}); November 2019 | BeritaSimalungun

BERITA TERBARU

MENU BERITA

MATRA-Media Lintas Sumatera (BETA)

MATRA-Media Lintas Sumatera (BETA)
KLIK Benner Untuk Penampakannya
INDEKS BERITA

Pelajar di Saribudolok Terjaring Operasi

Written By Beritasimalungun on Saturday, 30 November 2019 | 12:01

DIBINA: 8 pelajar yang terjaring Operasi Kasih Sayang dibina di Mapolsek Saribudolok, Kamis (28/11/2019). Foto SIB/Mey Hendika Girsang
Saribudolok, BS-Sebanyak 8 pelajar di Saribudolok Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun terjaring operasi kasih sayang, Kamis (28/11/2019). Hal tersebut dibenarkan Kapolsek Saribudolok AKP Leston Siregar SH.

"Ya, ada 8 pelajar yang terjaring operasi ini," ujarnya sembari menyebut, pihaknya melakukan operasi itu bersama-sama dengan personil Koramil 12 Saribudolok dan personil Kantor Camat Silimakuta.

Pelajar yang terjaring operasi itu, dibawa ke Mapolsek Saribudolok untuk dibina, kemudian dipanggil orangtuanya dan gurunya. Setelah itu, pelajar tersebut membuat surat pernyataan, agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Ini kita bina dan buat surat pernyataan. Setelah itu, dipulangkan kepada orangtuanya," kata Kapolsek sembari berharap kepada orangtua dan pihak sekolah bersama-sama menasehati pelajar itu, agar baik ke depannya. (BS-SIB)

Jalan Provinsi di Sondi Raya Simalungun Mulus

JALAN MULUS: Proyek peningkatan struktur jalan provinsi di Sondi Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun sudah hampir rampung. Badan jalan tampak mulus, Kamis (28/11/2019).(SIB)
Raya, BS-Proyek peningkatan struktur jalan provinsi di Sondi Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun sudah hampir rampung. Badan jalan tampak mulus.

Warga setempat, Belman Purba, Janri Purba dan Horaedi Dasuha, Kamis (28/11/2019), menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang telah memprogramkan perbaikan jalan tersebut.

Menurut mereka, jalur lintasan itu sebelumnya mengalami kerusakan yang sangat parah sehingga sulit dilewati kendaraan.
 
Akses jalan tersebut sebagai penghubung kota Pamatangraya ibukota Kabupaten Simalungun menuju Sindar Raya Kecamatan Raya Kahean dan dapat tembus ke Tebingtinggi, Serdangbedagai hingga Lubukpakam.(BS-SIB)

Pemerintah Pusat Belum Sikapi Soal Status KLB Kolera Babi di Sumut

ILUSTRASI-TERNAK BABI. SIB
Medan, BS- Pemprov Sumut hingga kini masih menunggu tindak lanjut dari pemerintah pusat, terkait status kejadian luar biasa (KLB) kolera babi. Upaya yang bisa dilakukan Pemprov Sumut saat ini hanya melalui disinfektan dan mencegah perpindahan antarbabi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, Azhar Harahap mengatakan, persoalan baru saat ini sekaitan penyebaran hog cholera yakni perpindahan orang yang sudah masuk lingkungan yang terpapar wabah tersebut. Artinya, bagi orang yang memakan daging babi yang sudah terjangkit hog cholera, perpindahan dia ke tempat lain juga dapat menambah penyebaran wabah itu.

"Misalkan dia makan atau buang air besar di satu tempat, limbah kotoran dia itu bisa pindah ke situ. Karena daging (terserang hog cholera) yang dikonsumsi manusia, ketika dia buang kotoran, virusnya hidup selama 140 hari (dalam kotorannya). Jadi bisa tersebar juga melalui itu," katanya menjawab wartawan, Jumat (29/11/2019).

Pihaknya masih konsen soal perpindahan babi antar desa, antar kecamatan sampai antar wilayah. "Namun di satu sisi, tidak bisa kita mencegah perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lain. Ditambah lagi ada acara-acara adat dan lain sebagainya, tidak mungkinlah itu kita larang," katanya.

Dia juga menegaskan vaksin dan obat akibat wabah ini sudah tidak ada. Begitupun kepada kelompok peternak, pihaknya hanya bisa himbau untuk menjaga lingkungan peternakannya tetap bersih dan steril. 

Saat disinggung sudah berapa kabupaten dan kota terserang kolera babi di Sumut, dia menyebut 14 daerah. Bahkan kasus kematian 33 ekor babi akibat kolera babi yang baru-baru ini terjadi di Simalungun, diakuinya bahwa pihaknya belum lakukan penelitian.

"Itu belum diteliti apakah hog cholera atau bukan. Baru tadi laporannya itu. Dan untuk status KLB, yang berhak menyatakan itu adalah menteri. Karena pak gubernur sudah melaporkan ke menteri sesuai hasil penelitian dan laboratorium tentang hog cholera dan tinggal menteri serta ahli-ahlinya kan ada di pusat," katanya.

Dia menambahkan mengenai pembiayaan ataupun ganti rugi yang disuarakan para peternak, sampai kini belum ada pembahasan ke arah sana. Dan saat ini disebut dia sudah ada 14 ribu ekor lebih babi yang mati di Sumut.(BS-SIB) 

Hakim PN Medan Tewas di Jurang, Ini Kata Istrinya

ILUSTRASI-JENAZAH
Medan, BS - Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan Jamaluddin ditemukan tewas di sebuah jurang di Dusun II Namo Rindang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (30/11/2019).

Berdasarkan pengakuan istri korban, Juraida, sebelum ditemukan tewas, suaminya sempat berpamitan untuk bertemu rekannya di Bandara Kualanamu.

"Kata istrinya tadi sama saya, dia (korban) jemput temannya ke bandara. Jam 5 sudah berangkat dari rumah," kata Humas PN Medan Erintuah saat ditemui di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Medan, Jumat malam.

Selain itu, kata Erintuah, rekan kerjanya juga sempat melihat korban hadir ke kantor. Pada saat itu korban tidak mengenakan pakaian training seperti yang dipakai saat ditemukan meninggal dunia.

"Masih pakai jins dia, belum pakai training. Karena memang setiap hari Jumat kami olahraga, cuma hari ini enggak ada olahraga karena ada kegiatan sosialisasi. Tapi waktu sosialisasi itu dia udah enggak kelihatan," jelasnya.

Pantauan di lokasi, hingga saat ini proses autopsi masih berlangsung, sementara sejumlah sanak saudara korban masih menunggu di depan kamar jenazah RS Bhayangkara Medan.

Diberitakan sebelumnya, Jamaluddin ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di sebuah jurang di Dusun II Namo Rindang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Jumat siang.

Korban yang merupakan Hakim dan juga Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan, ditemukan warga di dalam mobil Toyota Land Cruiser Prado nomor polisi BK 77 HD warna hitam.

Saat ditemukan jenazah sudah membiru dengan kondisi terbaring di posisi bangku belakang.(BS-Beritasatu.com)

Ini Klarifikasi Agnez Mo soal Tudingan Tak Nasionalis Terkait Kasus "Darah Indonesia"

Agnes Monica atau yang akrab disapa Agnez Mo ( Foto: istimewa )
Jakarta-BS- Ucapan yang dikeluarkan Agnez Mo dalam sebuah wawancara dengan Build Series di Amerika Serikat beberapa lalu, belakangan memang tengah viral di media sosial. Ini lantaran dalam wawancara tersebut, Agnez menyebut dirinya tidak memiliki darah Indonesia.
Akibat kasus itu, tak sedikit masyarakat menyampaikan pandangan dan juga pendapatnya tentang apa yang diucapkan Agnez dalam wawancara tersebut. Ada yang memuji apa yang diucapkan Agnez dalam wawancara itu, namun tak sedikit yang mengkritik penyanyi yang mempopulerkan tembang Coke Bottle itu terkait ucapannya tersebut.
Bahkan Bayak pula yang menyebut Agnez sebagai artis Indonesia yang tak tahu diri bagai kacang lupa kulitnya cuma gara-gara ingin terkenal di AS.
Beragam tanggapan dilontarkan tak hanya oleh masyarakat saja akibat viralnya video tersebut. Sejumlah artis dan publik figur hingga pejabat negara yang berkomentar tetang viralnya wawancara Agnes Mo itu. Sadar hal itu makin membesar, Agnez pun akhirnya buka suara. Hal itu diunggah dalam video di kanal Youtube saat Agnez melakukan wawancara dengan mentalis Deddy Corbuzier yang diunggah, Jumat (29/11/2019).
"Saya sangat sedih akibat wawancara itu, saya dituduh tidak mengakui Indonesia sebagai negara saya. Dan kayaknya semua orang thau, saya orang Indonesia. Bahkan yang di Amerika pun tau. Makanya itu tiap interview yang ditanya 'Kamu orang Indonesia, gimana sih di sana?' Saya enggak pernah menutupi itu (identitas orang Indonesia), saya selalu memilih untuk kasih tau mereka kalau saya orang Indonesia," ungkap Agnez.
Agnez dalam kesempatan ini juga sangat menyayangkan akibat viralnya video wawancaranya ini banyak orang yang tiba-tiba jadi seperti pakar bahasa. Dan yang yang lebih menyedihkan Agnez, dari wawancara panjang yang dilakukan itu hanya 30 detik saja yang dijadikan bahan untuk menunjukan rasa nasionalisme-nya.
"Banyak yang tiba-tiba jadi pakar bahasa. Jangan cuma bedah kata-kata 30 detik dari 27 menit interview. Pertama konteksnya adalah yang wawancara saya itu, bukan pertama kali wawancara saya. Kalau boleh saran coba lihat wawancara saya dari menit ke empat sampai menit ke 7 yang ngomong Indonesia karena tahu Agnez Mo orang Indonesia. Itu orang suka lupa. Saya orang Indonesia itu sudah established. Saya tidak pernah menutupi itu. Bukan hanya tidak menutupi, tapi saya selalu memilih untuk memberi tahu bahwa saya orang Indonesia," lanjutnya.
"Saya punya transkrip wawancaranya. Ini masalah personal. Ini terasa menyakitkan karena permasalahan personal. Tiap wawancara saya sebenarnya tak harus memberi tahu saya orang Indonesia. Tapi saya memilih untuk melakukannya," tambahnya. Jadi tolong jangan hanya bedah yang 30 detik itu saja, tapi lihat keseluruhannya," tambahnya.
Ditanya Deddy tentang soal darah atau DNA Indonesia yang menjadikan kasus ini menjadi viral, Agnez menyebut jika blood atau darah yang dia sampaikan saat wawancara tersebut bukan bermaksud untuk mengingkari dirinya orang Indonesia.
"Itu daily conversation bahwa Indonesian blood itu bukan secara literally tapi garis keturunan. Kita ngomong secara biologically. Sebelum bedah kata-kata yang menjadi kontroversi ini kita bicara nasionalis. Kalo saya nggak bangga jadi orang Indonesia kenapa gue selalu bicara soal Indonesia terus-menerus? Ngapain saya bawa-bawa terus budaya dan trasional Indonesia?? Sedih aja. Dengan klairifikasi ini saya berharap masalahnya bisa cepat selesai dan sekali lagi saya bangga jadi orang Indonesia," tandasnya.
Dalam wawancara yang dilakukan dengan Deddy Corbuzier itu, penyanyi kelahiran Jakarta, 1 Juli 1986 itu beberapa kali memang terlihat menangis terlebih terhadap kritikan sejumlah masyarakat yang menyatakan Agnez tak nasionalis.
Berikut wawancara Agnez Mo dengan Deddy Corbuzier:

Pembangunan Ibu Kota Baru, Bappenas Buka Peluang untuk Asing

Lahan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur ( Foto: Istimewa )
Jakarta, BS-Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas/PPN) membuka peluang kerja sama dengan negara asing dalam pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan.

Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Leonard Tampubolon di Jakarta, Jumat (29/11/2019), mengatakan pihaknya saat ini sedang menyusun konsep pembangunan ibu kota baru, untuk kemudian ditentukan spesifikasi kerja sama yang dapat dilakukan dengan mitra asing.

“Kami terbuka sebetulnya , tetapi kami harus melihat detailnya seperti apa, bentuk kerja samanya bagaimana. Konsepnya masih disusun, nanti setelah konsep ada baru kita tahu kebutuhannya seperti apa,” kata Leonard ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Jumat.

Presiden Joko Widodo telah memutuskan ibu kota pemerintahan pindah dari DKI Jakarta ke Kalimantan, dan menunjuk Kementerian PPN sebagai koordinator untuk merencanakan konsep pembangunan ibu kota baru.

Hingga saat ini, lanjut Leo, negara yang sudah menawarkan diri untuk bekerja sama dalam pembangunan ibu kota baru antara lain Jepang, Korea dan Australia. Skema pembiayaan kerja sama pembangunan tersebut beragam, antara lain investasi, hibah atau pinjaman.

“Mereka menawarkan mereka bisa terlibat dimana. Tapi kami harus melihat dulu detailnya seperti apa, harus melihat kerja samanya bagaimana,” tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan mitra asing yang ingin menawarkan kerja sama dalam pembangunan ibu kota baru harus memenuhi syarat yang sesuai dengan kebutuhan Pemerintah.

“Nanti yang diambil itu yang kita anggap mampu memiliki teknologi yang memadai, sesuai dengan rencana itu. Dan juga dengan kondisi-kondisi yang disepakati,” ujar Wapres Ma’ruf di Kantor Wapres Jakarta, Kamis (28/11/2019).(BS-Beritasatu.com)

BBKSDA Sumut dan Karyawan Survei Okupansi Harimau Sumatera di Aek Nauli

Written By Beritasimalungun on Friday, 29 November 2019 | 08:13

ILUSTRASI-HARIMAU SUMATERA
Parapat, BS-Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara dan sejumlah karyawan Toba Pulp Lestari (TPL) menggelar pelatihan survei okupansi Harimau Sumatera selama dua hari Jumat (22/11/2019) dan Sabtu (23/11/2019) di sekitar konsesi Aek Nauli Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun.

BBKSDA Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi mengatakan, tujuan pelatihan survei okupansi Harimau Sumatera untuk mendapatkan data terkini sebaran dan kondisi habitat Harimau Sumatera, untuk dijadikan dasar intervensi untuk pelestarian agar populasi Harimau semakin berkembang dan tetap lestari.

Dikatakan, kegiatan pelatihan selama dua hari dan dilanjutkan survei hingga 6 Desember 2019 di dalam hutan Aek Nauli, didasari dengan pertimbangan sejarah konflik antara manusia dan Harimau Sumatera.
 
Dijelaskannya, keberadaan populasi Harimau Sumatera di Kabupaten Simalungun terdeteksi pada Juli 2017, ditandai dengan ditemukannya seekor Harimau Sumatera dewasa yang terjerat perangkap babi hutan di areal perkebunan masyarakat Nagori (desa) Parmonangan Kabupaten Simalungun yang berbatasan dengan konsesi HTI TPL.

Departemen Enviromental Health Safety & Fire Protection Senior Manager TPL, Ir Mangasi Sianipar MSi menyampaikan perusahaan memiliki komitmen untuk melaksanakan konservasi ekosistem, perlindungan keanekaragaman hayati dan pengelolaan flora dan fauna di sekitar areal konsesi perusahaan dan mendukung kegiatan Survei Okupansi Harimau Sumatera, karena kegiatan ini selaras dengan kebijakan lingkungan TPL dalam penerapan pengelolaan hutan produksi lestari" jelas Mangasi. (BS-SIB)

Mochtar Riady: Digital Sudah Kuno, Sekarang Bicara AI

Written By Beritasimalungun on Thursday, 28 November 2019 | 12:33

Pendiri Lippo Group Mochtar Riady menjadi pembicara di Indonesia Digital Conference yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di gedung Djakarta Theater, 28 Nov. 2019. ( Foto: Beirtasatu / Heru Andriyanto )
Jakarta, BS- Pendiri Lippo Group Mochtar Riady mengatakan teknologi digital yang kerap digaungkan sekarang ini sebetulnya bukan hal baru karena sudah ditemukan sejak 1946.

Revolusi industri yang sekarang sudah mengarah pada kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan nano-technology.

"Sesungguhnya digital ini sudah dimulai dari 1946, jadi sudah 74 tahun. Ini bukan teknologi yang baru, sudah lewat punya urusan," kata Mochtar saat menjadi keynote speaker di acara Indonesia Digital Conference yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

"Kita bukan lagi cerita teknologi digital, tapi sekarang bagaimana memanfaatkan digital ini untuk perdagangan kita, untuk administrasi kita supaya semuanya jadi efisien. Jadi digital bukan teknologi baru, no! Ini sudah tua, yang akan datang adalah AI, semua robotik," kata pengusaha yang sudah berusia 91 tahun itu.

Memahami tahapan perubahan teknologi sangat penting supaya Indonesia bisa menarik manfaat maksimal dari apa yang disebut revolusi menuju industry 4.0 ini.

Mochtar mencontohkan perkembangan di teknologi kendaraan, dari kereta bertenaga hewan lalu ke kendaraan bensin dan sekarang ini mulai beralih ke kendaraan bertenaga listrik.

Semua itu dimungkinkan berkat teknologi nano untuk menciptakan baterei kendaraan. Sekarang ini sedang dikembangkan baterei yang bisa mencapai jarak tempuh 1.000 kilometer dengan sekali isi ulang atau charge yang hanya butuh waktu 10 menit, kata Mochtar.

"Jadi jangan terus memikirkan 'digital, digital' seolah-olah sesuatu yang sangat luar biasa. It's nothing! Kita sekarang bicara artificial intelligence," kata Mochtar.

Lebih lanjut Mochtar menyampaikan bahwa perubahan teknologi memiliki dua mata pedang, bisa membinasakan kekuatan ekonomi negara yang tidak mengikutinya atau melahirkan kekuatan ekonomi baru di negara-negara yang mengikuti perkembangan zaman.

"Seperti air juga, dia bisa menggerakkan kapal, tetapi juga bisa menenggelamkan kapal," kata Mochtar.

Mochtar mencontohkan pada era dinasti kuno, Tiongkok adalah negara yang sangat kuat ekonominya, tetapi tidak mengikuti revolusi industri tahap satu dan dua sehingga kemudian terpuruk.

Baru pada pertengahan 1990an Tiongkok merevolusi industrinya dan bisa bangkit menjadi kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia sekarang ini.

Belajar dari hal itu, Mochtar mengingatkan agar Indonesia tidak minder dan berkecil hati menyongsong industry 4.0.

"Pada 1995 kita lebih maju dari Tiongkok, di mana di sana tidak ada 1 kilometer pun jalan highway (tol), apa pun tidak ada," kata Mochtar.

Namun, dengan mengikuti perkembangan teknologi, ekonomi Tiongkok sekarang melesat.

"Jadi jangan minder karena merasa kita sekarang kecil," kata Mochtar.(BS-Beritasatu.com)

Tiga Sapi Mati, Diduga Dimangsa Harimau

Warga Dusun Sipinsur, Desa Perkebunan Hapesong, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, dikagetkan dengan penemuan sapi ternak yang mati dengan kondisi tercabik-cabik. Diduga sapi-sapi itu dimangsa Harimau, Rabu (27/11/2019) siang. (Faseberita.id)
Beritasimalungun-Warga Dusun Sipinsur, Desa Perkebunan Hapesong, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, dikagetkan dengan penemuan sapi ternak yang mati dengan kondisi tercabik-cabik. Diduga sapi-sapi itu dimangsa Harimau, Rabu (27/11/2019) siang.

Jejak-jejak hewan lindung yang identik dengan belang itu, juga ditemukan tak jauh dari lokasi sapi ditemukan. Ada empat sapi, tiga berada di sekitaran perkebunan dusun itu dan satu ekor lagi belum ditemukan. Dari tiga sapi itu kondisinya tercabik dan satu sekarat.

Sapi yang hilang merupakan sapi jantan dewasa, sementara sapi yang mati merupakan sapi indukan dewasa dan seekor sapi anakan. Dan satu sapi lagi yang sekarat telah disembelih warga.

Keseluruhan sapi itu milik Sumadi (43) dan Sudir (38), warga setempat yang bekerja di PTPN III dan biasa membiarkan sapi-sapinya berada di kawasan perkebunan karet itu.

Polisi dan TNI dipimpin Kapolsek Batangtoru AKP DMZ Harahap dan Danramil 01/Batangtoru Kapten Czi Pahlawab sudah turun ke lokasi setelah mendapat laporan masyarakat.

Mereka juga masih menunggu pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) guna memastikan bukti-bukti jejak dan keamanan warga sekitar dan hewan lindung tersebut, bila dugaan itu benar agar tidak terjadi konflik dengan manusia.

"Kami lagi di lokasi, tim BKSDA baru tiba," Kapolsek Batangtoru AKP DMZ Harahap melaporkan kemarin siang.

Polisi dan TNI di lokasi penemuan bangkai sapi dan jejak harimau di Dusun Sipinsur, Desa Perkebunan Hapesong, Kecamatan Batangtoru, Tapsel, Rabu (27/11/2019) sore.(BS-Rel)

Wagner Damanik Semakin Menyentuh Hati Masyarakat Simalungun

Wagner Damanik Semakin Menyentuh Hati Masyarakat Simalungun.
Beritasimalungun-Bakal calon bupati Simalungun Irjen Pol (Purn) M Wagner Damanik semakin dikenal dan menyentuh hati masyarakat Simalungun.

Nama dan sosok pria yang mempersunting Maya Br Purba ini, selalu disambut hangat saat mengunjungi nagori memperkenalkan diri sekaligus menyampaikan keinginannnya menjadi Bupati Simalungun Pilkada 2020.

Dalam kunjungannya, masyarakat menyampaikan kondisi yang dialami saat ini, kondisi yang tidak baik dalam segi ekonomi. Itu dikarenakan harga-harga komoditi pertanian, tidak sebanding dengan besarnya biaya produksi. Belum lagi biaya transportasi yang membengkak, karena infrastruktur jalan yang kebanyakan rusak parah.
 
"Kita ingin ada perubahan di masa depan, melalui pemilihan bupati ini. Kondisi sekarang memang lagi susah, kita berharap pemimpin yang sederhana, tegas dan berkomitmen untuk membangun, " kata R Simarmata, di Kecamatan Gunung Maligas.

Harapan warga kepada sosok Wagner Damanik, sangat besar. Harapan tersebut diwujudkan dengan semakin bertambahnya dukungan melalui pemberian KTP untuk kepentingan pencalonan Putra Sipolha ini.

"Pak WD jawaban atas masalah yang terjadi saat ini. Keinginanannya untuk menjadi parhobas di Simalungun harus didukung karena beliau iklas," ujar Simarmata.
 
Hal senada disampaikan Suhartoyo, warga Serapuh, Kecamatan Gunung Malela. Setelah disapa langsung oleh pria akrab disapa Pak WD ini, Suhartoyo merasa akrab dan merasakan keramahan. Gaya bicara dan penampilan yang apa adanya, serta wawasannya tentang kehidupan sosial masyarakat Simalungun, patut diapresiasi.

Dari penampilan sederhananya, kita tidak menyangka dia seorang jenderal. Itu sebagai bukti dia calon pemimpin yang rendah hati," kata pria yang sehari-hari bertani dan beternak ini.

Ketua Tim Pemenangan M Wagner Damanik, Janri P Damanik, mengatakan elektabilitas Wagner Damanik semakin tinggi dan stabil karena gerakan tim yang mengusung Gerakan Bangun Simalungun (Gerbang Simalungun). Tim gencar turun menyapa masyarakat dari desa ke desa. Gerakan yang membangunkan optimisme masyarakat akan kemajuan di Simalungun yang di saat ini dinanti-nanti masyarakat.

Gerakan ini juga didukung sosok yang bersih dan berintegritas yang ada dalam diri Wagner Damanik. Walaupun demikian, masyarakat Simalungun juga menantikan gebrakan nyata bukan hanya sebatas slogan “datang memberi, bukan untuk mengambil” dari sosok yang dikenal “Parhobas Simalungun” ini.(BS-Rel)

Harga Kol di Simalungun Anjlok Jelang Natal dan Tahun Baru

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 27 November 2019 | 08:36

Sayur Kol. (SIB)
Saribudolok, BS-Menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, harga kol di wilayah Kecamatan Silimakuta, Purba, Dolok Silau dan Pematang Silimahuta, Kabupaten Simalungun anjlok. Akibatnya, petani mengalami kerugian.

Pada Rabu (27/11/2019) harga kol Rp 500 per Kg di tingkat petani, dari sebelumnya sempat mencapai Rp 1.600 hingga Rp 1.800 per Kg. Penurunan harga ini sudah terjadi satu bulan terakhir, membuat banyak tanaman kol petani belum di panen, meski sudah layak panen.

"Turunnya harga kol sudah terjadi satu bulan terakhir. Penurunannya secara estafet mulai dari Rp 1.000 per Kg, kemudian turun menjadi Rp 800 per Kg. Tak berlangsung lama, harga turun lagi, hingga saat ini mencapai Rp 500 per Kg," kata petani wilayah itu, Pa Benson Saragih.

Hal senada disampaikan petani lainnya di antaranya Rusman Sirait, Derin Purba dan Sarman Naibaho. Disebut, penurunan harga kol berdampak terhadap ekonomi petani dalam menyambut Natal dan Tahun Baru. Pasalnya, banyak petani daerah itu membudidayakan kol dan harganya anjlok.

"Semoga penurunan harga kol itu tidak berlangsung lama," kata petani itu sembari berharap kepada pemerintah campur tangan untuk menstabilkan harga kol, minimal di harga Rp 1.000 per Kg di tingkat petani.(BS-SIB) 

Ambisi Anthon Sihombing Maju di Pilkada Siantar-Simalungun 2020

Dr Capt Anthon Sihombing. (Google)
Pematangsiantar, BS-Tampaknya Dr Capt Anthon Sihombing yang merupakan mantan Anggota DPR RI tiga periode tetap ambisi untuk maju sebagai kepala daerah di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Politisi Golkar ini juga telah mendaftar di DPD II Partai Golkar Siantar dan Simalungun.

Bakal Calon (Balon) Wali Kota Pematangsiantar dan Bupati Simalungun Dr Capt Anthon Sihombing mendaftar ke DPD II Partai Golkar Siantar- Simalungun untuk menjadi peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang.

"Bapak Anthon mendaftar ke DPD Partai Golkar Siantar dan Simalungun, sekaligus hari terakhir penjaringan Balon Bupati Simalungun dan Wali Kota Pematangsiantar," kata Staf Ahli Anthon, Aflredo Berutu SKom saat menggelar temu pers di Warkop Nainggolan Jalan Gereja Pematangsiantar, Rabu (27/11/2019) sore.
KEMBALIKAN : Alfredo Berutu SKom saat dikuasakan untuk mengembalikan berkas Anthon Sihombing ke DPD II Partai Golkar Pematangsiantar beberapa waktu lalu.(SIB)
Edo mengatakan, politisi senior Golkar tersebut mendaftar menjadi peserta Pilkada Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun berkat dorongan dari sejumlah tokoh agama dan masyarakat.

"Sebelum akhir pendaftaran memang niatnya belum ada, tapi berkat dorongan sejumlah tokoh masyarakat dan agama, Dia terdorong untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan," kata Edo sembari mengaku bahwa Anthon sedang berada di luar negeri.
 
Sementara, pengamat politik Siantar-Simalungun Cristian Silitonga mengatakan, hal yang dilakukan Anthon Sihombing merupakan kejutan, sekaligus kabar baik dalam dinamika perpolitikan di Pematangsiantar dan Simalungun.

"Kita tahu Anthon Sihombing merupakan mantan anggota DPR RI tiga periode, ia banyak membantu masyarakat di Siantar dan Simalungun. Itu menjadi dorongan tersendiri bagi dirinya. Kadang politik seperti ini bisa mengubah peta situasi," ujarnya.
 
Cristian menilai, Anthon Sihombing sedang melakukan kalkulasi politik. Namun harapannya, politisi senior Golkar itu dapat memutuskan kemana arah dan tujuannya.

"Mungkin beliau ini sedang mencoba kalkulasi-kalkulasi politik. Karena memang kedua daerah ini menjadi Dapil Beliau di pertarungan Caleg DPR kemarin dan sama-sama punya basis massa yang cukup signifikan.
 
"Saya kira, baiknya langsung secepatnya diputuskan. Karena itu penting untuk membaca respon warga untuk langkah-langkah beliau ke depan. Saya sebagai warga juga merasa ini kabar baik, Anton memutuskan untuk maju di Pilkada 2020," tutupnya.(BS-SIB)

Bupati Simalungun JR Saragih Bantu Perobatan Daud Gultom Anak Penderita Penyakit Mata

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 26 November 2019 | 18:12

Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM langsung bergerak menuju Huta Suka Dame, Nagori Tiga Bolon, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun,Selasa (26/11/2019).
Sidamanik, BS-Mendapat informasi warganya mengidap penyakit mata dan berasal dari keluarga kurang mampu, Bupati Simalungun Dr JR Saragih SH MM langsung bergerak menuju Huta Suka Dame, Nagori Tiga Bolon, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Selasa (26/11/2019).

Daud Alfaro Gultom (1,5 tahun) anak laki-laki dari pasangan Husor Gultom dan Delina Hutagaol mengalami gangguan penyakit pada mata. 

Menurut keterangan orangtuanya, bahwa tiga orang anaknya kakak dari Daud telah meninggal dunia akibat penyakit yang sama, dan kini dua anaknya yang ada mulai tertular penyakit yang sama dan hanya satu orang sehat.

"Gejala awalnya hanya mata merah dan mengeluarkan cairan bening, kemudian bola matanya membengkak dan rusak," ujar Orangtuanya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Simalungun telah membawa Daud Alfaro Gultom untuk diperiksa ke Rumah Sakit Khusus Mata SMEC Medan dan didiagnosa mengalami Retinoblastoma Intra Oculi OS.

Bupati Simalungun, usai melihat kondisi Daud langsung memerintahkan Kadis Kesehatan Edwin Tony Simanjuntak membawa anak tersebut ke RS Khusus Mata SMEC Medan untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut didampingi oleh Tim Kesehatan dari Pemkab Simalungun.

Bupati juga memberikan bantuan tali asih kepada Orangtuanya untuk biaya selama menjaga anaknya yang dirawat di Medan.

"Akan kita bawa ke Medan untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut. Jika nanti BPJS tidak bisa membantu biaya perobatannya, saya akan menanggung secara pribadi," ujar Bupati.

Bupati juga menambahkan akan terus memantau perawatannya dan berharap kedua orangtuanya untuk bersabar selama menjaga anaknya ketika dirawat di Medan.

"Tiga orang kakaknya sudah meninggal akibat penyakit ini, dan ini yang keempat, satu lagi juga sudah mulai tertular. Sebagai Bupati, kita mengevaluasi dan berupaya memberikan perobatan yang maksimal. Saya juga berdoa semoga anak ini dapat sembuh dan menjadi sejarah kehidupan menguatkan iman bagi keluarganya," ujar JR Saragih.

Kedua Orangtua Daud bersama Neneknya dan didampingi para tokoh masyarakat menyampaikan apresiasi kepada Bupati yang cepat merespon terhadap keluhan warganya. Menurutnya hal ini merupakan mujizat bagi keluarganya.

"Terimakasih saya sampaikan kepada bapak Bupati dan jajarannya, kami tak menyangka bapak sudi memberikan perhatian kepada kami masyarakat kecil. Semoga Tuhan memberikan kesehatan dan kebijaksanaan kepada Bapak sebagai Orangtua kami," ujarnya.(BS-Rel/ Rodo Timbul Saragih) 



Pemkab Simalungun Programkan Pasang Jembatan Belly di Jalan Provinsi Tanah Jawa - Pematangsiantar

BELUM DAPAT DILALUI: Kondisi Jalan Provinsi jurusan Pematangsiantar-Tanah Jawa di Pondok 8 Nagori Marubun Jaya Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun yang longsor sejak beberapa bulan lalu mulai dikerjakan dan belum dapat dilalui pengguna jalan, Selasa (26/11/2019).(SIB)
Parapat, BS-Pemerintah Kabupaten Simalungun memprogramkan memasang jembatan belly di Jalan Provinsi Tanah Jawa-Pematangsiantar yang longsor tiga bulan yang lalu. Hal itu dilakukan mengingat kondisi sudah sangat mengganggu perekonomian masyarakat Simalungun.

"Kemarin kita sudah telepon Pangdam agar Jalan Provinsi Tanah Jawa-Pematangsiantar dipasang jembatan Belly dari Kodam, karena jembatannya lebih panjang dibanding milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pangdam sudah mendukung," kata Bupati Simalungun JR Saragih didampingi Dandim 02/07 Simalungun Letkol Inf Frans Panjaitan dan Kadis Pariwisata Simalungun Resman Saragih, Minggu (24/11/2019) lalu.

Menurut JR, kondisi Jalan Provinsi Tanah Jawa-Pematangsiantar sudah disurvei dan ia akan mengambil keputusan segera. "Kalau provinsi belum mengerjakan, pertolongan pertama, kita buat Jembatan Belly itu," ujar JR Saragih.

JR menjelaskan, dia sudah meminta kepada Gubernur Sumatera Utara agar pengerjaan Jalan Tanah Jawa -Pematangsaintar tidak ditenderkan karena bencana alam. "Kita sudah mengeluarkan surat bencananya. Pemkab Simalungun tetap melobi-lobi karena jalan tersebut bukan jalan kabupaten," katanya.

Dijelaskan JR, pihaknya akan mengupayakan agar jalan bisa dilalui secepatnya, sehingga akses dan perekonomian masyarakat Tanah Jawa dan Perdagangan yang hendak beraktifitas ke Pematangsiantar dan Simalungun kembali normal.

"Kita bukan melangkahi Pak Gubernur Sumatera Utara, tetapi demi kepentingan masyarakat Tanah Jawa dan Perdagangan yang saat ini tidak bisa datang ke Simalungun dan Pematangsiantar, menyebabkan ekonomi kita saat ini mati," ungkap JR.(BS-SIB)

Pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Berjalan Sukses

Written By Beritasimalungun on Monday, 25 November 2019 | 15:44

Ketua Panitia Tigor Sagala saat menghadirkan Keluarga Petrus H Purba BBA/ Shinta Br Haloho ke atas panggung dalam memberikan donasi untuk Panitia. Sumbangsih dan dukungan dari Keluarga Petrus Purba kepada HBB Jambi sungguh mulia. (Foto Saudin Damanik WA)
Dilantik Oleh Ketum DPP Lamsiang Sitompul SH MH

Gubernur Jambi Fachrori Minta HBB Berkontribusi Untuk Provinsi Jambi

Jambi, BS-Berkat kepiawaian Ketua Panitia Tigor Sinaga dan jajaran yang bisa berkolaborasi dengan Penasehat, Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi, sehingga acara Deklarasi dan Pelantikan BPH DPD HBB Provinsi Jambi berjalan dengan sukses.

Bahkan segala persiapan dan lobi-lobi ke pihak lain, mampu dibangun Tigor Sagala demi mensukseskan acara ini, termasuk menghadirkan Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan istri Hj Rahima Fachrori. 

Tak hanya disitu, Tigor Sagala-pun mampu merangkul para sponsor atau donetour dalam pendanaan acara tersebut. Kebersamaan Panitia, Pengurus dalam bahu membahu dalam persiapan hingga pelaksanaan acara tampak baik. 

Sementara itu Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Pusat, Lamsiang Sitompul SH MH resmi melantik Badan Pengurus Harian (BPH) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2024 di Gedung Asiniroha, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/11/2019). Pelantikan itu dihadiri Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori. Juga dihadiri Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), Maslen Sinaga (Wakil Ketua), Marihot Sinaga (Bidang Infokom), JR Sinaga (Penasehat HBB Pusat).

Sebelum prosesi pelantikan pengurus diawali dengan Ibadah singkat yang kotbah dibawakan oleh Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin, Votum Oleh St O Sirait dan St Sahala Simanullang.

Dalam Kotbahnya Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin berharap agar HBB Jambi menbawa damai sukacita bagi sesame dan sebagai organisasi yang berlandaskan kasih sejalan dengan Tema: “Membangun Persaudaraan Dalam Kebersamaan”. Dan Subtema: “Mengasihi Sesama Dengan Perbuatan Dalam Kebenaran Yang Seutuhnya”. 

Usai ibadah dilanjutkan dengan Prosesi Penyambutan Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH, Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), Maslen Sinaga (Wakil Ketua), Marihot Sinaga (Bidang Infokom), JR Sinaga (Penasehat HBB Pusat).

Penyambutan dilakukan oleh Ketua Panitia Tigor Sagala, Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH dan Jajaran serta Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, Basoka Sagala SH MH, Robert Pasaribu AMd dan lainnya. Penyambutan dilakukan dengan tarian “Tortor” dari pintu gedung hingga ke tempat duduk masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan santap siang bersama dengan Doa Makan oleh Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin. Sembari santap siang bersama dihibur oleh hiburan dari Persatuan Artis Batak Jambi (PABJ) yang dipandu oleh MS Binsar Manullang.

Kemudian penyambutan Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori oleh Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH dan Rombongan serta Penasehat dan Pengurus HBB Provinsi Jambi diiringi Tarian Karo. Selanjutnya Menyayikan Lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya Kata Sambutan Ketua Panitia Tigor Sagala. Dalam sambutannya, DPD HBB Provinsi Jambi cukup bangga dengan kehadiran Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori. Hal itu sebagai penghargaan terhadap masyarakat Provinsi Jambi asal Tanah Batak.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar juga memberikan kata sambutan pada acara tersebut. Menurutnya, bahwa keberadaan HBB Provinsi Jambi harus membawa dampak yang positif bagi pembangunan Provinsi Jambi. 

“Saya mengenal orang Batak itu hebat-hebat dan pintar-pintar disegala bidang. Dengan hadirnya HBB Jambi bisa menyumbangkan saran pikiran untuk pembangunan Provinsi Jambi kedepan. Saya sangat sayang sama orang Batak,” ujarnya.

Gubernur mengapresiasi semua masyarakat Provinsi Jambi yang beraneka rgam, termasuk didalamnya etnis Batak, yang turut berkontribusi dalam pembangunan Provinsi Jambi.

Terkait pelantikan pengurus DPP HBB Provinsi Jambi, Fachrori mengharapkan inovasi dan ide-ide cemerlang dari pengurus yang dilantik untuk memajukan organisasi, dan untuk membangun Provinsi Jambi di segala bidang.

Fachrori menjelaskan, keberadaan etnis Batak di Provinsi Jambi sudah sangat lama, bahkan pada tahun 1974-1979 orang Batak pernah menjadi Gubernur Jambi, yakni Jamaluddin Tambunan. “Dan masyarakat Batak pun sudah membaur dengan masyarakat Jambi,” ujar Fachrori.

Usai memberikan sambutan, Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori disematkan Sehelai Ulos Batak sebagai Cendra Mata dari HBB Provinsi Jambi. Ulos tersebut disematkan oleh Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH dan Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH disaksikan seluruh Penasehat dan Pengurus HBB Pusat dan DPD HBB Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar pada kesempatan itu juga menyumbangkan dua buah lagu “Batanghari dan Tuhan”. Saat bernyanyi Gubernur juga banyak mendapat “saweran” yang disumbangkan untuk Panitia.

Selanjutnya kata sambutan Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH yang mengatakan, terimakasih atas kehadiran Gubernur Jambi dan Istri. Dia juga menjelaskan secara singkat sejarah berdirinya HBB. 

Lamsiang Sitompul juga menitipkan masyarakat Provinsi Jambi asal Tano Batak kepada Gubernur Jambi untuk diberikan kesempatan dalam mengisi pembangunan dalam segala bidang di Provinsi Jambi.

“Biasanya Orang Batak kalau merantau mencari orang tuanya sebagai induk semangnya. Karena orang tuanya di kampong. Jadi kami harapkan masyarakat etnis Batak yang ada di Provinsi Jambi orang tuanya adalah Batak Gubernur Jambi,” ujar Lamsiang Sitompul.

Prosesi Pelantikan

Sementara prosesi pelantikan dipandu oleh Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), serta membacakan SK BPH DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2024. 

Penyerahan Bendera Pataka HBB dari Ketum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH kepada Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH.
Selanjutnya Ketua  Umum DPP Perkumpulan HBB Pusat, Lamsiang Sitompul SH MH melantik secara resmi pengurus ditandai dengan pemberian SK dan Pengucapan Janji serta penyerahan Pataka HBB kepada Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH disaksikan Penasehat dan Pengurus HBB.

Para Pengurus dan Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi yang dilantik diantaranya Para Penasehat Drs A Sinaga MPd, Ir Abdel Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, B Sipahutar SH, B Sinaga, A Sihotang, Naikman Malau dan lainnya.

Para pengurus Ketua Joni Rajagukuk SH, Wakil Ketua Drs Letkol (P) Robensius Saragih, Wakil Ketua Robert Pasaribu AMd, Wakil Ketua St O Sirait, Sekretaris Jhon Very Sihaloho ST, Bendahara Awal JD Damanik SE MM. Setidaknya ada 35 BPH DPD HBB Provinsi Jambi yang dilantik.

Usai pelantikan juga sumbangan Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia. 

Panesehat DPP HBB Pusat JR Sinaga.Foto Ezer Twopama
Selanjutnya Panesehat DPP HBB Pusat JR Sinaga memberikan sambutan singkat. Dia berharap agar Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi untuk kompak dan saling tolong menolong. Juga berharap agar HBB di Jambi sebagai sebuah organisasi masyarakat yang berguna bangi banyak orang, terlebih Bango Batak.

Perjalanan HBB Jambi

Perjalanan pembentukan HBB Provinsi Jambi bermula dari perbincangan Drs Albertus Sinaga MPd dengan Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH. Kemudian berlanjut kepada pembentukan Group WA HBB Provinsi Jambi dengan menunjuk sejumlah admin group. 

Kerinduan pembentukan HBB Jambi semakin intens diperbincangkan di Grouo WA HBB Provinsi Jambi. Beranjak dari sana, Drs A Sinaga MPd, Ir Abdel Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, Joni Rajagukguk SH, B Sipahutar melakukan pertemuan di sebuah kedai kopi di Kota Jambi Senin (19/8/2019).

Rencana pembentukan sebuah organisasi masyarakat bernama Horas Bangso Batak (HBB) di Provinsi Jambi pun mulai digodok oleh tokoh Batak di Jambi. Pertemuan Tokoh Batak di Jambi ini mulai membicarakan rencana pembentukan kepengurusan HBB di Provinsi Jambi. Organisasi HBB merupakan sebuah organisasi modern yang berpusat di Kota Medan, Sumatera Utara.

Pertemuan ini membicarakan soal pentingnya organisasi HBB di Jambi sebagai salah satu wadah aspirasi social politik masyarakat Jambi asal tanah Batak.

“Saya mendukung hadirnya organisasi HBB di Jambi. Ini sebagai wadah aspirasi masyarakat Jambi asal tanah Batak dalam menyuarakan aspirasi sosial politik. Perjuangan sosial politik masyarakat Batak di Jambi sangat penting sebagai bagian dari masyarakat yang majemuk,” ujar Basoka Sagala saat itu.

Kemudian B Sipahutar menambahkan, organisasi HBB merupakan sebuah organisasi yang modern yang menasional dan memiliki badan hokum. Organisasi HBB sebagai wadah perjuangan sosial politik masyarakat Batak, khususnya di Provinsi Jambi.

“HBB adalah organisasi modern yang bergerak dalam perjuangan sosial politik. Kerinduan untuk mendirikan HBB di Jambi kini mulai dibicarakan dengan serius. Beberapa kali pertemuan sebelum deklarasi sudah direncanakan dengan melibatkan ketua-ketua marga Batak dan Tokoh Batak di Jambi,” katanya.

“Organisasi HBB sangat penting di Provinsi Jambi sebagai wadah perjuangan sosial politik masyarakat Batak dalam menyuarakan aspirasi. Masyarakat Batak di Provinsi Jambi hidup berdampingan dengan damai dengan masyarakat etnis lainnya. Namun organisasi HBB bukan untuk pengkotak-kotakan identitas, namun sebuah organisasi sosial politik modern,” tambah Drs Albertus Sinaga.

Sedangkan Ir A Sinaga menambahkan, dukungan dari Puak Batak dan marga-marga di Jambi merupakan kekuatan akan berdirinya HBB di Jambi. Organisasi HBB juga bisa sebagai wadah perjuangan aspirasi sosial politik masyarakat Jambi asal Tanah Batak. 

“Kita berharap dukungan Puak Batak dan marga-marga di Jambi sehingga organisasi HBB bisa segera terbentuk dengan kepengurusan yang mumpuni, mengayomi, loyal dan memiliki integritas serta dicintai masyarakat komunitas batak di Jambi,” ujar A Sinaga.

Pertemuan Kedua

Pertemuan lanjutan dengan mengundang sejumlah Tokoh-Tokoh Batak di Jambi dilanjutkan. Kali ini pertemuan Tim Kecil Penggagas HBB di Jambi melakukan pertemuan kedua untuk membicarakan rencana pembentukan kepengurusan HBB di Provinsi Jambi.

Pertemuan dihadiri Drs A Sinaga MPd, Ir Abdel Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, Joni Rajagukguk SH, B Sipahutar, P Ritonga, B Sinaga, dikediaman Basoka Sagala, Perumnas Kotabaru Jambi, Jumat (23/8/2019).

Pertemuan kedua ini membicarakan lanjutan pertemuan sebelumnya. Dari hasil pertemuan ini disepakati untuk mengundang sebanyak 50 tokoh Batak di Jambi untuk merangkum sumbang saran dan pendapat tentang rencana pembentukan DPD HBB Provinsi Jambi. 

“Marilah kita bangso Batak sebagai pelopor kebersamaan di dalam bertoleransi dan membangun Kota Jambi, dimana bangso Batak bisa berkolaborasi dengan masyarakat Jambi lainnya diberbagai aspek kehidupan,” ujar P Ritonga. 

“Tapi dibalik semua itu terkadang bangso Batak terkucilkan berbagai hal. Seperti kebebasan beribadah, mencari pekerjaan dan yang paling menyakitkan di dalam bersilahturahmi dengan masyarakat umum di luar bangso Batak,” kata P Ritonga lagi.

Menurut P Ritonga, terkadang mereka sudah tahu kita orang Batak, tapi mereka ingin lebih tau apa agama kita. Padahal kita bangso Batak sangatlah berjiwa patriotisme kepad NKRI yang kita cintai ini.

“Maka dengan kehadiran organisai HBB di Prov Jambi saya sangat setuju. Biarlah dengan hadirnya organisasi HBB ini, membuat kita bangso Batak  yang mampu berdiri atau tegak sesuai dengan jatidirinya yang memiliki harga diri yang sangat tinggi. Maka marilah kita jadikan Organisasi HBB ini menjadi wadah atau payung hukum kita bangso Batak untuk membela hak-hak sebagai warga negara yang siap mendukung pembangunan dan keberadaan bangso Batak di Provinsi Jambi.HORAS,” kata P Ritonga.

Semakin Solid

Sementara rencana pembentukan kepengurusan DPD HBB Provinsi Jambi semakin nyata dan tokoh-tokoh batak di Jambi semakin solid. Kerinduan pembentukan Perkumpulan HBB Provinsi Jambi ini mengerucut dan tokoh Batak di Jambi semakin solid untuk mewujudkan hal tersebut.

Orang Batak di Jambi rindu sebuah wadah organisasi (perkumpulan) yang memiliki badan hukum dan memiliki tujuan bersama yakni untuk memperjuangkan masyarakat Batak dimanapun berada. Keberadaan masyarakat Batak di Jambi selama ini belum memiliki nilai “jual” karena masih mudah dikotak-kotakkan. 

Sesuai dengan Motto HBB “Tampak Na Do Tajom Na. Rim Ni Tahi Do Gogo Na” keberadaan Perkumpulan HBB di Provinsi Jambi dirasakan perlu dan penting. Nantinya DPD HBB Provinsi Jambi merupakan bagian dari DPP HBB Pusat yang berkantornya di Jl Abdul Hakim Classic II, Jl. Ps. 1 No.77C, Tj. Sari, Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20132, Indonesia.

Hal itu terungkap dari pertemuan 23 Tokoh Batak di Kota Jambi di kediaman Basoka Sagala/ Br Sinaga, Kotabaru Kota Jambi, Kamis 5 September 2019 siang. Pertemuan ketiga ini dalam rangka Pembentukan Formatur Pemilihan Pengurus DPD Perkumpulan HBB Provinsi Jambi. 

Pertemuan itu dipandu oleh Ketua Pemegang Mandat DPP HBB Pusat Drs Albertus Sinaga MPd. Kemudian penjelasan organisasi HBB oleh Anggota Pemegang Mandat yakni Joni Rajagukguk, B Sipahutar, J Sinaga, P Ritonga.

Juga sebuah Testimoni dari AKBP (P) Basoka Sagala SH MH soal gerakan HBB di Medan, Jakarta dan daerah lainnya (Beritanya bisa dicari di Google). Banyak gebrakan yang dilakukan HBB dalam membela masyarakat Batak dan juga menunjukkan bahwa masyarakat Batak adalah besar.

Bahwa sesuai Visi dan Misi HBB memajukan, mengembangkan kesejahteraan dan kebaikan warga Bangso Batak di segala bidang, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta menjunjung tinggi supremasi Bhinneka Tunggal Ika dalam NKRI.  

Pada pertemuan ini, terjadi dialog dari peserta yang hadir yang pada inti kesimpulannya rindu untuk berdirinya DPD HBB Provinsi Jambi sebagai sebuah wadah yang professional dan berwibawa guna menampung aspirasi dan menjembatani sebuah persoalan atau hal-hal yang dihadapi masyarakat Batak di Provinsi Jambi.

Dalam pertemuan itu juga dibentuk Tim Formatur yakni J Rajagukguk, Awal J Damanik, Jon Very Sihaloho, A Sihotang dan Abdel Sinaga. Juga diharapkan dalam Tahun 2019 ini sudah dapat Dideklerasikan DPD HBB Provinsi Jambi. Tim Formatur mencari Pengurus, khususnya Ketua Umum yang muda, enerjik, berani, berintegritas, cakep, berkompeten dan dicintai masyarakat Batak di Provinsi Jambi pada khususnya.

Tokoh Batak yang hadir pada pertemuan Kamis (5/9/2019) di kediaman Keluarga Basoka Sagala/Br Sinaga yakni 1.A Sinaga, 2.Joni Rajagukguk, 3.M Sihombing, 4.Nalom Siadari, 5.GAG Sitompul, 6. B Sipahutar, 7.D Nasution, 8.AJ Damanik, 9.Jon Very Sihaloho, 10.P Ritonga, 11.Asenk Lee Saragih, 12.U Sinaga, 13.Saudin Damanik, 14.A Sihotang, 15. Ir Abdel Sinaga, 16.Fendi Sinabutar, 17.T.H Ritonga, 18.St O Sirait, 19.S Lumbanbatu, 20.S.M Hutagalung, 21.D Tambunan, 22.Basoka Sagala
23.S Pardede, 24.B Ritonga, 25. Bp Sinurat.

Pengukuhan Pengurus

Selanjutnya Penerima Mandat dari DPP Perkumpulan HBB Pusat untuk pembentukan DPD HBB Provinsi Jambi mengukuhkan 34 Orang Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2019. Sebelumnya Penerima Mandat DPD HBB yakni Drs Albertus Sinaga MPd, B Sipahutar, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, Joni Rajagukuk SH, Ir Abdel Sinaga, Rosenman Manihuruk menerima laporan kerja dari tim formatur yakni J Rajagukguk, Awal JD Damanik, Jhon Very Sihaloho, A Sihotang dan Abdel Sinaga tentang susuna Badan pengurus Harian (BPH) DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2024.

Acara laporan tim formatur dan pengukuhan BPH DPD HBB Provinsi Jambi dilaksanakan di Resto Daynatabo di Jalan Lingkar Barat, Kota Jambi, Kamis (26/9/2019) mulai Pukul 16.30 WIB hingga Pukul 21.00 WIB. Acara tersebut dihadiri sekitar 65 orang Tokoh Batak Jambi lintas usia.

Ketua Penerima Mandat DPP HBB, Drs Albertus Sinaga MPd mengumumkan 34 orang BPH DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2019. Tiga pengurus inti diantaranya Ketua Joni Rajagukguk SH, Sekretaris Jhon Very Sihaloho ST, Bendahara Awal JD Damanik SE MM. 

Pembentukan Perkumpulan HBB yang sudah Berbadan Hukum ini mendapat respon positif dan dukungan penuh dari sejumlah Tokoh batak di Jambi.  Bahkan tokoh-tokoh Batak lintas usia di Jambi semakin solid dan merindukan pembentukan Perkumpulan DPD HBB Provinsi Jambi sebagai satu wadah resmi bagi masyarakat Jambi asal Tano Batak.

Bahkan Orang Batak di Jambi rindu sebuah wadah organisasi (perkumpulan) yang memiliki badan hukum dan memiliki tujuan bersama yakni untuk memperjuangkan harkat martabat masyarakat Batak di Jambi.

Bahkan AKBP (P) Basoka Sagala SH MH sangat mendukung penuh lahirnya DPD HBB Provinsi Jambi ini. Bahkan dirinya berjanji, nantinya  akan terus mendorong HBB Jambi untuk berbuat untuk masyarakat Batak di Jambi. Banyak gebrakan yang dilakukan HBB dalam membela masyarakat Batak dan juga menunjukkan bahwa masyarakat Batak adalah besar.

Disebutkan, bahwa sesuai Visi dan Misi HBB memajukan, mengembangkan kesejahteraan dan kebaikan warga Bangso Batak di segala bidang, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta menjunjung tinggi supremasi Bhinneka Tunggal Ika dalam NKRI. 
Disebutkan, dengan pengurus yang muda, enerjik, berani, berintegritas, cakep, berkompeten dari berbagai latar profesi, HBB Jambi akan semakin dicintai masyarakat Batak di Provinsi Jambi.

Guna menindaklanjuti deklarasi dan pelantikan BPH DPD HBB Provinsi Jambi dibentuklah Panitia kecil. Seiring waktu berjalan hampir dua bulan, Panitia dan Pengurus HBB Provinsi Jambi saling tolong menolong, baik segi pendanaan dan keperluan lainnya.

Bahkan BPH DPD HBB Provinsi Jambi telah memiliki kantor sekretariat yang beralamat di Jalan Lingkar Barat, Kota Jambi. Bahkan Kantor Sekretariat BPH DPD HBB Provinsi Jambi telah dikunjungi Ketua Umum DPP HBB Pusat, Lamsiang Sitompul SH MH, Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), Maslen Sinaga (Wakil Ketua), Marihot Sinaga (Bidang Infokom), JR Sinaga (Penasehat HBB Pusat), Sabtu (23/11/2019) malam.

Sejarah HBB 

Sementara itu Perkumpulan Horas Bangso Batak dideklarasikan pada Sabtu 19 Januari 2019 di Aula Aurora Hotel Grand Antares Kota Medan. Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH, Sekretaris Jendral Luhut Sitompul SH, Bendahara Umum Nurlinda Simanjorang SH SpN MKn.

Menurut Lamsiang Sitompul, masyarakat Batak atau kaum Bangso Batak sejak dulu memiliki falsafah Dalihan Na Tolu (tungku nan tiga) yang sejalan atau mendukung falsafah Bangsa Indonesia Pancasila, sehingga memiliki peran dasar yang penting serta daya kontribusi yang besar dalam pembangunan bangsa di berbagai bidang, baik bidang sosial, budaya, politik, hukum, ekonomi dan sebagainya dalam bingkai negara kesatuan RI.

Tokoh marga-marga Batak di Sumut, Sudirman Nainggolan, Drs Pardomuan Malau, Bosman Manik dan Lindung Pandiangan, selaku barisan pendiri perkumpulan HBB menegaskan kalangan pemerintah mulai tingkat pusat hingga daerah di negeri ini seyogyanya bisa menggandeng dan memberdayakan insan Batak dalam berbagai sendi pembangunan karena Bangso Batak memiliki potensi serta energi dan pemikiran yang terbilang istimewa dan brilian.

"Terlepas dari posisi atau komposisi orang Batak di Indonesia saat ini terbesar ke-3 komunitas atau populasinya setelah warga Jawa dan Sunda, kita harus ingat dan tegaskan, bahwa Bangso Batak ini tak bisa dianak-tirikan dalam arti atau hal apapun juga. Kita (Bangso Batak) punya falsafah dan harmoni kesatuan langkah dan tujuan yang diamanatkan prinsip Dalihan Na Tolu dan Pancasila. Falsafah kita itu juga simbol rakyat atau kaum Bangso yang bermartabat," ujar Sudirman Nainggolan.

Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH menyebutkan, saat deklarasi ribuan masyarakat etnis batak hadir dari etnis Batak Toba-Tapanuli, Simalungun, Karo, Dairi-Pakpak dan Angkola Mandailing.

Hampir 300 orang personil DPP, usur dewan pembina dan pakar 10 orang, para dewan penasehat sebanyak 55 orang, unsur ketua 18 orang, jajaran sekretaris 17 orang, bendahara 3 orang, 28 bidang atau kompartemen dengan total pengurus 178 orang.

Juga pengurus DPD di 5 wilayah: Sumut, Jabodetabek, Bandung dan Jawa Barat, Bali-Lombok-Sumbawa dan Riau, serta pengurus DPC di 10 kabupaten di Sumut: Deliserdang, Taput, Tapteng, Batubara, Batam, Pematang Siantar-Simalungun, Tebingtinggi dan Padangsidempuan.

Pengurus inti adalah Ketua Umum Lamsiang Sitompul SH MH, Unsur Ketua antara lain CP Nainggolan, Lindung Pandiangan, Franz M Harahap, Jon Tulus Sitompul SSos. Sekjen Luhut Situmorang SH bersama unsur sekretaris Ezra Suranta Surbakti MPd, Robert Silaen, Rospita Ambarita dan lainnya. Bendahara umum Nurlinda Simanjorang SH MKn bersama Elly Sinaga atau Elly Haryanto, dan Oka Vivila Rostaida Manik.

Sementara Bobby Nasution pada acara Pelantikan DPD HBB Sumut di Hotel Emerald Garden, Selasa (2/4/2019) lalu mengucapkan terima kasih atas kepercayaan warga Batak mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Mewakili sang mertua, Bobby Nasution menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan HBB dan segenap warga Batak Sumatera Utara. “Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap Tulang Jokowi. Saya berterima kasih kepada seluruh keluarga, kepada opung-opung, tulang, nang tulang, bapak tua," ujar Bobby Nasution. (BS-Asenk Lee Saragih)

Gallery Foto Pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi. (Foto-Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Pengurus Pusat DPP HBB dan Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi di Depan Kantor Sekretariat DPD HBB Provinsi Jambi di Jalan Lingkar Barat Kota Jambi.



Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin.

Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH (kiri) dan Ketua DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori disematkan Sehelai Ulos Batak sebagai Cendra Mata dari HBB Provinsi Jambi. Ulos tersebut disematkan oleh Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH dan Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH disaksikan seluruh Penasehat dan Pengurus HBB Pusat dan DPD HBB Provinsi Jambi. Foto Ezer Twopama Manihuruk

Ketua DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH.











Awal JD Damanik dan Mr Ginting

Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin

AKBP (P) Basoka Sagala SH MH (Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi.


MC Binsar Manullang dari Persatuan Artis Batak Jambi (PABJ).





Petrus H Purba BBA dan Istri Shinta Br Haloho.



Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH (kiri) dan Ketua DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH.

Robert Pasaribu AMd (kiri)-Cs.


Ketua Panitia Tigor Sagala

Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori disematkan Sehelai Ulos Batak sebagai Cendra Mata dari HBB Provinsi Jambi. Ulos tersebut disematkan oleh Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH dan Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH disaksikan seluruh Penasehat dan Pengurus HBB Pusat dan DPD HBB Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori foto bersama dengan Pengurus Serta Penasehat Pusat DPP HBB dan Pengurus dan Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi. Foto-foto Ezer Twopama Manihuruk

Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori foto bersama dengan Pengurus Serta Penasehat Pusat DPP HBB dan Pengurus dan Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi. Foto-foto Ezer Twopama Manihuruk

Para Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi.

Para Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Pusat, Lamsiang Sitompul SH MH didampingi Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), Maslen Sinaga (Wakil Ketua), Marihot Sinaga (Bidang Infokom), JR Sinaga (Penasehat HBB Pusat) saat melantik Badan Pengurus Harian (BPH) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2024 di Gedung Asiniroha, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/11/2019). Foto Ezer Twopama Manihuruk

(Kiri ke kanan) Jhon Very Sihaloho ST (Sekretaris DPD HBB Provinsi Jambi), Joni Rajagukguk SH (Ketua DPD HBB Provinsi Jambi), Awal JD Damanik SE MM (Bendahara DPD HBB Provinsi Jambi). Foto Ezer Twopama Manihuruk

Fotografers Cilik Ezer Twopama Manihuruk (Pakai Kemeja Putih) dengan Adiknya Trionel Aguero Manihuruk foto bersama dengan Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Ketua BPH DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH. Foto Asenk Lee Saragih.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar melantunkan Lagu Batanghari.

Bapak Sihotang (Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi)

Wakil Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Drs Letkol (P) Robensius Saragih Bersama Istri Br Hutajulu.

Mustar Hutapea Staf Humas Provinsi Jambi (Kemeja Putih) dan Asenk Lee Saragih.


Gubernur Jambi H Fachrori Umar Meninggalkan Tempat Acara. Foto Ezer Twopama Manihuruk

Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia.(Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia.(Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia.(Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia.(Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Asenk Lee Saragih dan Istri Lisbet Br Sinaga Tiba di Rumah Usai Meliput Pelantikan DPD HBB Provinsi Jambi, Minggu (24/11/2019). Foto Ezer Twopama Manihuruk
Abang Adik-Fotografers Cilik Ezer Twopama Manihuruk dan Videografers abangnya Moses Juneri Manihuruk.
 
Abang Adik-Fotografers Cilik Ezer Twopama Manihuruk dan Videografers abangnya Moses Juneri Manihuruk.

Berita Lainnya

.

.
.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Ikan Bawal Seberat 9 KG Dapat (Tabu-tabu) di Danau Toba Hutaimbaru Simalungun

Ikan Bawal Seberat 9 KG Dapat (Tabu-tabu) di Danau Toba Hutaimbaru Simalungun
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Sapu Bersih Rencana Gubsu Soal Wisata Halal Syariah di Kawasan Danau Toba

Sapu Bersih Rencana Gubsu Soal Wisata Halal Syariah di Kawasan Danau Toba
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Andaliman, Rempah Batak Yang Mendunia

Andaliman, Rempah Batak Yang Mendunia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

St Adriani Heriaty Sinaga SH MH (Srikandi Simalungun) Itu Purna Bakti

St Adriani Heriaty Sinaga SH MH (Srikandi Simalungun) Itu Purna Bakti
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya


MIRACLE "TINUKTUK" SAMBAL REMPAH KHAS SIMALUNGUN

MIRACLE "TINUKTUK" SAMBAL REMPAH KHAS SIMALUNGUN
PESAN: MIRACLE'TINUKTUK WA: 081269275555

Catatan Paska Konser Jhon Eliaman Saragih

Catatan Paska Konser Jhon Eliaman Saragih
TMII Jakarta Sabtu 4 November 2017.KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya