Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kondisi Terkini Banjir Bandang Binanga Bolon Purba Pasir Haranggaol

Alat berat eskavator dikerahkan untuk mengangkut material longsor banjir bandang Binanga Bolon Haranggaol, Jumat (22/12/2023). (Foto: Lusi Manihuruk)

Haranggaol, BS-Ternyata sebelum Banjir Bandang Binanga Bolon Purba Pasir Haranggaol, Warga Nagori Tongah sudah mengingatkan warga di sepenjang Binanga Bolon Haranggaol untuk waspada, karena ada banjir di hulu Binanga Bolon di Nagori Tongah pada Rabu 20 Desember 2023 sekira Pukul 16.30 WIB. Atas informasi lewat siaran langsung facebook, warga waspada dan tidak ada korban jiwa saat banjir bandang menerjang Binanga Bolon Purba Pasir, Kecamatan Horisan Haranggaol, Kabupaten Simalungun, Rabu (20/12/2023) lalu. 

Situasi terkini paska bencana banjir bandang melanda Sungai Binanga Bolon di wilayah Nagori (Desa) Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (20/12/2023) petang, kini akses jalan masih putus. Sebelumnya dua unit rumah dilaporkan hanyut dan jalan terputus.

"Binanga bolon dulu yang kita banggakan, salah satu destinasi wisata Haranggaol yang kita cintai. Kini sudah hancur. Semoga dengan kejadian ini, air terjun BINANGA BOLON semakin mendapat perhatian lebih dari pemerintah dan bersama sama menjaga kelestariannya. Karena sebenarnya, inilah bahasa alam untuk mencari perhatian kita. Ibarat gadis cantik yang tersembunyi, namun kecantikannya tak pernah dipandang atau dilirik. Namun kita tetap bersyukur, karena tidak ada korban jiwa. Namun jalan HARANGGAOL-Tigarras yang baru buka aksesnya untuk sementara tidak bisa dilalui," ujar Lusi Br Manihuruk, warga haranggaol, Jumat (22/12/2023).

"Dapat penugasan dari walikota Medan pak BOBBY NASITION melalui staf nya. Untuk mendata para korban benca alam di BINANGA BOLON. Didampingi pak lurah HRANGGAOL, kita sudah dapatkan data dan apa saja yang dibutuhkan. Kita akan segera laporkan. Semoga cepat direalisasikan, terimakasih," tambah Lusi Manihuruk.

Disebutkan, tenda dapur umum di BINANGA BOLON kini sudah ada untuk pengungsi yang rumahnya rusak diterjang bajir bandang.

Sebelumnya bencana banjir bandang melanda Sungai Binanga Bolon di wilayah Nagori (Desa) Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara Rabu (20/12/2023) petang. Dua unit rumah dilaporkan hanyut dan jalan terputus.

"Iya benar, kejadiannya sekitar pukul 17.00 WIB," ungkap Camat Haranggaol Horisan, Bangun Siregar, Rabu malam. Dia menyebut, akibat banjir bandang tersebut 2 rumah warga dan sepuluh kuburan hanyut disapu arus deras. Bencana itu juga membuat jalan terputus yang berada di pinggiran Danau Toba.

"Ini saya lagi mau ke lokasi. Lokasi banjir bandang di Nagori Purba Pasir," katanya. Bangun Siregar juga belum menjelaskan penyebab terjadinya banjir bandang tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun, Resman Saragih yang dikonfirmasi via telepon seluler, juga membenarkan adanya banjir bandang itu.

"Laporan sementara yang kita terima, ada rumah hanyut dan tidak ada korban jiwa. Kami sedang di perjalanan menuju lokasi banjir," ujar Resman Saragih.

Resman menambahkan, pihaknya akan berupaya memberikan bantuan. Masyarakat sekitar diimbau tetap waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Menurut informasi yang dapat dihimpun penyebab terjadinya banjir bandang di Binanga Bolon Huta Sirungkungon, Nagori (Desa) Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, karena jebolnya tanggul warga di Nagori Purba Tongah, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun, Resman Saragih, kepada wartawan, Rabu (20/12/2023) malam.

"Jebolnya tanggul tersebut mengakibatkan terjadinya banjir bandang di Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan," katanya.

Dampak banjir itu menyebabkan arus listrik padam. Kemudian, jalan dari Haranggaol menuju Tigaras putus total. Bahkan, sebanyak dua unit rumah warga atas nama Joel Haloho dan Ramatio Boru Sitio hanyut ke Danau Toba. (BS-AsenkLeeSaragih)

 





Lusi Manihuruk tengah melihat lokasi banjir bandang Binaga Bolon Haranggaol.









Panorama Binanga Bolon dulu.

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments