Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Diresmikan, Dongkrak Kunjungan Wisata ke Danau Toba

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga Hadiri Peresmian Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

Simalungun, BS 
- Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri peresmian jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Indrapura dan ruas jalan Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Limapuluh.

Jalan tol tersebut diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Gerbang Tol Limapuluh, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024).

Presiden juga didampingi sejumlah Kepala Daerah sekawasan yang akan dilalui jalan tol tersebut. Kedua ruas jalan tol itu akan meningkatkan konektivitas ke kawasan pariwisata Danau Toba dan bagian dari jalan tol Trans-Sumatera.

Presiden Jokowi mengatakan, jalan tol Tebing Tinggi-Indrapura memiliki panjang 20,4 Km dan jalan tol Indrapura-Limapuluh memiliki panjang 15,6 Km.

Kedua ruas jalan tol itu akan meningkatkan konektivitas ke kawasan pariwisata Danau Toba dan meningkatkan kecepatan logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung yang berkaitan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Seimangkei.

"Ini kita harapkan akan cepat bisa berkembang dan juga mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju Kisaran dan Provinsi Riau, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya," ungkap Jokowi.

Pembangunan kedua jalan tol itu diyakini akan memacu banyak investasi yang datang untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Juga meningkatkan kunjungan wisata ke destinasi super prioritas Danau Toba serta mengefisienkan biaya logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Seimangkei.

Jokowi berharap akan terjadi peningkatan daya saing daerah, mendorong tumbuhnya usaha baru dan menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya.

Seusai mengikuti peresmian, Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah meresmikan kedua jalan tol tersebut dan salah satunya tol ke Parapat.

"Kita berharap dengan adanya jalan tol menuju Parapat dapat meningkatkan kunjungan wisata di Kota Parapat untuk menikmati keindahan Danau Toba," tutur Radiapoh, sembari berharap peningkatan ekonomi masyarakat dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  (BS-Red)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments