Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Menteri PUPR Tiba Di Parapat, Bupati Simalungun Sampaikan Permohonan Pembangunan Jalan DPSP Danau Toba-Bage-Tigaras

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH (kanan) di dampingi Wakil Bupati H Zonny Waldi, menyambut kedatangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) di Kota Wisata Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kebupaten Simalungun, Sumut, Selasa (1/2/2022). (Foto: DiskominfoSimalungun)

Parapat, BS
-Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH di dampingi Wakil Bupati H Zonny Waldi, menyambut kedatangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kota Wisata Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kebupaten Simalungun, Sumut, Selasa (1/2/2022). Pada kesempatan itu Bupati RHS menyampaikan permohonan pembangunan jalan strategis di Daerah Pariwisata Super Perioritas (DPSP) Danau Toba yakni ruas jalan mulai dari Bagei hingga ke Tigaras.

Kedatangan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rangka persiapan Peresmian Ruang Terbuka Publik (RTP) yang berlokasi di Pantai Bebas Parapat yang akan dilakukan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo.

Kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Bupati Simalungun RHS memberikan cendra mata berupa seperakat pakaian adat Simalungun. 

Dihadapan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Bupati Simalungun RHS menyampaikan permohonan dalam penangan jalan strategis di Daerah Pariwisata Super Perioritas (DPSP) Danau Toba yakni ruas jalan mulai dari Bage-Baluhut-Soping Sabah-Soping-Hutaimbaru-Nagoripurba-Gaol-Binangara-Sihalpe-Nagori-Haranggaol-Silumbak-Halaotan-Sirukkungan-Sipolha- hingga Tigaras. 

"Ruas jalan ini yang merupakan jalan susur pantai Danau Toba yang ada di Simalungun. Jika jalan tersebut dapat segera ditangani maka konektivitas, akses antar kabupaten akan terintegrasi. Akan tumbuh objek wisata-wisata baru di sepanjang pantai, yang pada gilirannya tentu akan mampu mendongrak ekonomi daerah dengan tumbuhnya bisnis bisnis baru di sepanjang Pesisir pantai seperti UMKM maupun IKM (industri kecil menengah)," terang RHS.

"Pantai di kawasan Danau Toba khususnya di Simalungun memiliki view yang sangat indah kolaborasi antara view Danau Toba dan pegunungan disekitar Danau Toba," jelas Bupati Simalungun RHS. 

Menurut Bupati Simalungun RHS, bahwa Simalungun memiliki pantai Danau Toba terpanjang kurang lebih 70 km. "Di sepanjang pantai telah tumbuh kota kota wisata dan pusat pemukiman penduduk, namun perkembangannya sangat lambat, hal ini berhubungan dengan akses jalan yang kondisi rusak berat,"kata Bupati Simalungun RHS. 

"Kami berharap adanya bantuan dari Kementrian PUPR yang dinakhodai oleh Pak Basuki untuk membantu Kabupaten Simalungun dalam hal percepatan penangan jalan susur pantai Danau Toba," katanya.

Dalam menanggapi permohonan Bupati Simalungun tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono langsung memerintah Dirjen Bina Marga dan Kepala Balai Jalan Nasional Sumatera Utara untuk menindak lanjuti usul Bupati Simalungun tersebut. 

Tampak pada penyambutan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yakni Sekda Esron Sinaga, Kadis PU Hotbinson Damanik, Kadis Kesehatan Edwin Tony SM Simanjuntak, Kadis Pariwisata M Fikri Fanani Damanik, Kadis PSDA Djamahaen Purba, Kasatpol PP Adnadi Girsang, Kadis Koperasi Maruli Tambunan dan Kepala BPBD Ramadhan Damanik. (Didik J/Lee)
Menteri PUPR Tiba Di Parapat, Bupati Simalungun Sampaikan Permohonan Pembangunan Jalan DPSP Danau Toba-Bage-Tigaras.

Menteri PUPR Tiba Di Parapat, Bupati Simalungun Sampaikan Permohonan Pembangunan Jalan DPSP Danau Toba-Bage-Tigaras.

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments