disapu arus deras. Bencana itu juga membuat jalan terputus yang berada di pinggiran Danau Toba.

"Ini saya lagi mau ke lokasi. Lokasi banjir bandang di Nagori Purba Pasir," katanya. Bangun Siregar juga belum menjelaskan penyebab terjadinya banjir bandang tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun, Resman Saragih yang dikonfirmasi via telepon seluler, juga membenarkan adanya banjir bandang itu.

"Laporan sementara yang kita terima, ada rumah hanyut dan tidak ada korban jiwa. Kami sedang di perjalanan menuju lokasi banjir," ujar Resman Saragih.

Resman menambahkan, pihaknya akan berupaya memberikan bantuan. Masyarakat sekitar diimbau tetap waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Menurut informasi yang dapat dihimpun penyebab terjadinya banjir bandang di Binanga Bolon Huta Sirungkungon, Nagori (Desa) Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, karena jebolnya tanggul warga di Nagori Purba Tongah, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun, Resman Saragih, kepada wartawan, Rabu (20/12/2023) malam.

"Jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan terjadinya banjir bandang di Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan," katanya.

Dampak banjir itu menyebabkan arus listrik padam. Kemudian, jalan dari Haranggaol menuju Tigaras putus total. Bahkan, sebanyak dua unit rumah warga atas nama Joel Haloho dan Ramatio Boru Sitio hanyut ke Danau Toba. (Berbagai Sumber, S24/FS).

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments