}); Bincang Ringan 2 Jam Bersama St RK Purba Pakpak | BeritaSimalungun
Home » , , , » Bincang Ringan 2 Jam Bersama St RK Purba Pakpak

Bincang Ringan 2 Jam Bersama St RK Purba Pakpak

Written By Beritasimalungun on Friday, 24 May 2019 | 21:32

Asenk Lee Saragih Bincang Ringan 2 Jam Bersama St RK Purba Pakpak, Jumat (24/5/2019). Foto Ezer Twopama Manihuruk.
Jambi, BS-Semangat juang dalam melawan penyakit sungguh luar biasa. Itulah yang dihadapi St RK Purba Pakpak, seorang Tokoh Agama (GKPS), Tokoh Masyarakat Batak Simalungun di Kota Jambi. Berjuang melawan penyakit yang dideritanya selama dua tahun terakhir ini, tak menyurutkan semangat hidup bagi seorang St RK Purba. Berobat pulang pergi Jambi-Singapura, bagian dari perjuangan St RK Purba dalam melawan sakitnya. 

Namun dalam pergumulan sakit, ternyata St RK Purba Pakpak tetap menampakkan wajah yang berseri saat menyambut Saya, istri dan tiga anak kami saat mengunjungi St RK Purba Pakpak dikediamannya Lorong Karya Telanaipura, Kota Jambi, Jumat (24/5/2019) Pukul 17.30 WIB hingga 19.30 WIB.

Saat tiba dirumah, kami disambut Op Samuel Boru (P Br Sitepu). Kami dipersilahkan masuk dan duduk di ruang tengah. Kemudian Ica, putri bungsu St RK Purba membelikan makanan ringan (Kue) dan menyuguhkannya serta Ompung Samual Boru menyuguhkan minuman. 

Setelah kami ngobrol bersama Op Samuel Boru sekitar 20 menit, kemudian Op Samuel Boru memberitahukan kedatangan kali kepada Op St RK Purba Pakpak yang lagi istirahat di kamar. 

Sesaat kemudian St RK Purba Pakpak keluar dari kamarnya dengan wajah yang ceria dan menyapa “roh hanima ambia, malah uhur, idingat hanima do hape diri” (Datang kalian, saya senang masih ingat kalian sama saya-red). 

Sembari saya menyapa, “semoga tambah sehat Ompung. Tetap semangat dan berjuang melawan penyakit”. 

“Torihma ambia, badan domma kurus tumang. Bolak balik Jambi-Singapura itangani 10 dokter. Pasu-pasuni Tuhan mando Ambia ibere diri manggoloh das kon sonari, (Lihatlah Badan sudah tambah kurus, bolak balik Jambi-Singapura, Kuasa Tuhanlah bisa hidup hingga saat ini-red),” ujar St RK Purba. 

Dalam kondisi sakit dalam pemulihan itu, St RK Purba masih mengajak Saya untuk membicarakan banyak hal. Mulai dari Politik, termasuk Pilkada Simalungun dan Soal Ijin Gereja, Juga soal Rehap Gereja GBKP Kotabaru Jambi.

St RK Purba juga mengingatkan soal pengurusan Ijin GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi. Dia juga menyinggung Wali Kota Jambi H Syarif Fasha terkait surat ijin GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi yang sudah berada di meja Wali Kota Jambi, namun belum ditanda tangani. 

“Semoga diusia lanjut saya ini, Wali Kota Jambi H Syarif Fasha mau menandatangani ijin Gereja GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi yang beralamat di Lorong Penerangan Alam Barajo, Kota Jambi itu,” ujar St RK Purba berharap.

St RK Purba Pakpak juga menyinggung soal perkembangan pelayanan di GKPS Kota Jambi dan juga Pos PI Simpang Rambutan Lintas Timur Provinsi Jambi dan Pos PI Bayung Lencir.

Ompung Samuel ini juga menyampaikan Rasa Simpatik kepada Alfol Siregar dan Jhon Moris Siregar yang kini sudah menempati rumah sendiri setelah sekian lama menjaga Gereja GKPS Jambi. Namun kesedihan kedua Orang Tua Alfon dan MOris Siregar (A Siregar-M Br Munthe) meninggal saat mereka menjaga GKPS Jambi. 

St RK Purba juga menyinggung soal keberadaan Pdt Riando Tondang STh (Pendeta GKPS Resort Jambi) yang saat ini berobat di RS Harapan Kita Jakarta. 

Bincang-bincang ringan dengan St RK Purba Pakpak, juga teringat soal Pilkada Bupati Simalungun September 2020 mendatang. Adanya informasi sosok St Irjen Pol Drs M Wagner Damanik MAP yang ingin maju di Pilkada Simalungun, St RK Purba Pakpak sangat mengapresiasinya.

“Maju kantanya St Wagner Damanik di Pilkada Simalungun, mantap itu. Cocok sekali Wagner Damanik itu maju di Pilkada Simalungun. Biar maju Simalungun itu. Saya sangat setuju sekali Wagner Damanik maju di Pilkada Simalungun,” kata St RK Purba.

Pilkada Gubernur Jambi juga tak luput disinggung oleh St RK Purba. Adanya informasi lewat media bahwa Bupati Sarolangun H Cek Endra salah satu kandidat maju di Pilgub Jambi, St RK Purba menanggapi posif niat tersebut. 

“Itu kawan Ompungmu itu. Bapak H Cek Endra itu baik,” sahut Op Samual Boru yang juga ikut menyimak perbincangan ringan Saya dengan St RK Purba.

Diakhir perbincangan, Ompung Samual Boru juga menyinggung soal St Marsiaman Saragih (Anggota Komisi XI DPR RI  Fraksi PDIP) yang sudah beberapa kali ke Jambi dalam kunjungan kerja (reses) tak pernah meluangkan waktu mengunjungi Ompungmu ini (St RK Purba-red).

“Kamis St Marsiaman Saragih ke Jambi kunker, tapi tak singgah ke rumah. Sudah lupa mungkin sama Ompungmu ini,” celetuk Ompung Samuel Boru.

Waktu yang sudah hampir 2 jam, saya, istri dan tiga jagoan pamit pulang karena mengingat St RK Purba Pakpak juga mau istirahat. St RK Purba-pun menyalamkan “uang jajan” kepada Moses Juneri Manihuruk, Ezer Twopama Manihuruk dan Trionel Aguero Manihuruk. 

Sayapun memeluk Ompung St RK Purba sembari mata berkaca-kaca, karena mengingat perjuangan Ompung St RK Purba ini dalam melawan penyakitnya selama dua tahun belakangan ini.

Eh saat keluar rumah, ternyata Ompung St RK Purba-pun memberikan “ongkos grab” kepada Lisbet Sinaga. “Sering-sering kalian datang ya nang,” ujar St RK Purba kepada Lisbet Sinaga. 

Perbincangan dalam keadaan pemulihan sakit itu, wajah St RK Purba Pakpak memancarkan “cahaya kehidupan” dengan penuh semangat. Seakan-akan terbesit kata-kata “Saya Ingin Hidup 1000 Tahun Lagi”. Tambah Sehat Ompung, Tuhan Memulihkan dan Melindungi. (Asenk Lee Saragih)   
Asenk Lee Saragih Bincang Ringan 2 Jam Bersama St RK Purba Pakpak, Jumat (24/5/2019). Foto Ezer Twopama Manihuruk.

 
Asenk Lee Saragih Bincang Ringan 2 Jam Bersama St RK Purba Pakpak, Jumat (24/5/2019). Foto Ezer Twopama Manihuruk.

Asenk Lee Saragih Bincang Ringan 2 Jam Bersama St RK Purba Pakpak, Jumat (24/5/2019). Foto Ezer Twopama Manihuruk.

Lisbet Sinaga, Onel, Moses, Ezer, St RK Purba Pakpak, Ompung Samuel Boru P Br Sitepu, Jumat (24/5/2019).

Lisbet Sinaga, Onel, Moses, Ezer, St RK Purba Pakpak, Ompung Samuel Boru P Br Sitepu, Jumat (24/5/2019).
          
 
Share this article :

Post a Comment