}); PDIP Resmi Usung Anton Saragih-Rospita Sitorus di Pilkada Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , » PDIP Resmi Usung Anton Saragih-Rospita Sitorus di Pilkada Simalungun

PDIP Resmi Usung Anton Saragih-Rospita Sitorus di Pilkada Simalungun

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 22 July 2020 | 09:26

PDIP Resmi Usung Anton Saragih-Rospita Sitorus di Pilkada Simalungun.
Pematangraya, BS-Setelah proses panjang, akhirnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung pasangan H Anton Saragih-Rospita Sitorus dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Simalungun 9 Desember 2020 mendatang. PDIP juga berkoalisi dengan PAN yang memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten Simalungun, sedangkan PDIP memiliki 8 kursi.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat (Anggota DPR RI Dapil Sumut III) kepada wartawan di Kantor DPC PDIP Simalungun, Jalan Asahan, Komplek Griya, Kabupaten Simalungun, Selasa (21/7/2020) mengatakan, dukungan Anton Saragih yang notabene kepada abang kandung Bupati Simalungun JR Saragih itu merupakan perintah Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarno Putri.

“Di dalam proses pencalonan, mulai dari bawah naik ke atas. Akhirnya kemarin Ibu Ketua Umum sudah memutuskan. Untuk Simalungun, kita akan dukung Haji Anton Saragih dan Rospita Sitorus. PDIP akan memberikan perhatian khusus pada Simalungun. Sebab, ada kader partai yang ikut bertarung dan lokasinya sangat strategis. Ada kader partai (Rospita), tuh. Semua kader partai harus solid memenangkan Pilkada di Simalungun,” tegas Djarot.


Kata Djarot, guna proses pemenangan nantinya, Ketua DPC PDIP Simalungun Samrin Girsang akan tampil paling depan.

“Jangan malu-maluin. Selama ini, kita kan kalah terus di sini, sama dengan Siantar. Jangan sampai di sini, saya ditugaskan sebagai Plt Ketua DPD, kemudian kadernya lemas. Semua calon kepala daerah dari PDIP akan dididik dan dimasukkan ke sekolah partai. Itu supaya visi misinya sama. Simalungun nanti nyambung sama Pematangsiantar, nyambung sama Karo, sama Batubara,” ujarnya.

Kata Djarot, apa yang dilakukan PDIP, khususnya dalam hal memutuskan calon kepala daerah yang didukung, tak lain untuk kepentingan rakyat.

“Ini untuk siapa? Untuk rakyat Sumatera Utara. Untuk saudara-saudara kita semua. Bukan untuk kita, kok. Yang menikmati siapa? Rakyat Sumatera Utara. Bukan pribadi-pribadi kita. Kita akan bela wong cilik ini. Kenapa? Karena sebagian besar pendukung kita, militan kita, itu adalah wong cilik,” ujarnya.

Sebelumnya dari Kabupaten Simalungun, hanya ada satu pasangan calon (paslon) yang diundang ke Kantor DPP PDIP Jakarta. Mereka adalah pasangan H Anton Ahmad Saragih dan Rospita Sitorus. 

Ketua DPC PDIP Simalungun Steven Samrin Girsang menambahkan, bahwa Paslon Anton Saragih-Rospita Sitorus merupakan cakada Simalungun yang tepat di dukung PDIP dan akan berkoalisi dengan PAN.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPD PDIP Sumut Mangapul Purba juga membenarkan bahwa H Anton Ahmad Saragih dan Rospita Sitorus merupakan satu-satunya paslon yang diundang menghadiri konsolidasi organisasi persiapan Pilkada Serentak 2020 dan komitmen calon kepala daerah yang akan digelar di markas DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat (Anggota DPR RI Dapil Sumut III) di Kantor DPC PDIP Simalungun, Jalan Asahan, Komplek Griya, Kabupaten Simalungun, Selasa (21/7/2020).(Istimewa)
PDIP akan mengusung paslon Anton-Rospita sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, politisi PDIP yang akrab disapa MP ini mengungkapkan bahwa hal itu merupakan salahsatu kemungkinan karena sudah konsolidasi komitmen kepartaian.

Bagus Kalau Dapat PDIP

Bakal Calon Bupati Simalungun Dr H Anton Saragih menyampaikan keinginannya untuk diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Warung Kopi Hitam Putih, Jalan MH Sitorus, Siantar Barat, Rabu pecan lalu. Anton mengatakan, saat ini dirinya masih fokus mencari partai pengusung. “Masih fokus cari kapal (partai) dulu,” kata Anton Saragih.

Anton Saragih pun mengungkapkan, jika partai yang diinginkannya adalah PDIP. Namun, Anton menilai, bukan hal yang mudah untuk diusung PDIP. Anton mengatakan, dirinya sudah mendaftar ke beberapa partai, seperti PPP, PKS, PAN dan PDIP.

Kata Anton Saragih, dirinya siap menjadi Bupati Simalungun tak lain untuk melakukan perawatan dan perbaikan. Rumah ini butuh perawatan. Gentengnya gimana, sengnya, lantainya. Bagaimana tanaman, anak-anaknya, sekolahnya, bagaimana kalau dia sakit.

Pada kesempatan itu, Anton mengungkapkan, jika dirinya pernah bertarung di Pilkada Siantar pada tahun 2000 silam. Saat itu, walikota masih dipilih DPRD. (Berbagaisumber/Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a comment