Home » , » Begini Respon Netizen Mengomentari Tulisan Denny Siregar "Terima Kasih Saudaraku yang Beragama Kristen"

Begini Respon Netizen Mengomentari Tulisan Denny Siregar "Terima Kasih Saudaraku yang Beragama Kristen"

Written By Berita Simalungun on Thursday, 20 December 2018 | 07:00

Makam Albertus Slamet Sugiardi yang sebelumnya berbentuk kayu salib seperti pusara makam Katholik pada umumnya, dipotong bagian atas menjadi huruf "T". Kejadian ini di Pemakaman Umum di Jambon RT 53/13 Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. (Foto: Tagar/Ridwan Anshori)
Denny Siregar menuliskan opini berjudul "Terima Kasih Saudaraku yang Beragama Kristen" terkait dengan peristiwa pemotongan pusara salib di Yogyakarta oleh oknum warga. Tulisan  Denny Siregar itu dimuat di www.tagar.id.

Entah sudah yang ke berapa kali umat Kristen di negeri ini menghadapi ujian yang menyakitkan hati....

Stempel "minoritas" menjadi ujian berat dalam menghadapi tekanan dari kelompok yang mengaku dirinya "mayoritas". Mulai dari kasus Ahok, kasus Meiliana dan toa masjid, pemboman gereja di Surabaya, sampai yang baru saja terjadi di Yogya ketika ada penggergajian simbol mereka di pemakaman umum.

Tidak mudah menjadi umat Kristen pada masa sekarang ini, terutama ketika virus intoleransi berkembang biak dan merasuki sebagian umat Islam, imbas Arab Spring yang menghancurkan beberapa negara di Timur Tengah. Gerakan-gerakan mengatas-namakan agama datang bergelombang, menekan dari segala arah, menunjukkan dominasinya untuk menguasai wilayah.

Tulisan Opini Denny Siregar "Terima Kasih Saudaraku yang Beragama Kristen" dikomentari 208 netizen di www.tagar.id.

Berikut sebagian komentar netizen yang dikutip Beritasimalungun: 

Ray Hans Sihotang Pardabuan: Biar lah Tuhan yang membalaskan semua perbuatannya mereka yang memotong salib. 

Hery Yulianti: Tdk usah bilang begitu.. tetapi biarlah mereka dbukakan hatiny utk bisa bertoleransi

Cristian Hasan Panjaitan: Hery Yulianti Benar kita tidak perlu berdoa spy mereka mendapat balasab, kita berdoa spy mereka justru diberkati Tuhan, dilawat Tuhan, di tolong Tuhan utk dapat mengenal Tuhan Yesus spy memperoleh keselamatan yg telah disediakan-Nya bg org yg mau percaya

Lady Surentu: Cristian Hasan Panjaitan Ya dan Amin..! Sebab Tuhan mengajarkan;tidak pernah ajarkan kejahatan tapi Damai Sejahtera....

Gunardi: Gusti Allah mboten nate sare

David Yoseph Erlambang: Tuhan maha kasih, kalau membalasnyapun pasti dg kasih sayang.

Renhy Reyann: Cristian Hasan Panjaitan aminnnn aminnn..

Lamhot Hutapea: Mari pertahankan KASIH yg diajarkan TUHAN YESUS kepada kita dlm kitab matius.

Youdhie Tancaro: Biarlah Tuhan akan membalas dengan cara Tuhan sendiri... Jalan Tuhan tdk terselami..

Alvinda Kurnia Dewi: Cristian Hasan Panjaitan sungguh mulia hati mu kak 

Liza Handoko: Sedih banget bacanya,krn mmg bukan hanya kalian, kami pun yg seiman juga di musuhi..tak ada yg baik di mata mereka

Melianasitompul: Sabar dan tetap berbuat toleransi saudaraku,suatu saat pst mereka malu dg perbuatannya

Proxima Centaury Galacticos: Respect saudaraku

Marlin Moniung Mamuaja: Tetaplah berbuat baik... Pembalasan dan menghakimi bukan hak qta. Tapi yang Maha Kuasa yang berhak atas segalanya. Salam kasih..

Rumian Siregar: Mereka bisa memotong salib,tapi iman percaya kami tak akan pernah bisa terpotong,, kami akan selalu membalas kejahatan dengan kebaikan.... Dan tak sekalipun menaruh dendam,,,kepada yang berbuat jahat,,,

Metania Graciani Imanuela: Kasih itu Lemah Lembut, Panjang Sabar,Murah Hati,Kasih Itu Memaafkan, Kasih itu Kudus Tiada Batas. Itulah Teladan yg di ajarkan Tuhan Yesus Pada UmatNya

Niniek Suharni: Jadilah terang dan garam didunia ini kasihilah musuhmu seperti engkau mengasihi dirimu Gbu

Maria Maranda: Membaca tulisan ini membuat saya terharu sekaligus miris...berharap dan berdoa Tuhan tetap menjaga negara tercinta ini.... kami mmg tdk py kekuatan namun doa dan kasih kami akan tetap mengalir bt mereka yg membenci kami...Tuhan Yesus berkati

Thmega Mega: Terima kasih , dengan peristiwa ini IMAN KAMI semakin bertumbuh .

Iwan Manalu: Ampuni mereka ya Bapa,,,mereka tidak tau apa yg mereka perbuat,,,,

Frans Djatikusuma: Menitikan air mata, membaca tulisan mu sedih ngeliat negara ini semakin bobrok mental dan logikanya

Asiduman Sihotang: "Jikalau km berbuat baik kepada org yg baik kepadamu apalah untungmu, sebab yg jahat jg melakukan demikian"

Henny Irawan: Tq bang Denny GBU

Anugerahman: Sedih bacanya 
Tp itulah hidup yg penuh dgn Kasih.

Armelia Devi: Anggap saja pelaku nya kurang belajar agama. Sy sbg muslim ikut prihatin dan terus mendorong agar saudara2 muslim yg lain tetap menjaga toleransi beragama.

Lucia Pancarini: Terima kasih

Ayu Rice: Amin... semoga akan lbh banyak lgi muslim moderat spt mbak dan bang Deny.

Sri Ulina Purba: Tksh Bang Denny...atas empatinya...Tuhan baik buat bangsa kita ini. DIA memberi kita ujian dengan kasus2 ini agar kita naik kelas jd semakin toleran sebagai bangsa yg besar .Tuhan baik...Tuhan baik...

Kris Fallo: Terimakasih..Inilah makna Natal bagi kami...

Lili Bernhard: Membakar/membom gereja2, menginjak/menyobek kitab suci, mencacimaki/menghina, sekarang memotong tanda salib di makam, kelak apa lagi yg kau lakukan? apakah kami marah/sakit hati? lalu bikin demo2 gak jelas yg membuat pemerintah harus keluarkan dana milyaran utk pengamanan, tidak! kami bkn seperti itu, kami terus tersenyum (bahkan mendoakan kalian) karena kami makin yakin akan iman kami, dan kami juga jadi tau, betapa kerdilnya iman kalian..

Ji Suwarno: Tuhan Maha Kuasa, tidak perlu Ada demo berjilid2 utk membela Agama. Semuanya karena Kasih KaruniaNYA

Feby Febiola: Terima kasih atas tulisannya..semoga cinta kasih tetap ada di negeri ini...

Darling Randy Sinaga: Bg Deny memang suka hidup rukun Gb

Obrien Taarae: Amin

Martin Saikar: Dengan peristiwa ini mudah-mudahan iman kami makin bertumbuh dan bertambah teguh, . . .

Theresia: Ingat, bahwa ketika kita menanam padi, maka rumputpun ikut bertumbuh. Tetapi tdk pernah org menanam rumput lalu padipun tumbuh bersamanya.

Willem Franklin Tampilang: Untuk urusan seperti penghinaan, pengekangan, intimidasi, dsb, mk pembalasan adalah hakNya...

Opa John: Ini Ayat dalam Kitab Kami yg menjadi Pedoman Hidup kami:

Matius 5:44
Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Lukas 6:27
"Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;

Darling Randy Sinaga: Amin opa Gbu

Andryan Kolawidjaya: Itu khan dipotong dulu, baru dibuat Surat Pernyataan Tidak Keberatan, walaupun coba ditutupin tetapi itu jelas "ada keberatan"

Karolus Wibowo: Tapi mau diapakan lagi.. Apa harus pindah tempat agar tetap demikian. Hanya berkata sabar ya kepada almarhum jika harus "demikian adanya".

Paskalis Lukimon: Sedih, miris tapi inilah fakta yg harus dialami oleh sdra/i sy yg Kristen, kami bersyukur kra memiliki ajaran Iman yaitu Kasih....& Bersyukur bahwa dibumi persada Indonesia yg tercinta ini masih byk sdra/i Muslim yg inginkan kedamaian "kita bersatu n bersama dlm perbedaan, sungguh indah rasanya".

Stenny Joacim Rorong: Thank you bang atas tulisannya Gbu

Geni Zebua: Hanya bisa mendoakan semoga mereka d berkati Tuhan Yang Maha Kuasa. Jika kami hanya bisa berbuat baik kepada orang yg berbuat baik kpd kami, maka apa bedanya kami dengan mereka yg bahkan tidak mengenal Allah, sebab mereka juga bisa berbuat baik kpd orang yg berbuat baik kpd mereka. 
TYM

Romaida Panjaitan: Umat, Kristen hampir seluruh indonesia ini,seperti anak tiri,tersiksa membangun gereja,beribadah,dll.aq salutya itulh kasih tdk goyang bgi kita umat kristen.

Firi Wau Jiun: Terharu bacanya ..sehat selalu....Gbu. Simbol orang Kristen adalah memikul salibnya dgn kasih....krn kami percaya iman kami tetap teguh dlm segala hal.

Puspa Tirto: Dihadapan Tuhan yang penting bukan "tanda salibnya" tapi keselamatan jiwa

Fadil Maya: Tangkap pelakux baru kita bisa tahu apa motifx, jgn jgn hanya adu domba aja

Marison Simbolon: Ya begitulah kura kura ketika lebih mudah beragama dari pada bertuhan. Ketika Tuhan diletakkan pada porsi kemanusiaan. Miris!

Jojo Pyola: Trimakasih bung Denny,tlah meyemangati kami,
Moga pengharapan kita agar indonesia yg beragam kepercayaan ini bisa saling merangkul dan bergandeng tangan saling menghargai...amin.

Sriwaty Muladear Manik: Salam Kasih......

Gosseling Meity: Siapa yg menabur,,dia pasti akan mendapat hasil tuaiannya,.

Cristian Hasan Panjaitan: Kita berdoa bg mereka yg masih terganggu karena simbol, mari kita terus berbesar hati kepada saudara kita Muslim khususnya mereka yg masih sempit dalam pemahaman Agama. Tuhan Yesus kiranya memberkati dan menolong mereka yg merasa dirinya benar agar mereka secara pribadi bertemu dgn Tuhan Yesus Sang Juruselamat dan Pencipta semesta alam.

Chris Regina: Mas Ray Hans Sihotang...TUHAN kita tidak PERNAH membalas keJAHATAN. Karna TUHAN YESUS slalu menDatangkan DAMAI SAJAHTERA. Kalo pun kita mengalami suatu problema besar/kecil itu adalah pekerjaan si Iblis dan kadang TUHAN mengIjinkan itu terjadi, kenapa? Karna TUHAN menempah Iman kita menjadi kuat ( tidak gampang mengeluh dll ). Kalopun hanya masalah simbol keluarga alm.pun sudah mengikhlaskan dan mau berdamai sama masyarakat setempat. DAMAI itu INDAH. Tetap jadi anak TUHAN yang slalu menebarkan KASIHπŸ’– & DAMAIπŸ’ž. GBU.

Daniel Hia: Kita satu dalam : PERIKEMNUSIAAN YG ADIL DAN BERADAB. Bukan satu dlm : keagamaan yg penuh kebencian yg saling membantai

Syamsul Januart: Kasih melebihi segala sesuatu..
#NKRIHARGAMATI

Frans Tatindis Lewi: Semoga kami yang minoritas ini semakin teguh dalam ajaran KASIH..trimakasih buat Bang Denny yg sdh memotivasi kami untuk selalu hidup dalam KASIH...GOD bless Indonesian..

Melianasitompul: Sudah dikatakan di Alkitab,mengikut Yesus mmg harus menyangkal diri,pikul salib dan tinggalkan dunia,berat memang tetapi upahmu besar di surga...maka semakin teguhlah iman kita

Romauli Lubis: Berdoa utk Indonesia semoga Tuhan memberi kedamaian dan pemimpin yg baik dan bertoleransi tinggi yaitu masih jokowi No 1

S E Selan: Kiranya Tuhan mengampuni dosa-dosa mereka.

Lenciany EVa: Ada rasa haru juga tp itulah yg terhadi,di jalani dgn iklas dan tetap berimam saja bahwa semua akan indah pada saatnya

Nikolaus Ngao: Pak Deny perlu tanya dimana pemerintah dan aparat penegak hukum yang berkuasa melindungi dan mengayomi masyarakat khususnya kaum minoritas

Mamahiya Mamahiya: Sy mamahami betapa yg minoritas itu harus mengalah.tp bukan itu persoalan utama nya.karna zaman sekarang banyak manusia yg tdk punya hati.taro lh dia tdk beragama karna sekalipun dia beragama kalau nilai agama itu sendiri sdh tdk ada lagi.sedih nya sy kadang,islam slalu menjadi topeng dan menjadi baju zirah buat hadapi yg non islam.padahal hakekat utama adalah perdamaian.tujuan nya hanya akan mengaduk aduk toleransi yg sdh di bangun ribuan tahun.manusia sdh bukan lagi berhati manusia.tentang kasih semua manusia yg hidup di muka bumi ini memiliki kasih.bukan cuman kami nasrani saja.akan ttpi klau manusia itu hati nya sdh di tutupi dengan amarah iri dengki.kecemburuan hawa napsu.dll maka yg akan timbul adalah manusia yg menyerupai iblis .buat saudara ku muslim kita bersama sama bergandeng tangan.menyatukan tujuan agar mereka yg sdh khilap.supaya menyadari betapa bahagia nya kita kalau dngan perbedaan ini bisa bersama2 berjalan.

Nikolaus Ngao: Jadi tidak ada yang hebat dari pemerintah dan penegak hukum bila yang minoritas masih mendapat perlakuan yang tidak adil

Dina Nempung: Jarena duatas segakanya adakah KASIH,dengan kasih,semua hatu yang sekeras batupun akan luluh

Simon Pranji: Tuhan Allah yg hidup yg akan mrmbela umatNya......

Tiur Oiku: Tuhan sj mngijinkan 'perbedaan',siapalah kita mnusia yg memaksa dan merusak 'perbedaan' itu..dgn 'prbedaan' kita belajar saling mnghargai dan menghormati bukan saling brmusuhan..smoga Tuhan sll melindungi kita dr org2 yg mau merusaknya dan kita tetap bersatu krn kita bersaudara di dlm kasih TuhanπŸŒ·πŸƒπŸ’ž

Roy Dertianna Lingga: Terharu 😭 God bless Indonesia..

Stanislaus Didaskus: Semoga satu saat nanti mereka yg melakukanya akan kembali sadar dan memahami arti CINTA KASiH

Wahyuni Maharani: Membiarkan intoleran di negeri ini seperti memelihara anak macan ketika sudah besar mereka akan mencabik cabik bangsa ini yang sudah hidup rukun bersama dalam keberagaman agama dan budaya .. sangat sedih rasanya ketika melihat hati nurani semakin buta dan mati .. seharusnya pemerintah lebih tegas dalam hal ini ..

Alexander Potabuga Mandang: Iman Kristen kita sedang diuji ..
Tuhan yang kita sembah didalam Yesus Kristus adalah Tuhan yang hidup yang mampu melakukan segala perkara ....Dia tidak akan pernah membiarkan kita memikul beban diluar batas kemampuan kita .....

Max Reeves Riwala Banneringgi: Mata rantai intoleransi tdk akan putus selagi pemimpinnya tdk bisa memberikan pemahaman yg baik ke warganya

Je Suis WidyaningUtami: SALIB - I (atas) = T = LOVE = LOVE = LOVE = DOA = LOVE = DOA BAGI MEREKA = KASIH = DOA BAGI BANGSA = GUSTI YESUS

Ita Djengko: Kasih Tuhan indah dalam hidupku.. Apa pun yg terjadi di antara umat beragama menjadi pembelajaran.. Kedepan kita lebih baik lg.. Karena Tuhan berperang melawan penguasa2 yg berasal dari keegoisan, ketidaktaatan, penafsiran yg salah.. Dan lain sebagainya.. Tuhan memberkati..

Adi Purnama: Lebay abis kalo gak boleh pake nissan salib ya sudah itu kan bukan juga suatu keharusan dalam agama kristen, dijakarta gak ada tuh nissan salib di tiap tiap TPU kecuali makam yang baru itupun cuma sebagai penanda..sudah stop berita gak bermutu ini

Dame Manalu: Bukan soal nisan ada atau tidak, jakarta punya aturan tertentu. Di jakarta tidak pake kayu salip, tapi pakai batu nisan tetap ada tanda salibnya sbg kristen. Anda harus paham itu, bukan soal ga mutu, tapi pemerintah daerah setempat harus mampu memutus tali intoleransi itu klu negara ini mau lebih damai.

Lady Surentu: Salib bagi kami adalah simbol penderitaan Kristus... Andaikan bisa, kamipun ingin menghilangkan itu dari kehidupan kami, sebab salib adalah lambang penderitaan, dimana Yesus Kristus menderita mati dikayu salib hanya utk menebus dosa umat manusia, tapi apa daya itu merupakan Nubuat Allah yg tidak bisa kami sangkal. Simbol2 yg dirusak tidak mengecilkan iman kami percaya kami, sebab kisah dibalik salib itu terlalu kental dan sarat dgn makna Cinta,memaafkan dan Damai sejahtera...#thats_it

Miya Aries: Nangis ku baca nya biar lah Tuhan yang tau yg yang maha benar dan tuhan yg membenar kan mereka akan dapat balasan nya dr apa yg mereka lakukan dan mereka jg akan merasakan atas perlakuan mereka ke sesama manusia .. Tym ...

Ferdinando Lase: Mengikuti Krisrus memang bukan hal yang mudah. Kejadian ini kiranya semakin memperkuat iman dan percaya kita kepada-NYA, seraya mendoakan pelaku agar diberikan hikmad oleh DIA yang terlasibkan.

Atty Lainsamputty: Terimakasih bang Denny untuk tulisannya. Pembalasan memamng bukan hak kita...karena hidup kita bukan milik kita tetapi milik Tuhan. Jadi biarlah Tuhan yang Maha Adil membalas semua perbuatan mereka. Tuhan memberkatimu Bang Denny dan keluarga. Teruslah menulis dan teruslah menyuarakan keadilan dan kebenaran. (Asenk Lee)
Share this article :

Post a Comment