Home » , , , , » Menjemput Usia Ke 80, St R Kumpul Purba Pakpak Pantang Menyerah

Menjemput Usia Ke 80, St R Kumpul Purba Pakpak Pantang Menyerah

Written By Beritasimalungun on Monday, 18 February 2019 | 08:47

Samuel Purba mewakili cucu saat menyulang kue ulang tahun kepada Ompung tercinta St RK Purba Pakpak pada Ibadah Syukur Ulang Tahun Ke 80 Tahun St R Kumpul Purba Pakpak-( 12 Februari 1939 – 12 Februari 2019) dan HUT Perkawinan Emas (50  Tahun) St R Kumpul Purba Pakpak dengan P br Sitepu (27 Februari 1969 - 27 Februari 2019) di Aston Hotel Jambi, Sabtu 16 Februari 2019 berlangsung Penuh Hikmat dan Sukacita. Foto-Foto Asenk Lee Saragih.
Golden Wedding 50 St R Kumpul Purba dengan P br Sitepu

Jambi, BS-Sejak mengalami sakit Februari 2018 lalu, St R Kumpul Purba Pakpak tak menyerah begitu saja. Berbagai upaya penyembuhan diupayakan maksimal untuk menyembuhkan kanker stadium empat yang menggerogoti tubuhnya. Berobat di Indonesia, Malaysia dan akhirnya dirawat di RS Elisabeth Singapura bagian dari perjuangan St R Kumpul Purba Pakpak dalam melawan penyakitnya. 


Kerinduannya saat itu, ingin menjemput usia ke 80 Tahun dan Perayaan Ulang Tahun Emas Ke 50 dengan istri tercinta P Br Sitepu. Kerinduan itu dikabulkan Tuhan berkat Doa-Doa Keluarga, Gereja, Sahabat, Hamba Tuhan, dan setiap orang yang mengasihi St R Kumpul Purba Pakpak/ P Br Sitepu.
Baca: "Jangan Menyerah Ompung!!!"
 
Sebagai Rasa Syukur dan Ucapan Terimakasih atas Berkat Penyertaan Tuhan yang luar biasa, keluarga besar St RK Purba mengadakan Ibadah Ucapan Syukur memasuki usia yang ke 80 tahun St R Kumpul Purba Pakpak (12 Februari 1939 – 12 Februari 2019) dan Ulang Tahun Perkawinan Emas (Golden Wedding-50  Tahun) St R Kumpul Purba Pakpak dengan P br Sitepu, (27 Februari 1969 - 27 Februari 2019).

Ibadah yang berlangsung penuh sukacita dan hikmat itu dihadiri ratusan undangan terbatas dari keluarga, kerabat Marga, kolega, rekan kerja, karyawan dan para Hamba Tuhan (Pendeta) ikut merayakan sukacita ini yang diadakan di Aston Hotel Jambi, Sabtu 16 Februari 2019 Pukul 04.00 WIB hingga Pukul 22.00 WIB.

Ibadah ini dipandu oleh Penginjil Wanita (PW) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Jambi Denni R Br Damanik, Votum Liturgi dibawakan oleh Pdt Jhonmuliaman Sipayung STh dan kotbah Pdt Riando Tondang STh. Keduanya merupakan Fulltimer GKPS Resort Jambi.

Sementara Songliders oleh Ria Murni Br Saragih SPd, Helni Br Sipayung, Mama Yola Br Purba, Musik oleh Sy Friston R Sinaga SPd. 

Rangkaian Tata Ibadah meliputi Praeludium, Votum-Introitus-Doa, Bernyayi, Ungkapan Syukur dari St R Kumpul Purba Pakpak dan Keluarga Besar, Kesaksian dari St R Kumpul Purba/ P Br Sitepu, Doa Syafaat, Persembahan Pujian dari Komunitas Sahabat Orang Sehat (SOS) Jambi, Renungan Firman Oleh Pdt Riando Tondang STh, Persembahan Syukur, Doa Penutup-Bapa Kami-Berkat, Postludium dan diakhiri dengan Nyanyian Pujian “Bapa Trima Kasih”.

Dalam kesaksiannya, St R Kumpul Purba Pakpak, yang merupakan mantan Porhanger (Pimpinan) GKPS Jambi 2 Periode, Wakil Pengantar Jemaat 1 Periode, Perutusan Sinode Bolon GKPS Resort Jambi 3 Periode ini, hanya bersaksi soal perjuangannya melawat sakit sejak Februari 2018 lalu.

Dalam menjalani pengobatan di RS Elisabet Singapura, dirinya tetap berjuang dengan semangat yang luar biasa untuk diberikan kesembuhan. St R Kumpul Purba Pakpak tetap mengandalkan kuasa Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap pergumulan. 

“Saya serahkan Hidup Saya Kepada Tuhan, dan Tuhan memberikan saya usia hingga menginjak 80 tahun. Ini berkat Doa-Doa semua keluarga, Hamba-Hamba Tuhan, Gereja-Gereja, Kumpulan Marga dan SOS yang setiap hari datang mendoakan saya selama di rumah sakit,” ujar St R Kumpul Purba.


St R Kumpul Purba juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran semuanya pada Ibadah Syukur ini. Juga meminta maaf atas keterbatasan undangan. “Mohon Doa semuanya agar kesehatan saya dipulihkan seperti semula, ucapnya.

Dalam ibadah Tiga Fulltimer GKPS Resort Jambi Pdt Riando Tondang STh, PW Denni R Br Damanik, Pdt Jhonmuliaman Sipayung STh menyanyikan lagu Rohani Simalungun berjudul “Monang Do Ahu” (Aku Menang-Red). Lagu Ciptaan Pdt Dharma Sitopu dan Dipopulerkan Pdt Nantiaman Saragih ini mengisahkan perjuangan Pdt Dharma Sitopu saat melawan penyakitnya. Lagu ini menjadi lagu penguatan Iman bagi yang mendengarkannya. 

Sementara Pdt Riando Tondang STh dalam renungan Firmannya menyampaikan, seperti “Sungguh, umur panjang ada di tangan kananNya, di tangan kiriNya kekayaan dan kehormatan. Hidup dimintanya dari pada-Mu; Engkau memberikannya kepadaNya, dan umur panjang untuk seterusnya dan selama-lamanya. Karena oleh Aku umurmu diperpanjang, dan tahun-tahun hidupmu ditambah”. (Amsal 3: 16, Mazmur 21:5 dan Amsal 9: 11).

Lewat Ayat Firman itu, menunjukkan kalau St RK Purba sudah menjadi berkat bagi banyak orang. St RK Purba juga menjadi Saksi Kristus yang selalu mengandalkan Tuhan dalam setiap perjalanan hidupnya. Perjalanan hidup St RK Purba menjadi Tauladan bagi keluarga besar dan masyarakat di sekitarnya.  

Dalam Ibadah Ucapan Syukur Ulang Tahun Ke 80 St RK Purba dan HUT Perkawinan Emas (Ke 50) St R Kumpul Purba Pakpak dengan P br Sitepu, seluruh anak, menantu dan cucu hadir mendampingi St RK Purba dan P Br Sitepu.

Anak, dan Menantu dan Cucu seperti 1.Martha Sri Ulina Purba (Tidak Bisa Hadir), 2.Maria Magdalena Purba SE MBA/ St Awal JD Damanik SE MM, 3.Petrus Hilman Dapot Tuah Purba BBA / Anastasia Triana Ramasinta Br Haloho ST, 4.Christina Gloria Purba BBA/ Ir Pontas Sitanggang MM, 5.Monica Tri Octoria Purba SE MSc dan Cucu (Pahompu) 13 Orang ikut bersuka cita dalam Ibadah tersebut. 

Turut hadir pada acara ini Mertua dari Petrus Purba yakni Irjen Pol (Purn) Drs Edison D Haloho, Orang Tua dari Pontas Sitanggang dan kerabat “Tutur” Marga lainnya. Juga tampak hadir Yenny Br Sinaga, Junaedi Singarimbun Anggota DPRD Kota Jambi Fraksi PDIP.

Usai ibadah, dilanjutkan dengan acara perayaan yang dipandu oleh MC Marga Siahaan. Acara perayaan dimulai dari Tiup Lilin, Pemotongan Kue Ulang Tahun oleh St RK Purba. Lagu Selamat Ulang Tahun dinyanyikan oleh Erick Sihotang, Tiroy Sihotang, Tiofanta Pinem (Artis Batak Ibu Kota) yang sengaja diundang hadir memeriahkan acara tersebut.

Dilanjutkan dengan Pemberian Kue Ulang Tahun, diawali dari Petrus Purba mewakili anak, Samuel Purba mewakili cucu dan St Awal JD Damanik mewakili menantu. 

Kemudian sambutan dari  Petrus Purba. Dalam sambutannya Petrus Purba mengucapkan terimakasih atas kehadiran semua undangan kerabat Marga seperti Sitepu, Sinaga, Haloho, Purba Pakpak, Sembiring, Para Pendeta, Jemaat Gereja, Pimpinan GKPS Jambi dan seluruh undangan yang tidak dapat satu persatu.


“Kami mohon maaf atas keterbatasan undangan, karena tempat yang tidak dapat gedung yang besar. Acara Ibadah Ucapan Syukur ini hanya dilaksanakan sederhana, jadi kami mohon maaf atas terbatasnya undangan. Kami juga berterimakasih untuk semuanya acara ini berjalan dengan baik,” ujar Petrus Purba.

Pada kesempatan itu, tiga anak dari Petrus Purba juga menyampaikan Puisi sebagai “Hadiah” spesial kepada Ompung Tercinta. 

Mewakili menantu (Hela), St Awal JD Damanik SE MM juga memberikan sambutan singkat. Dia mengucapkan syukur bisa bagian dari keluarga besar St RK Purba/p Br Sitepu. Awal Damanik yang kini sebagai Caleg DPRD Provinsi Jambi Dapil Kota Jambi ini, juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh undangan yang hadir, terlebih kepada Para Pendeta dari dedominasi Gereja yang ada di Kota Jambi.

Usai Doa makan yang dibawakan Pdt Gurusinga, para undangan menikmati menu yang disajikan oleh para pegawai Aston Hotel ke meja masing-masing. Setidaknya ada 9 menu yang disajikan selama acara berlangsung. Menunya seperti Lumpia Keju, Sup Kepiting Hipiu, Nasi Putih, Cah Brokoli Udang Jamur, Sapi Lada Hitam, Steam Ikan Kerapu, Tim Tahu Ala Penang, Sayap Ayam GR Bawang Lada Garam, Longan Tofu.

Pada Acara Perayaan, Erick Sihotang, Tiroy Sihotang, Tiofanta Pinem and Rekan melantunkan lagu-lagu Batak Karo, Toba dan Simalungun. Secara khusus Tiofanta Pinem menyanyikan lagu Simalungun berjudul “Apuini Parsini Silau” Ciptaan Taralamsyah Saragih. 

Sementara Erick Sihotang juga melantunkan lagu Simalungun “Elvi”. Setidaknya ada sekitar 15 lagu yang dinyanyikan ketiga Artis Batak Ibukota itu selama acara tersebut. Bahkan para undanganpun diajak bergoyang disetiap lagu-lagu gembira. 

Pada acara ini juga Keluarga Besar St RK Purba/ P Br Sitepu menyediakan Hadiah Doorprize dan Souvenir menarik kepada undangan yang hadir. Acara ditutup dengan Doa, Jabat Tangan Ucapan Selamat dan Pulang Dalam Damai Sukacita. Selamat Lanjut Usia Ompung. Semangat dan Tambah Sehat. (Asenk Lee Saragih)

Gallery Foto Lain Ada di www.beritasimalungun.com
Petrus Hilman Dapot Tuah Purba BBA (Anak) menyulangkan  Kue Ulang Tahun kepada Ayahanda St RK Purba Pakpak pada Ibadah Syukur Ulang Tahun Ke 80 Tahun St R Kumpul Purba Pakpak-( 12 Februari 1939 – 12 Februari 2019) dan HUT Perkawinan Emas (50  Tahun) St R Kumpul Purba Pakpak dengan P br Sitepu (27 Februari 1969 - 27 Februari 2019) di Aston Hotel Jambi, Sabtu 16 Februari 2019 berlangsung Penuh Hikmat dan Sukacita. Foto-Foto Asenk Lee Saragih.

St Awal JD Damanik SE MM mewakili menantu menyulang kue ulang tahun kepada Bapak Mertua tercinta St RK Purba Pakpak pada Ibadah Syukur Ulang Tahun Ke 80 Tahun St R Kumpul Purba Pakpak-( 12 Februari 1939 – 12 Februari 2019) dan HUT Perkawinan Emas (50  Tahun) St R Kumpul Purba Pakpak dengan P br Sitepu (27 Februari 1969 - 27 Februari 2019) di Aston Hotel Jambi, Sabtu 16 Februari 2019 berlangsung Penuh Hikmat dan Sukacita. Foto-Foto Asenk Lee Saragih.


Keluarga Besar St RK Purba Pakpak penuh sukacita pada Ibadah Syukur Ulang Tahun Ke 80 Tahun St R Kumpul Purba Pakpak-( 12 Februari 1939 – 12 Februari 2019) dan HUT Perkawinan Emas (50  Tahun) St R Kumpul Purba Pakpak dengan P br Sitepu (27 Februari 1969 - 27 Februari 2019) di Aston Hotel Jambi, Sabtu 16 Februari 2019 berlangsung Penuh Hikmat dan Sukacita. Foto-Foto Asenk Lee Saragih.
Simak Video Fotoklipnya
Share this article :

Post a Comment